Connect with us

PERSONA

Emrus : Selama Tidak Menabrak UU, Anggota Polri Punya Hak Duduki Jabatan Sipil

Published

on

JAKARTA – Selama ada landasan Undang-Undang yang mengatur dan tidak menabraknya, setiap anggota Polri yang dianggap profesional dan memiliki kapabilitas mempunyai hak untuk dipilih dan menduduki jabatan sipil.

Begitu pandangan Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing menanggapi tudingan banyaknya anggota Polri yang menduduki jabatan sipil di Pemerintahan.

“Selama tidak menabrak UU itu tidak masalah,” kata Emrus kepada wartawan, Sabtu (14/9/2019).

Emrus menyampaikan, bahwa dalam UU No 5/2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) ditambah dengan Peraturan Kapolri (Perkap) No 4/2017 yang mengatur tentang penugasan anggota Polri diluar struktur organisasi sudah jelas menggambarkan bahwa tidak ada pelanggaran apapun terhadap UU bagi anggota Polri yang menduduki jabatan sipil.

“Artinya mau ditempatkan diinstitusi mana saja asal sesuai dengan profesionalisme dan tentunya memiliki kapabilitas, tidak menjadi persoalan,” tekan Emrus.

Emrus menekankan, bahwa pada prinsipnya untuk setiap jabatan publik semua memiliki hak kesamaan tanpa membedakan status dan golongan, asalkan sesuai dengan persyaratan jabatan kompetensi serta regulasi dan mekanisme yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, menurut pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti, dengan banyaknya anggota Polri yang menduduki jabatan strategis di pemerintahan menggambarkan bahwa Indonesia “negara Polisi”.

“Sudah mulai mengarah ke negara polisi. Kalau zaman Orba kita mengenal dwifungsi yang menempatkan tentara di semua lini, sekarang kita mengarah ke negara polisi di semua arah,” ujar Ray dalam sebuah diskusi. (*/yogi)

PERSONA

Edy Sumardi: Ayo Nonton Film Sang Prawira

Published

on

SERANG – Hari ini tanggal 28 November 2019 film terbaru Divhumas Polri film Samg Prawira layar lebar yang disutradarai anak bangsa, Ponty Gea. Film yang menceritakan tentang seorang pemuda dari Sumatra Utara yang bercita-cita menjadi seorang polisi akan tayang secara serentak di bioskop seluruh Indonesia, nantinya.

Kabid humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata, S.I.K, M.H mengajak masyarakat untuk menyaksikan film yang sangat seru yaitu film sang prawira”tangal 28 November 2019 ini, akan tayang secara serentak diseluruh Bioskop di Indonesia, yuk kita nonton filmnya ramaikan Bioskop kesayangannya anda,” ajak Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi P SIK, MH, Kamis (28/11/2019).

Edy menjelaskan, hampir seluruh karakter dalam cerita diperankan oleh personil kepolisian yang bertugas di Polda Sumut, Polda Jateng, Akademi Kepolisian dan Mabes Polri.Selain bertabur ‘bintang’, film ini juga diramaikan oleh tokoh politik dan pemerintahan Indonesia seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berperan sebagai pengajar berpangkat Kombes di Akpol Semarang, Menko Maritim Luhut Panjaitan, Mendagri Tito Karnavian, Menkumham Yasona Laoly, As SDM Polri Irjen Pol Eko Indra Heri, serta Pangdam I/BB.

“Film Sang Prawira, dimana sepasang suami istri ribut tentang perkara tujuan hidup anak mereka yang akan menamatkan sekolah menengah atas (SMA). Namun, kedua orang tua berbeda pendapat dalam merancang masa depan anaknya. Sang ibu, ingin menuruti kemauan anaknya jadi polisi sementara si bapak lebih condong anaknya bekerja di luar negeri agar dapat menolong keuangan keluarga yang selama ini tergolong miskin,” imbuh Kabid Humas kembali.

Film yang terinspirasi dari pejabat utama Polda Sumut yang kemudian diperkaya oleh Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Agus Andrianto, yang menceritakan sosok seorang Polisi yang berani dan tangguh. Selain itu Sang Prawira menyelipkan pesan moral pedagogis (strategi pembelajaran) kepada masyarakat.

Dengan mengambil setting lokasi hampir di 130 titik dan tersebar di beberapa daerah seperti Karo, Simalungun, Tobasa, Humbahas, Asahan, Tanjung Balai, Sibolga, Nias, Medan, Semarang (Akpol) dan Jakarta (Mabes Polri), tentunya film ini amat kaya dengan unsur kedaerahan Indonesia. (*/yogi)

Continue Reading

PERSONA

Ulum: Jangan Ada Perpecahan Pasca Pilkades

Published

on

KETUA DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum melakukan monitoring ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di sejumlah kecamatan, Minggu (3/11/2019).

Ulum memastikan pesta demokrasi di desa berjalan lancar, aman dan kondusif serta memastikan seluruh panitia Pilkades menjalankan tugasnya dengan baik. Ulum memulai pemantauan dari kantor Kecamatan Ciruas, dilanjutkan ke Desa Beberan dan Desa Penggalang.

Dilanjutkan ke Kecamatan Pontang dengan mengunjungi Desa Domas dan Sukajaya. Kemudian Kecamatan Lebakwangi dengan mengunjungi Desa Pegandikan, serta Kecamatan Tirtayasa dengan mengunjungi Desa Laban. Ulum menuntaskan monitoring selanjutnya ke Desa Tanara Kecamatan Tanara, Kecamatan Carenang, dan Kecamatan Binuangeun.

“Saya ingin memastikan Pilkades berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif. Saya melihat langsung, para panitia pilkades juga menjalankan tugasnya dengan baik. Alhamdulillah, pilkades berjalan dengan suka cita dan antusias masyarakat juga tinggi,” kata Ulum kepada wartawan.

Sekadar informasi, Pilkades serentak di Kabupaten Serang diikuti oleh 150 desa yang dilaksanakan, Minggu (3/11/2019).

Pilkades serentak ini merupakan yang ketiga kali. Pada gelombang pertama ada 118 desa, gelombang kedua 33 desa dan gelombang ketiga 150 desa. Ulum berharap, semua calon kepala desa (kades) menerima hasil pemungutan suara yang sudah berlangsung.

“Calon kades harus siap menang dan siap kalah. Calon kades juga harus saling menjaga keamanan dan kondusifitas di tengah-tengah masyarakat,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Pasca pemungutan suara, kata Ulum, calon kades harus bisa mengayomi para tim sukses (timses) dan pendukungnya agar tidak melakukan tindakan yang merugikan semua pihak dan masyarakat khususnya menjaga soliditas agar tidak ada perpecahan pasca Pilkades,” tegasnya.(*)

Continue Reading

INCENTIVE

Eneng Nurcahyati: Rhino X-Tri 2019 Jadi Andalan!

Published

on

PANDEGLANG – Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati menjelaskan bahwa Banten punya dua event utama; Exciting Banten Festival (Seba Baduy) dan Festival Tanjung Lesung Rhino Cross Triathlon yang menjadi andalannya.

Digagas oleh Banten West Java, perhelatan akbar ini bersama-sama dikembangkan dan diselenggarakan secara kolaboratif antara Kementerian Pariwisata, Pemda Provinsi Banten dan PT. Banten West Java sebagai pengelola KEK Pariwisata Tanjung Lesung.

“Untuk mensukseskannya, kami sangat membutuhkan dukungan media untuk dapat mengkomunikasikan event-event ini kepada masyarakat luas,” ungkapnya usai acara, Minggu (18/8/2019).

Kementerian Pariwisata RI mendukung penuh kedua perhelatan akbar ini dan sudah memasukkannya dalam Calendar of Event Program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Lebih lanjut, dia pun berharap penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat mengundang minat para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, untuk kembali berwisata menikmati keindahan alam di kawasan Tanjung Lesung.

“Pasca bencana tsunami tahun lalu, kegiatan Rhino Cross Triathlon ini menjadi salah satu event andalan kami yang diharapkan mampu membangkitkan kembali pariwisata di Tanjung Lesung. Selain banyak pesertanya, kami juga berharap lomba triatlon itu bisa menarik banyak pengunjung,” ujar Eneng. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending