Connect with us

INCENTIVE

Rayakan Hari Jadinya, Sanggar Raksa Budaya Gelar ‘Senandung Cinta Abadi Bagimu Banten’

Published

on

CILEGON – Upaya pelestarian seni budaya Nusantara di kalangan generasi muda bukanlah hal yang mudah dilakukan. Terlebih di tengah pesatnya kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini, dimana generasi muda Indonesia secara masif diserbu beragam produk seni dan hiburan bernuansa modern melalui gawai di genggaman mereka.

Untuk itulah dibutuhkan kebersamaan dan kepedulian dari segenap pemangku kepentingan terkait agar seni budaya Nusantara tidak saja tetap lestari, tetapi bahkan terus berkembang di tengah masyarakat.

Terkait upaya tersebut, Sanggar Bina Seni Tari Raksa Budaya Kota Serang, sejak didirikan 33 tahun silam, terus menggalang kemitraan dengan berbagai pihak. Di antaranya adalah melalui penyelenggaraan Resital Tari yang berlangsung setahun sekali.

Tahun 2019 ini, atau kali ke-9 digelar, Resital Tari Raksa Budaya berlangsung di Cilegon Center Mall, Kota Cilegon, Minggu (15/12/2019).

Acara yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati, pembina sanggar Egi Djanusiwati, Pendiri Pas Media Group Helldy Agustian, budayawan Gol A Gong, dan para orangtua murid sanggar tersebut terbuka untuk umum.

“Kami berterimakasih kepada Pas Media Group dan Manajemen CCM yang telah membantu penyelenggaraan acara ini,” papar Pendiri dan Pimpinan Raksa Budaya, Maya Rani Wulan.

“Kami sadar bahwa upaya pelestarian seni budaya di kalangan generasi muda memerlukan keterlibatan banyak pihak. Untuk itu itu sangat bersyukur atas kepedulian yang selama ini diberikan banyak pihak kepada kami, baik dari pemerintah daerah, BUMN, maupun swasta dan perorangan,” ujar Maya.

Dalam sambutannya, Kadispar Banten Eneng Nurcahyati mengapresiasi kiprah Raksa Budaya yang selama 33 tahun berperan aktif mengenalkan seni budaya Banten kepada generasi muda.

“Dengan kini ditampilkan di mall, saya berharap akan lebih banyak lagi anak-anak kita yang mencintai seni budaya bangsa sendiri,” tutur Eneng.

Hal senada diutarakan Helldy Agustian. Menurut Helldy, sebagai media massa lokal di Provinsi Banten, Pas Media Group tentu ikut memiliki tanggung jawab dalam upaya pelestarian seni budaya. Selain melalui pemberitaan, upaya pelestarian tersebut juga bisa dilakukan dengan cara bekerjasama menyelenggarakan acara seni budaya seperti Resital Tari Raksa Budaya.

“Semoga kerjasama dalam upaya pelestarian nilai-nilai kearifan lokal ini terus berlanjut di masa mendatang,” harap Helldy.

Resital Tari Raksa Budaya merupakan bagian dari tahapan pembelajaran para murid Raksa Budaya. Pada momen ini, para murid diuji keterampilan dan kemahirannya dalam membawakan tarian yang telah dipelajari. Untuk memberi hiburan kepada masyarakat, Raksa Budaya mengemas Resital Tari ini ke dalam sebuah seni pertunjukkan.

Tahun 2019 ini tajuk yang diusung adalah “Senandung Cinta Abadi Bagimu Banten”.
Diawali Pawai Bebaduyan yang melintasi lobi dan area parkir CCM, Resital Tari Raksa Budaya menyuguhkan beragam tarian kreasi tradisional Banten maupun Nusantara. Tarian tersebut dibawakan para murid Raksa Budaya dari beragam kategori kelas.

Sebagai bagian dari pertunjukan, juga ditampilkan sajian lagu Nasional dan Lagu berbahasa Jaseng yang dibawakan Juara 2 Solo Vokal Putra FLS2N SMA Tingkat Nasional asal Kota Serang, Gaduh Gifta Pisantun.

Yang tak kalah menarik perhatian pengunjung CCM adalah parade busana etnik yang disajikan penari inti Raksa Budaya. Beragam busana etnik yang disajikan menarik banyak pengujung untuk berswafoto bersama.
Acara Resital Tari Raksa Budaya ke-9 kemudian dipamungkasi dengan sajian “Indonesia Menari” yang ditampilkan oleh seluruh penari dan murid Raksa Budaya. (*/yogi)

CONFERENCE

Ratusan Goweser Tangerang Ikuti LSR 2019

Published

on

KOTA TANGERANG – Ratusan goweser ikuti event Last Sunday Ride (LSR) tahun 2019, di area Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Minggu (29/12/2019).

Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin melepas secara langsung kegiatan Gowes Sepeda Jelajah kota Tangerang tersebut.

Kendati dihiasi suasana hujan gerimis, tak menyurutkan semangat para goweser yang akan menjelajah area Kota Tangerang dengan jarak tempuh sejauh 30 Km.

Dalam sambutannya, Sachrudin menyampaikan apresiasinya atas digelarnya acara yang menjadi agenda rutin bagi pecinta sepeda tak hanya Kota Tangerang namun berbagai daerah di Indonesia.

“Apalagi ini kali pertama digelar di Kota Tangerang, pasti jadi sebuah kebanggaan juga,” ungkap Sachrudin.

Wakil menambahkan, kegiatan LSR 2019 bisa menjadi ajang berkumpul bagi pecinta sepeda untuk saling bertukar pikiran serta saling bersilaturahmi.

“Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan dan bisa diadakan kembali di Kota Tangerang,”harapnya.

“Selamat bersepeda dan taati peraturan lalu lintas yang berlaku,” pesan Sachrudin.

“Jangan lupa untuk menjaga kebersihan Kota Tangerang,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia LSR 2019 Al menjabarkan walaupun baru pertama kali digelar di Kota Tangerang, namun antusias dari peserta LSR ini menjadi jumlah terbanyak kedua sejak 10 gelaran sebelumnya.

“Total peserta yang terdaftar selama 2019, tak kurang dari 6000 peserta dari 30 kota se-Indonesia,” tandas Al.

Untuk diketahui, peserta Last Sunday Ride 2019 di Kota Tangerang berjumlah sebanyak 673 peserta dan akan berkeliling kota dengan jarak sejauh 30 Km dengan titik start dan finish di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Kenalkan Destinasi Wisata Bendungan Cikoncang Desa Katapang Adakan Jalan Santai

Published

on

LEBAK – Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Bendungan Cikoncang. Mengadakan jalan santai. Titik kumpul untuk jalan santay Di Halaman Masjid Al-Kahfi Bendungan Cikoncang Jalan Desa Genggong, Jalan BBI, finish di Bendungan Wisata Cikoncang, Sabtu (28/12/2019).Hendra ketua pelaksana mengatakan, karena ada 6 lomba dalam acara Festival Bendungan Cikoncang, peserta yang hadir dan ikut lebih dari 500 orang lebih. mengambil tema ini, karena ingin membangun landmark bahwa Bendungan Cikoncang ini punya ciri khas tersendiri.

“Kami ingin memperkenalkan wisata yang ada di BNC Wanasalam ini. “Almdulillah antusias masyakarat sangat welcome. Acara ini pertama atau perdana untuk di Wilayah Bendungan Cikoncang Desa Katapang Kecamatan Wanasalam,” ujarnya.

Hendra berharap, semoga kedepan sebagai Pokdarwis Bendungan Cikoncang dapat mengadakan acara yang lebih besar lagi.

Fauzy Imam salah satu peserta asal Polotot Malingping mengatakan ia datang bersama teman-teman ikut acara funbikenya, gowes bareng. Rute gowesnya keren, menantang, seru, dan acaranya berjalan dengan baik dan mengesankan.

“Motivasinya selain olahraga, bersilaturahmi, juga sama temen goweser yang lain serta bisa menikmati suasana di sana, Persiapan paling latihan aja (gowes),” tuturnya. (*/lusi/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Bupati Zaki Buka Gemilang Tangerang Budaya

Published

on

TANGERANG – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar secara resmi membuka acara Gemilang Tangerang Budaya, bertempat di kawasan Puspem Kabupaten Tangerang di Tigaraksa. Selasa, (24/12/2019).

Acara Gemilang Tangerang Budaya ini dalam rangka merayakan Hari Jadi Kabupaten Tangerang yang ke-76. Panitia menyediakan banyak sekali acara yang akan dilangsungkan guna memeriahkan, dan menghibur masyarakat.

Gemilang Tangerang Budaya akan dilaksanakan dari Selasa – Jumat (24-27/12/2019), acaranya pameran UMKM, dan produk unggulan daerah, Auto Fest, Tangerang Youth Fest, Permainan Panggunh hiburan harian dan Festival Food Truck,Berbagai produk hasil UMKM dipamerkan di acara Pameran Pembangunan Kabupaten Tangerang 2019 ini, pengunjung dapat menikmati beragam kuliner, makanan ringan hingga produk fashion.

Tak hanya itu, panitia juga menyediakan wahana bermain untuk pengunjung. Menariknya, untuk menikmati wahana itu pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis.

“Ada 15 wahana bermain anak yang disediakan. Wahana ini juga gratis, dibuka setiap sore sampai jam 10 malam dan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 24 hingga 27 Desember 2019,” ujar Bupati Tangerang A.Zaki Iskandar saat membuka acara.

Kehadiran wahana bermain tersebut diakui Zaki untuk menarik minat masyarakat Kabupaten Tangerang berkunjung ke pameran, selain itu juga turut disediakan berbagai hiburan lainnya.

“Supaya masyarakat Kabupaten Tangerang bisa hadir bersama-sama ke Puspem untuk bersama menyambut Hari Jadi Kabupaten Tangerang ke-76,” terang Zaki.

Firzada Mahali selaku Ketua Pelaksana HUT Kabupaten Tangerang Tahun 2019 menjelaskan pembukaan acara dirgahayu Kabupaten Tangerang semarak Tangerang Gemilang festival yang dilaksanakan di tahun 2019 ini akan jadi yang terakhir di gelar di Bulan Desember, karena tahun depan akan digelar di bulan Oktober.

“Ada berbagai macam kegiatan yang persembahkan untuk masyarakat dan ini semua gratis, acara ini diselenggarakan hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, bahkan ada tambahan kegiatan seperti Panggung Komedi (standup) lomba kosidah, dan UMKM yang semakin banyak,” katanya. (*/haris/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending