Connect with us

MEETING

Pemkab Serang Wujudkan Sistem Satu Data

Published

on

SERANG –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) tengah menyusun tahapan guna mewujudkan sebagai wali data dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Serang. Hal itu, sebagai acuan dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang satu Data Indonesia.

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa menjelaskan, Satu Data Indonesia (SDI) merupakan kebijakan tata kelola data Pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan. “Agar mudah diakses dan dibagi antar instansi pusat serta Daerah,” ujar Pandji usai membuka Focus Grup Discussion (FGD) yang membahas data publikasi Kabupaten Serang di Aula Setda Kabupaten Serang, Selasa (5/11/2019).

Pandji berharap, melalui FGD publikasi Pemkab Serang pada tahun 2019 dapat mewujudkan satu data Kabupaten Serang untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan. “Saya berharap, instansi menghilangkan ego sektoral yang merasa datanya paling benar,” katanya.

Sedangkan, kata Pandji, Perpres Nomor 62 Tahun 2019 tentang strategi nasional percepatan administrasi kependudukan untuk pengembangan statistik hayati merupakan langkah kongkrit pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020. “Diharapkan, menghasilkan satu data kependudukan Indonesia,” tuturnya.

Kepala BPS Kabupaten Serang, Indra Warman mengatakan, terbitnya Perpres Nomor 39 Tahun 2019 untuk menjawab perbedaan data kemiskinan dan pertanian maupun lainnya. Namun, guna menjawab kegalauan tersebut bukan berarti mengatur satu data Indonesia. “Tidak diartikan harus menggunakan hanya data dari BPS saja, Itu tidak,” tegasnya.

Dia mencontohkan, seperti yang dilaksanakan saat ini FGD untuk menyepakati antara instansi Pemda. Karena, BPS hanya bertugas mendata dasar. Akan tetapi, data sektoral tetap berada di instansi yang menyiapkan seperti, data kemiskinan di Dinas Sosial. “Atau data kematian jumlah bayi k  ita pakai data dari Dinas Kesehatan (Dinkes),” terang Indra Warman.

Yang jelas, menurut Dia, pada Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Diskominfosatik sebagai wali data. Sehingga, ketika BPS membutuhkan data kemsikinan dan kematian bayi di Daerah cukup meminta ke Diskominfosatik. “Bahkan ketika ada perbedaan data antara instansi di daerah tugas wali data Diskominfosatik koordinasi untuk menyepakati data yang akan yang dipakai,” jelasnya.

Indra Warman menambahkan, jika kondisi tersebut terjadi maka tugas Diskominfosatik sebagai Wali Data bisa menjembatani. “Kalau BPS sebagai Pembina data. Seperti, diskusi saat Kami memberikan penjelasan bagaimana cara memberikan data yang benar,” jelasnya. (*/lusi/yogi)

EVENT-EXHIBITION

Kapolda Banten Hadiri Peresmian Keluarga Besar BAKOR Banten

Published

on

SERANG – Kapolda Banten Irjen Pol Agus Sabar Santoso menghadiri Peresmian Pengurus Keluarga Besar Badan Koordinasi Pembentukan Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, Jl. Syech Nawawi Al-Bantani, Kota Serang, Rabu (15/1/2020).

Turut hadir dalam acara ini Gubernur Provinsi Banten Dr. H. Wahidin Halim M.Si, Wakil Gubernur Provinsi Banten H. Andika Hazrumy, S.Sos.,M.AP Pimpinan DPRD Banten Andra Soni, Kapolda Banten Irjen Pol Agus Sabar Santoso, Danrem 064/MY Banten Kolonel Inf, Windiyanto, Kajati Banten, Kepala Pengadilan Tinggi Banten, Kepala Pengadilan Agama Banten, Kepala BPK Banten, Bupati dan Walikota se-Banten dan Ketua DPRD se-Banten.

Kegiatan diawali dengan tarian sambutan, pembacaan ayat suci Al Quran kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan pendirian Keluarga Besar BAKOR Banten di hadapan notaris oleh ketua dewan penasehat, Ketua Umum, Sekjen dan ketua harian serta dihadiri semua pengurus.Dalam sambutannya Ketua Umum Keluarga Besar BAKOR Banten Dr. HM. Irsyad Djuwaeli mengatakan bahwa BAKOR siap membantu dan mendukung program program Gubernur Banten dan mendorong pembangunan yang dapat mengarah pada kemajuan dan kesejahteraan Banten.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Banten Dr. H. Wahidin Halim M.Si juga memberikan sambutan, dalam sambutannya gubernur menyampaikan bahwa pihaknya sudah banyak berhasil melakukan pembangunan diantaranya pembangunan jalan perbatasan Bayah dengan Sukabumi, pembetonan akses jalan menuju tempat wisata Negeri di Atas Awan, pembangunan tempat sekolah-sekolah pendidikan dan lain sebagainya selain itu gubernur juga menyampaikan turut berduka atas musibah yang terjadi di Kabupaten Lebak. (*/yogi)

Continue Reading

MEETING

Ini Nama-nama Direksi PT PCM Hasil ‘RUPS’ 2020

Published

on

CILEGON – Walikota Cilegon Edi Ariadi buka suara kaitan dengan putusannya mengisi jabatan Komisaris serta Direktur Keuangan dan SDM PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM). Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang berlangsung mendadak di ruang kerjanya, ia mengaku sudah mengambil keputusan.

“Ya kemarin (sudah diputuskan pejabat terpilih-red), kemarin itu RUPS kaitan rencana kerja tahun ini, sama itu (pembahasan pengisian jabatan Komisaris dan Direktur Keuangan),” ujarnya, Rabu (15/1/2020).

Pernyataan soal adanya RUPS itu pun lantas diralat Edi dengan mengatakan bahwa pertemuan antara dirinya dengan Wakil Walikota, Sekretaris Daerah dan sejumlah Direksi serta Komisaris PT PCM yang dilakukan di ruang kerjanya pada Selasa (14/1/2020) kemarin itu sesungguhnya bukan RUPS yang biasanya dijadwalkan khusus. “Yah bukan RUPS-lah, pembahasan aja,” katanya.

Siapa saja yang terpilih untuk menduduki dua jabatan petinggi di salah satu BUMD itu, Edi pun tidak mengelak ketika ditanyakan soal kepastian nama mantan Ketua DPRD Cilegon, Fakih Usman Umar dan mantan anggota DPRD Cilegon Budi Mulyadi yang akan berbagi kursi di dua jabatan tersebut.

“Ya pasti sudah tahulah nama-namanya. Iya (Fakih Usman Umar sebagai Komisaris dan Budi Mulyadi sebagai Direktur Keuangan dan SDM-red), tinggal menetapkan waktunya saja kapan. Tapi ada persyaratan-persyaratan khusus lah,” katanya.

Di bagian lain, Budi Mulyadi yang dikonfirmasi mengaku belum memperoleh kabar kaitan keputusan dalam ‘RUPS’ tersebut. Kendati demikian ia mengatakan siap mengabdikan diri sepenuhnya pada PT PCM.

“Tentu ini merupakan sebuah tantangan, karena sebelumnya kan kalau di dunia usaha saya juga sudah pengalaman karena bergelut sebagai Ketua Gapensi dua periode dan sekarang juga diperpanjang menjadi Sekretaris Dewan Pertimbangan Kadin Cilegon selain badan usaha yang saya kelola. Yah mudah-mudahan itu bisa menjadi referensi dan membantu ketika saya mendapat kepercayaan di PT PCM,” ujarnya.  (*/bey/ygi)

Continue Reading

MEETING

Tahun 2020, Pertamina MOR III Pasok BBM dan Pelumas untuk Polda Banten

Published

on

SERANG – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III melakukan penandatanganan kontrak penyediaan BBM dan pelumas dengan 12 satuan kerja (Satker) di lingkungan Kepolisian Daerah Banten, untuk tahun anggaran 2020.

Penandatanganan kontrak dilakukan pada Rabu, 15 Januari 2020 antara Region Manager Corporate Sales III Pertamina, Iwan Yudha Wibawa dengan ke-12 Satker/Polres dibawah jajaran Polda Banten dan disaksikan oleh Kepala Biro Logistik Polda Banten, Kombes Pol. Linggo Wijanarko.

Dalam sambutannya Kombes Pol. Linggo Wijanarko menyampaikan Polda Banten puas dengan pelayanan Pertamina. Polda Banten cukup terbantu dengan penanganan yang cepat saat terjadi kendala teknis terkait sarfas penerimaan BBM di Polda Banten.

“Diharapkan layanan BBM pada tahun 2020 dapat berjalan dengan lancar. Selain itu dengan kontrak ini, diharapkan dapat meningkatkan mutu kinerja dan pelayanan karena DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) tahun 2020 mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya,“ ujarnya.

Region Manager Corporate Sales III Pertamina, Iwan Yudha Wibawa mengungkapkan, Pertamina sangat berterima kasih dan menyambut baik kerjasama yang terjalin dengan baik antara Polda Banten dan Pertamina. Tahun ini, penyediaan BBM dan Pelumas untuk keperluan operasional Polda Banten mencapai Rp 55,3 milyar.

“Kami sangat mengapresiasi kesetiaan aparat kepolisian khususnya dari Polda Banten dan jajaran Satker/ Polres wilayah Banten menggunakan produk-produk Pertamina. Kami akan melakukan segala upaya dalam memberikan pelayanan terbaik. Semoga aktivitas yang telah kami lakukan pada tahun lalu dalam pelayanan penyediaan BBM dan Pelumas tahun 2019 dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan BBM agar tahun 2020 bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Secara umum, cakupan kerjasama menyangkut penyediaan produk gasoline, gasoil, pelumas, Avtur dan Avgas. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending