Connect with us

MEETING

Kapolda Banten Hadiri Halal Bihalal Perkumpulan Urang Banten

Published

on

SERANG – Kapolda Banten, Irjen Pol Tomsi Tohir, M.Si menghadiri acara Halal Bihalal yang digelar Perkumpulan Urang Banten (PUB) yang dilaksanakan di rumah Pak Taufik Nuriman, di kawasan Ciracas Serang, dengan tema “Sinergitas Mewujudkan Pembangunan Banten Sejahtera” Banten. Minggu (7/7/2019).

Perkumpulan Urang Banten yang disingkat (PUB), merupakan perkumpulan yang menghimpun orang Banten yang ingin aktif dan bersama-sama meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Banten, PUB itu sendiri baru berdiri satu tahun, tepatnya pada hari selasa tanggal 11 September 2018 di Serang.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolda Banten, Danrem 064/Maulana Yusuf, Kol Inf Widiyatno , Walikota Serang H . SYAFRUDIN, S.Sos, M.Si, Kapolres Serang Kota AKBP Firman Affandi, ketua umum PUB, Irjen Pol. (Purn) Drs. Taufiequrachman Ruki, S.H. Sekertaris Jendral PUB Laksma TNI (Purn) Dr. Ir. Eden Gunawan, MM, IPM, ARE H, dan para pejabat utama Polda Banten.

Dalam sambutannnya Ahmad Taufik Nuriman yang dulu pernah terpilih pada Pilkada secara langsung awal 2005 lalu menjabat sebagai bupati kabupaten Serang sekaligus Sebagai tuan rumah menegaskan bahwa acara kegiatan perkumpulan Urang Banten tersebut tidak ada agenda politik, Taufik menegaskan bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan silaturahmi halal bihalal, yang merupakan momentum untuk saling memaafkan pasca pasta demokrasi agar Banten tetap bersatu.

“Bapak bapak, ibu ibu yang saya hormati, bahwa kegiatan hari ini tidak ada agenda politik, acara ini adalah acara halal bihalal, inti halal bihalal ini adalah untuk saling maaf memaafkan, apalagi lagi kita semuanya baru saja menghadapi hajatan besar demokrasi nasional, mungkin diantara kita ini pilihannya berbeda-beda, oleh karenanya mudah mudahan saja dengan selesainya kegiatan pesta demokrasi, pemilu, pilpres, setelah putusan MK kita selesaikan semuanya, Banten bersatu, mudah mudahan saja dengan bersama-sama kita mengadakan kegiatan silaturahmi halal bihalal, masa lalu yang berbeda, tinggalkan, masa lalu yang berantem, tinggalkan, boleh beda pendapat tapi jangan menyebabkan kita bermusuhan” Ucap taufik.

Sementara itu dalam sambutannnya Kapolda Banten dengan kegiatan yang sama menyampaikan bahwa dirinya merasa bahagia dengan kegiatan tersebut karena dapat bersilaturahmi dan saling mengenal, saling mengisi dan saling memudahkan untuk berkomunikasi untuk mendukung pemerintah daerah Pr

ovinsi Banten sehingga lebih maju dan lebih meningkatkan lagi sosial ekonomi daerah Banten.

“Saya sendiri berasa terhormat atas undangan ini, sangat ber bahagia sekali, serasa seperti gayung bersambut, Dimana selama ini kami, Saya, pak danrem dan instansi lainnya terus berupaya, mendukung pemerintahan daerah provinsi Banten ini, sehingga bisa lebih maju, lebih meningkat lagi sosial ekonominya, tentunya dengan silaturahmi ini akan dapat saling mengenal, saling mengisi dan tentunya akan saling memudahkan untuk berkomunikasi, kita disini dalam rangka persatuan, kedepan banyak hal yang dapat kita lakukan bersama, tentunya kembali lagi, bahwa kuncinya adalah silaturahmi, tak kenal maka tak sayang,” ujar Kapolda.

Acara halal bihalal perkumpulan Urang Banten ditutup dengan doa dan acara ramah tamah, kegiatan berlangsung dengan lancar. (*/yogi)

MEETING

ACT Banten dan FPUIB Siap Bantu Palestina

Published

on

SERANG – Perang terbuka antara serdadu zionis Israel dan militan Palestina untuk sementara reda dengan disepakatinya gencatan senjata antara kedua kubu pada Kamis (14/11/2019) malam, atas mediasi dari pemerintah Mesir dan PBB. Kendati demikian, serangan roket bertubi-tubi ke permukiman warga Palestina menyisakan duka.

Pertempuran yang tak imbang itu telah menyebabkan wafatnya pemimpin jihad Islam dan sedikitnya 34 warga sipil tak berdosa.

Sementara 82 jiwa tercatat mengalami luka berat dan ringan di sejumlah wilayah perang di Gaza.

Selain memakan korban jiwa, serangan Israel juga meluluhlantakkan ratusan bangunan di sepanjang jalur Gaza akibat tembakan roket selama dua hari berturut-turut yang digencarkan zionis Israel di perbatasan Gaza.

Merespons kondisi tersebut, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Banten berkomitmen untuk terus membersamai Palestina dengan memasifkan bantuan sebagai aksi kedermawanan di dunia Internasional.

ACT Banten bersama Umat Islam Banten yang terhimpun dalam Forum Persaudaraan Umat Islam Banten (FPUIB) menyatakan sikap bersama yaitu mengutuk aksi militer Israel yang melakukan invansi atas tanah Palestina.

Head of Marketing ACT Banten, Dimas Maulana Putra menyatakan, ACT Banten akan terus membersamai Palestina, di tengah musim dingin yang sebentar lagi melanda Palestina.

“Kita tidak akan pernah tinggal diam membiarkan saudara-saudara kita dirundung ketakutan. Kita akan mengajak umat Islam di Banten untuk bersatu memasifkan bantuan medis, pangan dan bantuan lainnya. Kita akan tunjukkan bahwa masyarakat Banten adalah masyarakat dermawan yang peduli dengan umat,” ungkapnya dalam konferensi pers Palestina Under Attack di kantor ACT Banten di Serang, Jumat (15/11/2019).

Ustadz Enting Abdul Karim Ketua FPUIB menyatakan, sebagai muslim dan atas nama kemanusiaan pihaknya mengecam apa yang dilakukan Israel terhadap Palestina. “Terlebih menjelang musim dingin yang mencekam. Kami mendukung penuh aksi solidaritas muslim Indonesia seperti yang dilakukan ACT untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan. Kami mengajak seluruh elemen umat muslim juga mendoakan dan membantu dengan bantuan terbaik untuk saudara muslim kita di Palestina,” ucapnya.

Permasalahan musim dingin di Palestina bukan lagi masalah yang ringan karena sudah berlangsung setiap tahun dengan eskalasi yang semakin meningkat.
Program bantuan reguler yang sudah ada akan terus ditingkatkan.

Posko-posko bantuan akan didirikan di beberapa kegubernuran di Jalur Gaza, khususnya yang berada di dekat wilayah perbatasan. ACT juga menyiapkan bantuan medis lanjutan bagi para korban yang membutuhkan penanganan lebih serius seperti operasi hingga bantuan penyedian alat bantu prostetik (artificial limbs).

Untuk keluarga para syuhada yang gugur karena kekejaman zionis Israel, ACT juga memberikan bantuan berupa santunan bagi anggota keluarga yang ditinggalkan. Seperti yang disampaikan Presiden ACT Ibnu Khajar.

“Selain itu, kami memiliki program untuk membangun flat atau apartemen bagi keluarga para syuhada ini. Di tahap awal, rencananya kami akan membangun flat untuk sedikitnya 20 keluarga para syuhada yang itu membutuhkan dana sekitar Rp 4-5 miliar,” tuturnya.

Ia menambahkan, bantuan medis telah dikirimkan sejak aksi Great Return March 2018. ACT membuka posko kesehatan di perbatasan, termasuk memberikan layanan kesehatan mobile kepada warga Gaza ke beberapa klinik kecil, sekolah-sekolah, atau pusat-pusat komunitas warga di Gaza.

Hingga saat ini, bantuan penyediaan Bank Darah (Blood Bank) yang diinisiasi ACT juga dimanfaatkan untuk warga Gaza yang menjadi korban serangan. Kolaborasi ACT dengan Central Blood Association di Khan Younis, Gaza, tersedia di banyak titik di jalur Gaza seperti di universitas, masjid, dan di tempat umum lainnya.

Sejak September lalu, ACT telah menargetkan kesediaan 1.000 kantong darah untuk menyuplai kebutuhan pasien-pasien di Gaza. Hingga Desember nanti, 1.000 kantong darah ditargetkan mampu memenuhi jumlah kebutuhan darah di Gaza.

Selain itu, ACT juga menggiatkan program bantuan pangan sebanyak 10.000 ton beras untuk warga Gaza. Dimana 2000 ton beras sudah dikapalkan ke Gaza melalui jalur laut dan langsung didistribusikan kepada warga.

Rencananya ACT Banten bersama organisasi kemasyarakatan yang terhimpun dalam FPUIB akan menggeral aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk Plestina. (*/yogi)

Continue Reading

MEETING

Pengurus KONI Kota Serang Periode 2019-2023 Resmi Dilantik

Published

on

SERANG – Walikota Serang Syafrudin meminta atlet Kota Serang harus bersinar pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Banten 2020. Permintaan itu disampaikan saat pelantikan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Serang masa bakti 2019-2023, Rabu (6/11/2019).

Permintaan Syafrudin bukan tanpa alasan. Kota Serang diuntungkan lantaran ditunjuk sebagai tuan rumah Popda Banten 2020. “Di beberapa event, prestasi Kota Serang harus bisa ditingkatkan. Terutama sekali di Popda. Kota Serang harus menjadi juaranya, sebab kita sebagai tuan rumah. Untuk itu, saya berharap setelah resmi dilantik, ke depan harus lebih ditingkatkan kembali prestasinya,” kata Syafrudin.

Wakil Ketua I KONI Banten Mediawarman mengatakan, Kota Serang sebagai salah satu daerah penyumbang atlet terbaik di Banten. Di PON XIX Jawa Barat, atlet asal Kota Serang menyumbang tujuh medali emas.

“Harapannya, tentu di PON XX 2020 mendatang, Kota Serang bisa kembali menjadi penyumbang atlet-atlet terbaik untuk kontingen Banten di PON Papua. Kalau bisa, jika kemarin tujuh emas, di Papua bisa sumbangkan 14 medali emas,” harap Mediawarman.

Ketua Umum KONI Kota Serang Deni Arisandi menyambut baik harapan yang disampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dan KONI Banten. Deni mengaku akan berupaya mewujudkan harapan tersebut dan bersinergi dengan seluruh instansi terkait agar prestasi Kota Serang lebih baik.

“Tentunya dengan semangat yang baru ini, kami akan sekuat tenaga berjuang untuk kemajuan prestasi olahraga Kota Serang dan Banten,” kata Deni.

Continue Reading

MEETING

Pemkab Serang Wujudkan Sistem Satu Data

Published

on

SERANG –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) tengah menyusun tahapan guna mewujudkan sebagai wali data dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Serang. Hal itu, sebagai acuan dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang satu Data Indonesia.

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa menjelaskan, Satu Data Indonesia (SDI) merupakan kebijakan tata kelola data Pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan. “Agar mudah diakses dan dibagi antar instansi pusat serta Daerah,” ujar Pandji usai membuka Focus Grup Discussion (FGD) yang membahas data publikasi Kabupaten Serang di Aula Setda Kabupaten Serang, Selasa (5/11/2019).

Pandji berharap, melalui FGD publikasi Pemkab Serang pada tahun 2019 dapat mewujudkan satu data Kabupaten Serang untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan. “Saya berharap, instansi menghilangkan ego sektoral yang merasa datanya paling benar,” katanya.

Sedangkan, kata Pandji, Perpres Nomor 62 Tahun 2019 tentang strategi nasional percepatan administrasi kependudukan untuk pengembangan statistik hayati merupakan langkah kongkrit pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020. “Diharapkan, menghasilkan satu data kependudukan Indonesia,” tuturnya.

Kepala BPS Kabupaten Serang, Indra Warman mengatakan, terbitnya Perpres Nomor 39 Tahun 2019 untuk menjawab perbedaan data kemiskinan dan pertanian maupun lainnya. Namun, guna menjawab kegalauan tersebut bukan berarti mengatur satu data Indonesia. “Tidak diartikan harus menggunakan hanya data dari BPS saja, Itu tidak,” tegasnya.

Dia mencontohkan, seperti yang dilaksanakan saat ini FGD untuk menyepakati antara instansi Pemda. Karena, BPS hanya bertugas mendata dasar. Akan tetapi, data sektoral tetap berada di instansi yang menyiapkan seperti, data kemiskinan di Dinas Sosial. “Atau data kematian jumlah bayi k  ita pakai data dari Dinas Kesehatan (Dinkes),” terang Indra Warman.

Yang jelas, menurut Dia, pada Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Diskominfosatik sebagai wali data. Sehingga, ketika BPS membutuhkan data kemsikinan dan kematian bayi di Daerah cukup meminta ke Diskominfosatik. “Bahkan ketika ada perbedaan data antara instansi di daerah tugas wali data Diskominfosatik koordinasi untuk menyepakati data yang akan yang dipakai,” jelasnya.

Indra Warman menambahkan, jika kondisi tersebut terjadi maka tugas Diskominfosatik sebagai Wali Data bisa menjembatani. “Kalau BPS sebagai Pembina data. Seperti, diskusi saat Kami memberikan penjelasan bagaimana cara memberikan data yang benar,” jelasnya. (*/lusi/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending