Connect with us

MEETING

Bupati Serang Libatkan Pemuda Sebagai Penggerak LKBA 2020

Published

on

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menargetkan kalangan pemuda menjadi motor penggerak pada Program Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) tahun 2020. Hal itu, sebagai upaya agar program yang dilaksanakan lebih baik dari sebelumnya.

Oleh karena itu, Tatu berinisiatif pada komponen penilaian pada LKBA tahun 2020 ditambahkan.

“Penilaian juga diberikan untuk kepemudaan dan camat sebagai penggerak semangat masyarakat,” ujarnya usai rapat koordinasi program LKBA tahun 2020 bersama para camat, TNI, Polri dan instansi yang juga dihadiri Wakil Bupati Pandji Tirtayasa di Pendopo Bupati pada Kamis (06/02/2020).

Tatu mengakui, jika keberhasilan program LKBA hasil kerjasama antara Pemerintah Daerah (Pemda), camat, dan kepala desa. “Makanya saya bersama TNI dan Polri sepakat akan melakukan perbaikan program LKBA kedepannya,” ujarnya.

Tatu juga menyayangkan bahwa pada LKBA 2019 respon masyarakat masih rendah. Tercatat, dari 326 desa se Kabupaten Serang hanya 240 desa yang mengikuti program tersebut. “Dari situ terlihat antusias masyrakat masih kurang, itu yang harus terus dorong yang penting mereka mau dulu untuk menjaga kebersihan di lingkungan atas kemauannya sendiri,” terang Tatu.

Diketahui, pada program LKBA tahun 2020 akan diikuti sebanyak 1.511 Rukun Warga (RW) di 326 desa yang tersebar di 29 kecamatan dan sosialisasi sudah dilakukan di setiap kecamatan. “Kalau untuk roadshow dimulai Februari ini,” jelas Tatu.

Sementara Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa berharap, dengan kembali dilaksanakan LKBA bisa menjadi daya rangsang masyarakat peduli akan kebersihan kampungnya masing-masing. Maka, program LKBA tidak hanya dilakukan sekali perlu dilakukan berulang-ulang.

“Kalau masyarakat belum sadar akan kebersihan dan keamanan, maka kita tambah lagi setiap tahunnya dilaksanakan sampai masyarakat sadar,” ujarnya. (*/lusi/ygi)

EVENT-EXHIBITION

Berjamaah Lawan Corona, MBB Galang Dana dan Sembako

Published

on

SERANG – Wabah corona virus atau covid-19 berdampak luas secara kesehatan hingga perekonomian dan psikologi sosial masyarakat. Karenanya, butuh solidaritas sosial untuk saling membantu di tengah krisis akibat wabah tersebut.

Menyikapi masalah tersebut, elemen anak muda dari kalangan jurnalis, aktivis mahasiswa, dan pegiat komunitas di Provinsi Banten menghimpun diri dalam gerakan Milenial Banten Berbagi (MBB) berjamaah melawan Corona. Gerakan ini dilakukan dengan menggalang donasi berupa sumbangan uang dan sembako.

Koordinator gerakan Milenial Banten Berbagi Maskur Ridho mengatakan, gerakan MBB lahir dari keprihatinan bersama teman-teman muda atau milenial yang di Banten atas krisis akibat corona.

“Corona tidak hanya berdampak pada soal kesehatan, tapi juga ekonomi dan sosial,” katanya melalui siaran pers, Jum’at (3/3/2020).

Untuk itu, ucap Maskur, perlu ada gerakan solidaritas bersama dari semua elemen masyarakat. Tak terkecuali anak-anak muda yang punya energi besar. “Saatnya energi besar ini kita curahkan untuk gerakan yang memberi manfaat,” ucapnya.

Bantuan, masih kata Maskur, nantinya akan disalurkan secara langsung kepada warga terdampak wabah virus corona.

Salah satunya, lanjut Maskur, pekerja lepas harian seperti tukang ojek pangkalan dan online, tukang sapu taman, pedagang kecil yang tidak bisa berdagang, tukang parkir dan lainnya.

“Kita juga akan berkolaborasi dengan relawan lain dan lembaga sosial yang punya gerakan sama. Intinya kita turun tangan untuk ikut berkontribusi dan memberi manfaat secara langsung bagi warga terdampak secara ekonomi,” kata pegiat Journalist Lecture ini.

Hal senada dikatakan Ketua Umum HMI Cabang Serang Faisal Daduyef.

Menurutnya, gerakan ini menjadi kesadaran bersama untuk saling membantu. Selain memberikan bantuan, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan tidak panik berlebihan.

“Gerakan ini butuh kolaborasi dari semua elemen sehingga kita bisa saling jaga dan berjamaah lawan corona. Kita berdoa dan ikhtiar masalah ini segera selesai,” kata mahasiswa Untirta ini.

Bantuan dapat disalurkan melalui melalui transfer via BRI, atas nama: Ahmad Hipni (No.Rek: 4847-01-015580-530). Atau dapat dijemput langsung di rumah para dermawan oleh tim Milenial Banten Berbagi. (*/yogi)

Continue Reading

MEETING

Danramil 0219/Cikande Rapat Bersama PT Nikomas Bahas Pencegahan Covid-19

Published

on

SERANG – Danramil 0219/Cikande Kapten Inf Sudarsono menghadiri rapat bersama dengan PT Nikomas Gemilang membahas upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid19) di Ruang Meeting PT Nikomas Gemilang, Kecamatan Kibin Kabupaten Serang, Banten, Kamis (2/4/20).

Dalam kesempatan tersebut, Danramil Sudarsono mengatakan, akan siap membantu Pemerintah Daerah dan aparat kepolisian khususnya untuk mencegah penyebaram Virus Corona (Covid-19).

“Adanya rapat ini tentunya akan memberikan pemahaman ulang, tentang pentingnya mencegah virus tersebut. Karena untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19, menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama,” ujar Danramil.

Dikatakannya, saat ini Babinsa dari Koramil sudah membantu Kecamatan Kibin, Kecamatan Cikande dan Polsek Cikande dalam penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran Virus Covid-19.

“Saya himbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang, tidak panik, dan patuhi semua kebijakan yang diberikan oleh pemerintah agar kita semua dapat terhindar dari Virus Covid-19,” kata Danramil.

Sementara itu, Humas PT Nikomas, Alek Rahman menyampaikan, saat ini PT Nikomas Gemilang mempunyai sekitar 55.000 karyawan, namun sudah melaksanakan standar keamanan kesehatan untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19.

“Kami dari PT Nikomas telah melakukan sosialisasi, screening suhu tubuh dan hand sanitizer kepada karyawan. Apabila saat dilakukan pemeriksaan ada karyawan yang didapati suhu tubuh diatas 37,3 celsius, maka dari perusahaan akan mengistirahatkan karyawan untuk melakukan konsultasi dengan dokter fasilitas kesehatan dan melakukan Isolasi Mandiri,” ungkap Alek.

Turut hadir dalam acara rapat, Kapolres Serang AKBP Maryono S.I.K., M.S.i, Wakapolres Serang Kompol Agung Cahyono S.I.K., Kapolsek Cikande Kompol RIzki Salatun S.I.K, Camat Kibin Imron Ruhyadi, Camat Cikande Muchamad Agus, Pimpinan PT Nikomas Mr Song, Mr Prince, Mr Rex, Humas PT Nikomas Gemilang Alek, Kades Tambak Ade, SH dan Kades Cijeruk Ahmad. (*/yogi)

Continue Reading

MEETING

Kapolda Banten Pimpin Rakor Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19

Published

on

SERANG – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Irjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso, S.H., M.H., pimpin rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka pelaksanaan Ops Aman Nusa II penanganan Covid-19. Kamis (2/4/2020).

Kegiatan Rakor di laksanakan di ruang posko Roops Polda Banten, turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Tomex Korniawan, Irwasda Polda Banten Kombes Pol Drs. Mulyadi Kaharni M.Si, Karoops Polda Banten Kombes Pol Amiludin Roemtaat S.I.K Danrem 064 Maulana Yusuf Kolonel Infantri Widiyatno dan para PJU Polda Banten.

Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso, S.H., M.H., menyampaikan arahannya bahwa kegiatan rakor tersebut bertujuan untuk memberikan informasi terkait Satuan Tugas Operasi Pusat dalam rangka pelaksanaan Ops Aman Nusa II tentang Penanganan Covid-19 di wilayah hukum Polda Banten.

“Kegiatan rapat koordinasi ini untuk memberikan arahan informasi terkait Satgasopspus dalam rangka pelaksanaan Ops Aman Nusa II Penanganan Covid-19 Tahun 2020,” ujar Agung Sabar Santoso.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata, S.I.K, M.H., menambahkan bahwa dibentuknya Gugus tugas penanganan Covid-19 di Provinsi Banten guna melakukan upaya-upaya preemtif dan preventif sesuai dengan adanya kebijakan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan maklumat Kapolri.

“Upaya preemtif dan preventif akan terus kami lakukan guna memutus rantai penyebaran virus corona (covid-19) sesuai kebijakan pemerintah dan maklumat Kapolri, namun bilamana hal tersebut tidak di indahkan akan kami tindak tegas sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.” ucap Edy Sumardi. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending