Connect with us

MEETING

Divisi Humas Polri Gelar Workshop Penguatan Tim Media Sosial & Media Online

Published

on

CILEGON – Bertemakan “Penguatan Tim Media Sosial dan Media Online” Divisi Humas Polri menggelar workshop Wilayah Polda Banten, acara yang dihadiri ratusan personel humas Polda Banten dan polres jajaran digelar di The Royale Krakatau Hotel JL.KH. Yasin Beji No.4 Cilegon, Cilegon, Banten, Rabu (17/7/ 2019).

Kegiatan workshop dibuka oleh Kadiv Humas Polri yang diwakili Kombespol Heru Yulianto SIK , Kabag Diseminasi Div Humas Polri dan dihadiri pejabat Divisi Humas Polri, pejabat utama Polda Banten, para kasubbid Humas Polda Banten, sejumlah Kapolres jajaran yang diwakili Kabagops masing-masing Polres.

Pada kesempatan itu Kombes Pol Heru Yulianto SIK dalam sambutannya menyampaikan, dalam rangka penguatan tim media online dan media sosial di wilayah hukum Polda Banten, Divisi Humas Polri khususnya Biro Multimedia berperan penting dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi di dunia maya oleh karena itu penguatan tim media sosial dan media online di Polda Banten dan jajarannya sangat diperlukan untuk turut berpartisipasi dalam menciptakan sentimen positif dalam pemberitaan baik di media online maupun di media sosial.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa perkembangan teknologi informasi sangat cepat untuk itu Polri harus mampu mengikuti perkembangan yang ada baik di media online maupun media sosial yang saat ini dapat kita rasakan intensitas penggunaan media sosial dan media online selalu meningkat sebagai evaluasi menurut indeks kerawanan Pemilu tahun 2019 kemarin,” paparnya.

Lanjutnya, dalam kesempatan ini kami sangat mengapresiasi Polda Banten bahwa kondisi Polda Banten cukup aman di mana seluruh event-event besar yang diselenggarakan di wilayah hukum Polda Banten berlangsung dengan aman lancar dan sukses.

Maka untuk menjaga situasi Kamtibmas selalu dalam kondisi yang kondusif pasca pesta demokrasi yang sudah terlaksana, diperlukan identifikasi permasalahan dalam setiap tahapan Pemilu. Termasuk saat ini yang sudah memasuki pasca pemilu 2019 dengan melihat perkembangan real yang terjadi di masyarakat untuk merencanakan upaya kepolisian dalam rangka pengamanan dan memupuk kembali persaudaraan antar masyarakat.

“Hadirin peserta sekalian yang saya banggakan, awalnya media sosial digunakan sebagai sarana informasi silaturahmi aktivitas positif lainnya. namun belakangan ini di media sosial banyak disalahgunakan, multimedia harus melakukan monitoring dan juga polaris office media baik digital maupun elektronik, serta diseminasi digital media online maupun media sosial untuk menjadi saluran komunikasi dua arah yang efektif dan kreatif,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Kapolda Banten yang diwakili Dir Krimsus Polda Banten AKBP. Rudi Hananto dalam sambutannya mengatakan, pengguna media sosial pada tahun 2018 mencapai 130 juta orang, bagi Polri dinamika ini adalah peluang Polri melalui fungsi Humas, dapat menggunakan berbagai media khususnya media sosial untuk memperkuat kamtibmas. dengan meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat serta membangun citra positif untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Sebaliknya dinamika ini juga menghadirkan tantangan tugas bagi Polri dengan masih adanya sebagian besar masyarakat yang cenderung menggunakan media sosial untuk membuat dan berbagi konten negatif, yang dapat memicu gangguan Kamtibmas dan konflik sosial seperti ujaran kebencian atau hatespeech provokasi berita bohong atau hoax dan penyebaran isu yang bernuansa Sara.

Berbagai dinamika tersebut memberi ikan gambaran bahwa fungsi humas Polri bukan hanya memainkan peran sebagai komunikator publik yang bertugas mengamankan kebijakan institusi dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. Namun juga dituntut untuk mampu memelihara Kamtibmas di dunia siber dan mengelola berbagai isu yang berkembang di dunia maya.

Untuk itu Polda Banten benar-benar berkomitmen menjalankan kebijakan utama Kapolri salah satunya adalah manajemen media berbagai program telah kita gelar diantaranya pembentukan cybertroops dan di Polda Banten dan Polres jajaran.

Yang bertugas melakukan kontra opini terhadap maraknya konten atau pemberitaan negatif yang bersifat pokok maupun provokatif pada berbagai media online di media sosial.

Selain itu sebagai pendekatan terhadap nitizen juga terus kita intensifkan dengan membentuk channel interaksi antara Polri dan masyarakat di media sosial , yang diharapkan dapat menjadi sarana untuk menampung saran dan kritik masyarakat melakukan kontrol opini dan membentuk opini positif .
maupun melakukan desiminasi guna mencegah penyebaran berita bohong atau hoax ujaran kebencian dan isu Sara.

“Pada hari ini untuk lebih memperkuat manajemen media maka kita akan ikuti bersama workshop dalam rangka penguatan tim media sosial dan media online di wilayah hukum Polda Banten. Saya berharap sekali ini dapat menjadi momentum bagi seluruh peserta untuk memperkuat soliditas dan Sinergi sekaligus untuk meningkatkan kompetensi dan pengembangan adaptasi diri terhadap perkembangan teknologi,” pintanya.

Rudi berpesan agar peserta mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan implementasikan hasil pelatihan dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan sehari-hari, serta terus perkuat Sinergi harkamtibmas di antara Insan media online dan media sosial.

Rudi juga mengucapkan terima kasih kepada biro multimedia divhumas Polri, instruktur dan seluruh pihak yang telah turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Saya juga memberikan apresiasi pada di humas Polri yang telah menggelar kegiatan workshop di jajaran Polda Banten, semoga kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan melahirkan manajemen media online dan media sosial yang dapat mendukung terwujudnya stabilitas Kamtibmas di wilayah hukum Polda Banten,” tutupnya. (*/yogi)

EVENT-EXHIBITION

Bank Jabar Banten Raih TOP GRC 2019

Published

on

JAKARTA – Bank Jabar Banten (BJB) meraih penghargaan TOP GRC 2019 #4 Stars dari tiga aspek utama, yakni sistem, infrastruktur, dan implementasi tata kelola perusahaan sehingga mampu menerapkan manajemen risiko dan kepatuhan sangat baik. Selain itu, Direktur Kepatuhan bank BJB, Agus Mulyana juga terpilih sebagai The Most Committed GRC Leader 2019.

TOP GRC adalah kegiatan pembelajaran bersama tentang governance, risk & compliance sekaligus apresiasi kepada perusahaan yang dinilai berkinerja baik dan telah menerapkan GRC dalam pengelolaan usaha bisnisnya. Dalam ajang tersebut, dewan juri menilai sistem, infrastruktur, dan implementasi tata kelola perusahaan yang baik (GCG), manajemen risiko dan manajemen kepatuhan di bank BJB, berada di tingkat yang sangat baik sehingga dapat mendukung peningkatan kinerja bisnis perusahaan yang berkelanjutan.

Dalam siaran pers BJB, Kamis (22/8/2019), Direktur Kepatuhan Bank BJB, Agus Mulyana menyampaikan bahwa perusahaan menyadari berbagai langkah usaha yang dilakukan perseroan harus dilandasi oleh tujuan mulia untuk terus berkembang dan berkontribusi bagi negeri.

“Seluruh keputusan perusahaan selalu didasarkan pada prinsip tata kelola yang baik, didukung analisis tajam untuk melihat berbagai peluang dan ikhtiar nyata demi mempertahankan kebutuhan nyata dan berkelanjutan,” katanya.

Bank bjb sendiri selalu menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau GCG dalam setiap langkah usahanya. Penerapan sistem tata kelola ini merupakan salah satu upaya perusahaan untuk menghindari potensi fraud yang merugikan berbagai pihak dari beragam aspek. GCG bank bjb telah terbukti bekerja dengan baik dan beberapa kali membuat perbankan diganjar penghargaan, tak terkecuali dari lembaga antirasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pola manajemen risiko yang diterapkan bank bjb selama ini terbukti berhasil memberi rasa aman sekaligus menunjang pertumbuhan perusahaan. Hal tersebut bisa dilihat dari kualitas kredit bank bjb yang berhasil dijaga dengan baik misalnya. Catatan perseroan pada Semester I 2019 rasio Non Performing Loan (NPL) bank BJB terjaga di level 1,7 persen atau lebih baik dibanding rasio NPL industri perbankan per Mei 2019 yang sebesar 2,61 persen.

Sementara rasio Net Interest Margin (NIM) bank bjb berada pada level 5,7 persen atau berada diatas rata-rata rasio NIM industri perbankan yang mencapai 4,9 persen. Sedangkan dari segi kinerja, tercatat total aset bank BJB berhasil tumbuh 6,4 persen year on year (yoy) menjadi sebesar Rp 120,7 triliun. Pertumbuhan aset ini didukung oleh penghimpunan DPK sebesar Rp 95,1 triliun atau tumbuh sekitar 7 persen yoy. Sedangkan untuk laba bersih setelah pajak tercatat sebesar Rp 803 miliar. Untuk total kredit yang disalurkan mencapai Rp78,2 triliun atau tumbuh sebesar 8,2 persen yoy. (*/ygi)

Continue Reading

MEETING

Mahasiswa KKN Revolusi Mental 03 Gelar Sosialisasi Indonesia Bersih

Published

on

PANDEGLANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Revolusi Mental UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten di Desa Tunggal Jaya, Kecamatan Sumur menggelar Kegiatan Sosialisasi Indonesia Bersih di Sekolah Dasar Negeri Tunggal Jaya 2 dengan tujuan mengedukasi para siswa untuk hidup sehat dimulai sejak dini, Selasa (20/8/2019).

Kegiatan sosialisasi diikuti kurang lebih 50 siswa mulai dari kelas 3 sampai kelas 6.

“Menjaga Kebersihan dan Kesehatan sangatlah penting untuk ditanamkan sejak dini, karena menjaga kebersihan merupakan hal yang paling dasar untuk diketahui dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Sarmain ketua Kelompok KKN 03.

Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan mengenalkan arti kesehatan dan kebersihan, mahasiswa KKN Kelompok 03 juga memberikan pemahaman terhadap sampah Organik, Non Organik dan B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun).

Dalam kegiatan Indonesia Bersih, perlu adanya pemahaman terhadap pentingnya menjaga kesehatan. Salah satunya adalah cara cuci tangan yang baik dan benar.

Dalam sosialisasi tersebut, diadakan pula simulasi cuci tangan. Ada 7 cara cuci tangan yang baik dan benar yang dikenalkan dalam sosialisasi. Cuci tangan dengan sabun sampai membilasnya hingga bersih di air mengalir.

Sarmain berharap agar kegiatan ini bisa memberikan manfaat, terutama pemahaman terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan dimulai dari hal kecil yaitu mencuci tangan dan membuang sampah pada tempatnya.

“Sosialisasi ini merupakan program terakhir dari KKN di Desa Tunggaljaya dan Alhamdulillah berjalan dengan sukses walaupun bisa dikatakan dengan minimnya persiapan yang kami lakukan,” tutupnya. (Hendri/yogi)

Continue Reading

CONFERENCE

Tanjung Lesung Bangkit! RHINO X-TRI 2019 Jadi Pembuka Experience Tanjung Lesung

Published

on

PANDEGLANG – Ajang kejuaraan terbuka triathlon lintas alam (Cross Triathlon) pertama di Indonesia yang terdiri dari lomba berenang, balap sepeda dan lari melintasi keindahan dan tantangan alam Tanjung Lesung yang akan dihelat pada 28 – 29 September 2019,

Rhino Cross Triathlon resmi diluncurkan bersamaan dengan Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun serta Kampanye Experience Tanjung Lesung sebagai bagian dari upaya bersama pemulihan Kawasan Tanjung Lesung pasca bencana alam yang terjadi di akhir tahun 2018 lalu.

Perhelatan akbar yang dikemas dalam sebuah acara bertajuk Pasar Kalitjaa akan menghelat Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang akan dilaksanakan secara serempak di darat (Pantai Kalicaa), laut dan udara oleh komunitas warga Badui, keluarga besar Tanjung Lesung, kelompok atlit kayak, paddle board, serta paramotor.

President Director Banten West Java, Poernomo Siswoprasetjo menyampaikan, Tanjung Lesung siap menggelar edisi ketiga Rhino Cross Triathlon pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 28-29 September 2019 mendatang.

“Hari ini kami melaksanakan syukuran atas Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun, juga sekaligus persiapan pelaksanaan Rhino X-Tri 2019 serta momen pemulihan dan bangkitnya kawasan pasca bencana alam 2018 lalu. Di momen istimewa ini Tanjung Lesung menggelar Upacara Pengibaran Bendera di darat, laut dan udara serta Pasar Kalitjaa, pesta jajanan dan oleh-oleh khas Banten di area Kalicaa Beachfront Tanjung Lesung Beach Hotel,” ujarnya.

Lebih jauh Poernomo Siswoprasetjo mengajak seluruh masyarakat dan komunitas pegiat olahraga sepeda, lari dan berenang untuk meramaikan dan berpartisipasi di Rhino X-Tri tahun ini.

“Kami menyediakan hadiah total ratusan juta untuk para juara Rhino X-Tri dan Rhino MTB XCM (Mountain Bika Cross Country Marathon). Registrasi peserta sudah dibuka sejak 1 Agustus lalu melalui website event: www.rhinoxtriathlon.com. Ada promo harga khusus, early bird dan flash sale bagi peserta yang mendaftarkan diri hingga 31 Agustus 2019,” katanya.

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dihelat secara istimewa dengan melaksanakan pengibaran bendera di darat bersama warga Badui dan keluarga besar Tanjung Lesung, yaitu di lapangan area Kalicaa Beachfront, dan di laut bersama para atlit kayak dan paddle board serta di udara bersama atlit paramotor.

Setelah acara tersebut, Pasar Kalitjaa dibuka, menghadirkan beragam jajanan dan oleh-oleh khas Banten, antara lain berupa nasi gonjleng, jojorong, otak-otak Pandeglang, kerang lamis, urab dan gado-gado Pandeglang, pais burih, salad dan telur asin Panimbang, nasi timbel dan rangginang Cikadu, kripik sampeuk, wajik mayit, kripik bonggol pisang, madu odeng, abon ikan tuna, kopi tumbuk gula aren dan beragam cinderamata. Komunitas Badui dalam perhelatan ini menampilkan pertunjukan seni Angklung Buhun yang akan berkolaborasi dengan Patriot Bambu dan Akustik Senandung Nusantara.

Technical Manager Rhino X-Tri 2019, Taufik Hidayat menjelaskan, sesuai keinginan peserta tahun lalu, Rhino X-Tri 2019 akan menjadi kompetisi yang lebih menantang. Rhino X-Tri digelar dalam 2 kategori yaitu Kategori Rhino yang melombakan nomor renang 1000 meter, balap sepeda 20 kilometer dan lari 10 kilometer serta kategori Bull yang melombakan renang 500 meter, balap sepeda 10 kilometer dan lari 5 kilometer.

“Di ajang Rhino Mountain Bike XCM akan dipertandingkan kategori-kategori; Women Open, Men Open, Men Junior dan Men Master,” tuturnya. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending