Connect with us

PERSONA

Kombes Pol Wibowo: 222 Kali Himbauan Dalam Sepekan Operasi Kalimaya 2020

Published

on

SERANG – Ditlantas Polda Banten dan jajarannya kembali melaksanakan operasi keselamatan kalimaya 2020 di wilayah hukum Polda Banten, terhitung pelaksanaan operasi yang digelar pada tanggal 6-19 April 2020, Polda Banten sudah lakukan berbagai kegiatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas

Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso, melalui Direktur Lalu Lintas Polda Banten Kombes Pol Wibowo, Sik. M.H menyatakan bahwa pada tahapan penggelaran operasi ya g di mulai pada senin, (6/4/2020) hingga minggu (12/4/2020) hari ini, ditengah merebaknya virus Covid-19 pihaknya sudah melakukan kegiatan kepolisian yang bersifat pre-emtif dan preventif terkait pencegahan penyebaran Covid-19 dan Sosialisasi keselamatan berlalu lintas, diantaranya membagikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat di jalan raya.

“Selama sepekan operasi ini, kami sudah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan keselamatan berlalu lintas dengan mengedepankan cara-cara preemptif, diantaranya kami sudah melakukan 222 kali himbauan kemanusiaan, berupa penyuluhan kepada masyarakat sebanyak 34 kali, penyebaran dan pemasangan spanduk, lefleat, sticker sebanyak 166 kali, dan kampanye keselamatan sebanyak 12 kali, selain itu kami juga membagikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat,” ungkap Kombes Wibowo, saat memberikan realase kegiatan ke pihak media di kantor Ditlantas Polda Banten, Minggu (12/4/2020).

Pihaknya juga merinci kegiatan preventif operasi keselamatan kalimaya 2020 yang sudah di laksanakan dalam kurun waktu sepekan ini.

“Sedangkan untuk kegiatan preventif selama sepekan ini kami sudah melakukan pengaturan lalu lintas dan penertiban masyarakat dalam rangka pencegahan Covid-19 sebanyak 450 kali, penjagaan sebanyak 351 kali ,pengawalan sebanyak 10 kali, dan patroli sebanyak 263 kali, secara keseluruhan operasi keselamatan kalimaya kali ini meningkat sebanyak 5,81% jika dibandingkan dengan tahun lalu,” ujar Wibowo. (*/yogi)

CONFERENCE

Fahmi: Pengurus Siap Hadapi Gugatan Pemalsuan Laporan Bank Banten

Published

on

SERANG – Dewan Komisaris dan Direksi Bank Banten menampik dengan tegas tudingan kredit fiktif sekitar Rp150 miliar yang terdapat di Bank Banten. Pasalnya, semua laporan keuangan Bank Banten diaudit oleh Kantor Akuntan Publik yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kredit Bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) yang setiap tahunnya mengalami perbaikan merupakan bukti hasil kinerja Bank Banten dalam mengatasi kredit bermasalah. Rasio kredit bermasalah Bank Banten tahun 2019 terus membaik seiring dengan penurunan portofolio kredit UMKM, dan ekspansi kredit konsumer yang memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan pendapatan bunga perseroan semenjak bertransformasi menjadi Bank Pembangunan Daerah.

Adapun indikator perbaikan kinerja Bank Banten pasca akuisisi Bank Pundi terdiri atas NPL gross yang pada 2018 sebesar 5,90 persen turun pada 2019 menjadi 5,01 persen. Sedangkan NPL Net tercatat dari 4,92 persen pada 2018 menjadi 4,01 persen di 2019.

Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa menjelaskan, bahwa sebagaimana perbankan lainnya yang berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Banten senantiasa patuh dan bergerak dalam kerangka tata kelola perusahaan yang baik, serta menerapkan manajemen risiko yang terintegrasi.

“Jadi kami menjamin dan memastikan bahwa kredit fiktif ataupun pemalsuan laporan kredit di Bank Banten itu tidak ada. Turunnya NPL Bank Banten 2019 murni dari hasil upaya manajemen dalam melakukan perbaikan kinerja Bank Banten pasca akuisisi dari Bank Pundi,” jelasnya.

Pelaksanaan Good Corporate Government (GCG) dalam setiap aktivitas Bank Banten adalah upaya dalam menjamin para pengambil keputusan untuk dapat mempertanggungjawabkan kepada pihak yang terperngaruh keputusan tersebut, dalam hal ini kewajaran transaksi serta keterbukaan informasi bagi para pemangku kepentingan. GCG merupakan suatu mekanisme tata kelola sumber daya organisasi. Mekanisme tersebut dilakukan secara efisien, efektif, ekonomis dengan prinsip-prinsip keterbukaan, akuntabilitas, pertanggungjawaban, independensi, dan keadilan oleh Manajemen Bank Banten.

“Upaya-upaya perbaikan kinerja keuangan Bank Banten yang telah berhasil kami catatkan senantiasa patuh dan berlandaskan dengan kerangka tata kelola perusahaan yang baik serta menerapkan manajemen risiko yang terintegrasi,” lanjut Fahmi.

Sebelumnya, M Ojat Sudrajat telah melaporkan laporan keuangan Bank Banten tahun 2019 ke Bareskrim Mabes Polri akhir Juli lalu. “Saya mengadukan Laporan Keuangan Bank Banten tahun 2019 ke Bareskrim Mabes Polri pada 27 Juli. Hal tersebut lantaran rasio kredit bermasalah secara neto (Non Performing Loan/NPL net) Bank Banten sebesar 4,01 persen namun ditetapkan sebagai Bank Dalam Pengawasan Intensif (BDPI) oleh OJK pada 19 Juni 2019 lalu. Sedangkan pada saat NPL net Bank Banten tahun 2018 sebesar 4,92 persen, kondisi Bank Banten baik-baik saja.” Paparnya.
M Ojat Sudrajat mengatakan, selain kejanggalan laporan rasio kredit bermasalah secara neto atau non performing loan (NPL nett), pihaknya juga melakukan investigasi lebih lanjut terhadap Bank Banten. Hasilnya, diduga terdapat kredit fiktif yang nilainya di atas Rp150 miliar dari jenis kredit Komersial. Dia menyebut kredit itu diberikan oleh PT X sebagai inisialnya.

Menanggapi gugatan tersebut, Fahmi mengaku bahwa pihaknya siap menghadapi gugatan hukum yang dilayangkan oleh Ojat Sudrajat. “Kami siap hadapi gugatan hukum terkait pemalsuan laporan Ban Banten. Kami akan siapkan bukti-bukti yang dapat mendukung argumentasi kami saat memberikan keterangan. Kami akan ikuti alur prosesnya jika memang diperlukan,” pungkas Fahmi. (*/yogi)

Continue Reading

MEETING

Faris Fabregas Juara Lomba Tilawah & Tahfiz Tingkat Nasional Dapat Penghargaan dari Pemkot Serang

Published

on

SERANG – Pemerintah Kota Serang memberikan apresiasi kepada Muhammad Faris Fabregas Dhiaulhaq (5), murid TK Islam Jannah Qur’an ini berhasil mengukir prestasi sehingga mengharumkan nama Kota Serang lewat juara 1 lomba tilawah & juara 2 tahfiz al qur’an se-Indonesia, Rabu (27/5), di Puspemkot Serang. Apresiasi yang diberikan Pemkot Serang kepada Faris berupa uang pembinaan agar anak tersebut bisa lebih giat lagi dalam belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an.

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin memberikan ucapan selamat kepada Faris yang ditemani orangtuanya, Rabu (27/5/2020).

Pemberian uang pembinaan diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin di ruang kerjanya. Disaksikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Serang W. Hari Pamungkas, Staf Ahli Walikota Bidang Kesejahteraan Masyarakat Imam Rana, dan Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Hudori dan Miftahudin serta Mawar Sari selaku orang tua Faris.

“Kami (Pemkot Serang) sangat berbangga hati, sangat mengapresiasi dan bersyukur bahwa hari ini masih ada anak bangsa asal Kota Serang yang mempunyai prestasi yang benar-benar bagus. Apresiasi ini salah satu kewajiban Pemkot Serang untuk memotivasi dan memberikan alakadar atas prestasi yang sudah ditorehkan oleh ananda Faris,” ujar Subadri di ruang kerjanya.

Faris merupakan salah satu siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Jannah Qur’an Kota Serang, dinobatkan sebagai pemenang 1 lomba tilawah (baca) qur’an dan juara 2 untuk lomba tahfiz (hafal) qur’an pada Festival Ramadhan 1441 H yang diselenggarakan oleh lembaga haji dan umroh Wisata Pakem Perjalanan Nyata se-Indonesia, sejak 30 April-20 Mei 2020.

Oleh karena itu, Subadri berharap Faris bisa meningkatkan semangat belajar membaca & menghafal al-qur’an serta prestasi yang sudah diraih bisa ditularkan kepada anak-anak di Kota Serang lainnya. “Kami berharap prestasi yang sudah ditorehkan ananda Faris ini bisa memicu semangat untuk anak-anak Kota Serang lainnya. Sehingga Kota Serang bisa menjabarkan istilah sejuta santri seribu ulama,” ungkapnya.

Ia juga turut berpesan kepada seluruh orang tua yang ada di Kota Serang agar bisa mengikuti jejak orang tua Faris, bahwa ilmu yang baik bermula dari orang tua, yang bisa menuntun anak ke jalan keagamaan yang baik.

“Kami juga berpesan kepada seluruh orang tua yang ada di Kota Serang ini bisa mengikuti jejak yang sudah dilakukan orang tua ananda Faris. Bahwa memberikan pelajaran kepada anak diawali oleh kedua orang tuanya, menuntun anak ke jalan keagamaan yang bisa dijadikan rem,” tambahnya.

Walikota Serang Syafrudin pun turut mengapresiasi prestasi gemilang ananda Muhammad Faris Fabregas Dhiaulhaq, karena telah mengharumkan nama Kota Serang di kancah nasional.

“Pemkot Serang terutama mengapresiasi ananda Faris, yang telah mendapat juara 1 tilawah dan juara 2 tahfiz nasional. Mudah-mudahan prestasinya dapat ditingkatkan lagi, sehingga bisa meraih prestasi di tingkat internasional, dan membawa nama baik Kota Serang. Dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada orangtuanya yang telah membina ananda Faris. Soal beasiswa nanti kita bicarakan dengan Asda I (Anthon),” kata Syafrudin, kepada awak media, di ruang kerjanya, Setda Puspemkot Serang, Rabu (27/5/2020).

Ia juga berpesan kepada para orang tua di Kota Serang agar dapat mendidik anak-anaknya, sehingga dapat mengikuti jejak prestasi yang ditorehkan ananda Faris.

“Pesan buat para orangtua jangan bosan-bosan membina putra-putrinya, yang sudah berprestasi karena tanpa dukungan orangtua juga mungkin akan lain lagi. Makanya dukungan penuh para orangtua, sangat menentukan untuk masa depan anak-anaknya,” ucap dia.

Sementara itu di tempat yang sama, Mawar Sari, ibunda Faris, mengaku tak henti-hentinya mengucapkan rasa syukur atas apa yang telah diterima hari ini, terlebih Pemkot Serang turut memberikan perhatian kepada anaknya.

“Alhamdulillah, tiada hentinya saya memanjatkan syukur kepada Allah. Saya tidak menyangka akan sejauh ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Serang. Padahal yang kami lakukan ini bukanlah apa-apa. Saya sangat berterima kasih kepada Pemkot Serang atas apresiasinya untuk anak kami Faris Fabregas Dhiaulhaq. Pemkot Serang sangat memperhatikan generasi para hafiz qur’an. Mohon doanya agar anak kami senantiasa semangat, istiqomah dalam menghafal al qur’an dan selalu tawaduh,” ujar Mawar. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Edy Sumardy: Operasi Ketupat Kalimaya 2020 Dukung PSBB

Published

on

SERANG – Kepolisian Daerah (Polda) Banten menggelar operasi ketupat Kalimaya 2020 di wilayah hukum Polda Banten.

Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso, S.H., M.H melalui Kabid humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menyampaikan bahwa Polda Banten beserta Polres dan Polsek didukung TNI,
Kementerian/Kl Terkait dan mitra Kamtibmas lainnya
akan melaksanakan operasi kemanusiaan dalam sandi Operasi Ketupat Kalimaya
2020 Selama 37 hari yaitu dari tanggal 24 April hingga 2 Juni 2020, Dengan kekuatan personel berjumlah tiga ribuan yang tersebar di seluruh titik pengamanan kabupaten dan kota di Provinsi Banten

“Operasi ini untuk pemeliharaan keamanan yang mengedepankan
kegiatan preemtif, preventif yang didukung kegiatan
penegakan hukum dan bantuan operasi dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam kaitannya dengan pelarangan mudik guna mencegah penyebaran
wabah Covid-19 sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dan hari raya lebaran di rumah saat ini saja, alias tidak mudik, agar tidak menularkan virus Corona di kampung halaman,” kata Edy Sumardi, Jum’at (24/4/2020).

Lebih lanjut Edy Sumardi menyampaikan Operasi Ketupat 2020 ini untuk mendukung Pelaksanaan PSBB dan larangan mudik di
wilayah hukum polda Banten dengan membatasi ruang gerak kendaraan dan orang, untuk tidak melaksanakan
mudik, membatasi mobil penumpang dan pribadi melalui jalan tol dan jalan arteri lainnya.

“Kami juga akan melaksanakan operasi di pusat perbelanjaan, pertokoan, mall, super market, minimarket, pasar, terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan, jalan utama, alternatif dan tol, rest area di jalur mudik, spbu, depo pertamina, tempat akomodasi dan penginapan, jalur lalu lintas rawan bencana, macet/laka dan
kriminalitas, pasar tumpah pada jalur mudik/balik, lokasi perbaikan jalan/jembatan yang belum selesai dan rumah makan/restoran, tempat penimbunan bahan pokok, perlintasan kereta api tanpa palang/ sebidang, tempat yang diduga menjadi penyebaran Covid-19, rumah sakit, lokasi perawatan dan isolasi penderita,” ujarnya.

Terakhir Edy Sumardi menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat bekerja sama dalam membantu kebijakan pemerintah dalam penangangan penyebaran virus Corona (covid-19)

“Mari bersatu lawan Corona, dengan warga tinggal di rumah saja, jangan melakukan berpegian atau mudik, tetap jaga kesehatan kami selalu bekerja untuk masyarakat, masyarakat berada di rumah untuk keselamatan warga dan membantu pemerintah,” tutup Edy Sumardi. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending