Connect with us

PERSONA

Bahrul Ulum: Pimpin Karang Taruna Kabupaten Serang

Published

on

SERANG – Temu Karya Daerah (TKD) sukses melakukan estafet kepemimpinan Karang Taruna Kabupaten Serang. Seluruh pemilik hak suara secara aklamasi memilih Bahrul Ulum menjadi Ketua Karang Taruna Kabupaten Serang masa bakti 2019-2024.

Tokoh pemuda asal Kecamatan Carenang tersebut menyatakan siap mengemban amanah dan memajukan Karang Taruna Kabupaten Serang. “Sebelum mencalonkan diri, saya sudah melakukan komunikasi dan menyerap aspirasi dari pengurus Karang Taruna tingkat kecamatan bahkan Karang Taruna tingkat Desa, Insya Allah, kami akan lebih memberdayakan pemuda di Kabupaten Serang,” ujar Ulum di Aula Tb Suwandi, Setda Pemkab Serang, Senin (13/5/2019).

Calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Serang terpilih ini menambahkan, Karang Taruna adalah organisasi sosial sekaligus tempat bernaung para pemuda untuk lebih berdaya dan berkontribusi bagi pembangunan daerah. ”Ke depan, pemuda tidak menjadi objek, tetapi subjek pembangunan. Sinergi dengan pemerintah daerah pun harus dilakukan lebih baik lagi,” ujarnya.

Wakil Ketua Karang Taruna Provinsi Banten Pilar Saga Ichsan menyatakan, semua kader Karang Taruna harus mengikuti perkembangan, seiring dengan revolusi industri 4.0. “Organisasi ini sangat besar dan ke depan harus punya program yang berkualitas, serta melakukan akselerasi pembangunan di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Ia pun meminta Karang Taruna bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menangani berbagai persoalan sosial di masyarakat. “Karang Taruna merupakan potensi kesejahteraan sosial. Hadir dari tingkat pusat sampai ke tingkat desa. Potensi ini harus punya peran strategis memajukan daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyatakan, akan terus bersinergi dengan Karang Taruna Kabupaten Serang. Ia ingin, Karang Taruna menjadi garda terdepan dalam melakukan perubahan dan pemberdayaan masyarakat. “Sinergi harus dilakukan, kita fokus pada persoalan sosial dan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Bahkan, Tatu meminta Karang Taruna Kabupaten Serang bersinergi dengan organisasi perangkat daerah (OPD). Yakni Dinas Pertanian, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Sosial serta Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa. “Pengangguran dan kemiskinan masih menjadi masalah signifikan di Kabupaten Serang. Karang Taruna merupakan ujung tombak pembangunan di tingkat desa, maka sinergi bersama sangat kami butuhkan,” ujarnya. (*/lusi/ygi)

PERSONA

Emrus : Selama Tidak Menabrak UU, Anggota Polri Punya Hak Duduki Jabatan Sipil

Published

on

JAKARTA – Selama ada landasan Undang-Undang yang mengatur dan tidak menabraknya, setiap anggota Polri yang dianggap profesional dan memiliki kapabilitas mempunyai hak untuk dipilih dan menduduki jabatan sipil.

Begitu pandangan Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing menanggapi tudingan banyaknya anggota Polri yang menduduki jabatan sipil di Pemerintahan.

“Selama tidak menabrak UU itu tidak masalah,” kata Emrus kepada wartawan, Sabtu (14/9/2019).

Emrus menyampaikan, bahwa dalam UU No 5/2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) ditambah dengan Peraturan Kapolri (Perkap) No 4/2017 yang mengatur tentang penugasan anggota Polri diluar struktur organisasi sudah jelas menggambarkan bahwa tidak ada pelanggaran apapun terhadap UU bagi anggota Polri yang menduduki jabatan sipil.

“Artinya mau ditempatkan diinstitusi mana saja asal sesuai dengan profesionalisme dan tentunya memiliki kapabilitas, tidak menjadi persoalan,” tekan Emrus.

Emrus menekankan, bahwa pada prinsipnya untuk setiap jabatan publik semua memiliki hak kesamaan tanpa membedakan status dan golongan, asalkan sesuai dengan persyaratan jabatan kompetensi serta regulasi dan mekanisme yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, menurut pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti, dengan banyaknya anggota Polri yang menduduki jabatan strategis di pemerintahan menggambarkan bahwa Indonesia “negara Polisi”.

“Sudah mulai mengarah ke negara polisi. Kalau zaman Orba kita mengenal dwifungsi yang menempatkan tentara di semua lini, sekarang kita mengarah ke negara polisi di semua arah,” ujar Ray dalam sebuah diskusi. (*/yogi)

Continue Reading

INCENTIVE

Eneng Nurcahyati: Rhino X-Tri 2019 Jadi Andalan!

Published

on

PANDEGLANG – Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati menjelaskan bahwa Banten punya dua event utama; Exciting Banten Festival (Seba Baduy) dan Festival Tanjung Lesung Rhino Cross Triathlon yang menjadi andalannya.

Digagas oleh Banten West Java, perhelatan akbar ini bersama-sama dikembangkan dan diselenggarakan secara kolaboratif antara Kementerian Pariwisata, Pemda Provinsi Banten dan PT. Banten West Java sebagai pengelola KEK Pariwisata Tanjung Lesung.

“Untuk mensukseskannya, kami sangat membutuhkan dukungan media untuk dapat mengkomunikasikan event-event ini kepada masyarakat luas,” ungkapnya usai acara, Minggu (18/8/2019).

Kementerian Pariwisata RI mendukung penuh kedua perhelatan akbar ini dan sudah memasukkannya dalam Calendar of Event Program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Lebih lanjut, dia pun berharap penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat mengundang minat para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, untuk kembali berwisata menikmati keindahan alam di kawasan Tanjung Lesung.

“Pasca bencana tsunami tahun lalu, kegiatan Rhino Cross Triathlon ini menjadi salah satu event andalan kami yang diharapkan mampu membangkitkan kembali pariwisata di Tanjung Lesung. Selain banyak pesertanya, kami juga berharap lomba triatlon itu bisa menarik banyak pengunjung,” ujar Eneng. (*/yogi)

Continue Reading

PERSONA

Edy Sumardi: Resmi Berpangkat Komisaris Besar Polisi

Published

on

SERANG – Tetesan air mata seorang perwira lulusan AKABRI 1996 yang saat ini menjabat sebagai Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata SIK MH tidak terbendung ketika mendapatkan pelukan dan ucapan selamat dari ayahanda tercinta.

Senin, 1 Juli 2019 tepatnya pukul 15.30 WIB menjadi hari sejarah Edy saat upacara Korp Raport kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi di halaman Mapolda Banten. Apalagi saat Kapolda Banten Irjen Pol Drs Tomsi Tohir Msi selaku pemimpin upacara menerima Laporan Korp Raport kenaikan pangkat dari Perwakilan Perwira dan Bintara. Salah satunya adalah Edy dari bunga dua menjadi tiga, dari AKBP menjadi Kombes Pol. Kebahagian yang begitu mulia terlihat di wajah dirinya.

Edy yang Merupakan anak dari Bpk. H. Soewardi Chan, yang merupakan Purnawirawan Bintara TNI AL (Tentara TNI Angakatan Laut) serta seorang Ibu Almh. Hj. Penawari ini, lansung menghampiri sang ayah beserta istri dan keluarganya tercinta, Saat ikut menyaksikan acara kenaikan pangkat sore tadi.

“Alhamdulillah ayahanda, Edy diberikan kesempatan oleh Allah SWT dengan dinaikan pangkat Edy Ayah. Mohon doa restu terus ya Ayah, hingga Edy selalu memberikan yang terbaik buat ayah, keluarga dan masyarakat,” terang Edy kepada Ayahanda sambil memeluk ayahnya

“Berkat syukur dan ridho oleh Allah SWT, hari ini menjadi sejarah bagi diri saya. Selain HUT Bhayangkara ke 73 tahun, hari ini saya juga diberikan kesempatan untuk kenaikan pangkat oleh pimpinan. Terimakasih saya ucapkan kepada ibunda Hj. Penawati (Alm) dan Ayahanda tercinta H. Soewardi Chan, Istri dan anak-anakku tercinta, serta bapak Kapolri, Kapolda, Wakapolda beserta jajarannya dan terimaksih kepada sahabat-sahabatku semuanya,” tukas Edy yang juga merupakan sang inisiator Polisi Peduli dan Berbagi dengan nama Jum’at Barokah.

Untuk di ketahui, hari ini sebanyak 395 personel Polda Banten dan Jajaran mendapatkan kenaikan pangkat di hari peringatan Bhayangkara yang ke 73.

Adapun kenaikan pangkat 7 pejabat utama Polda Banten sesuai dari surat telegram Mabes Polri STR/396/VI/KEP/2019 tgl 25 Juni 2019 ttg Kenaikan Pangkat Reguler Setingkat lebih tinggi dari AKBP menjadi Kombes Pol sesuai dengan nomor urut antara lain Kabiddokkes Polda Banten Kombes Pol dr. Nariyana, M.Kes.

Kemudian Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi S.IK., M.H., Kabidkeu Kombes Pol Maya Purnama Ningrum S.E., Dirpamobvit Kombes Pol M. Hidayat Berkatullah S.H.,S.I.K., M.H., Kabidkum Kombes Pol Muhamad Endro S.I.K., M.H., Ka SPN Kombes Pol Sony Irawan S.I.K.,M.H., Kabidpropam Yulianus Yulianto S.I.K.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si mengatakan bahwa kenaikan pangkat ada mekanisme yang mengikat. Menurutnya kenaikan pangkat tidak serta merta didapatkan oleh anggota Polri. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending