Connect with us

EVENT-EXHIBITION

BPPSDMP Gelar Sosialisasi Kostratani di Banten

Published

on

JAKARTA – Cita-cita untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional dan menjadikan Indonesia menjadi negara pengekspor pangan secara nyata dibuktikan pemerintah melalui Kementerian Pertanian. Salah Satu terobosan Kementan dibawah komando Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) adalah Program Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian di Kecamatan atau yang lebih dikenal dengan Kostratani.

Sosialisasi program pun gencar dilakukan Kementan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian atau disingkat BPPSDMP di berbagai provinsi, tak terkecuali Provinsi Banten di Plaza Aspirasi KP3B Serang, Kamis (24/1/2020).

Berikut respon pemerintah daerah Provinsi Banten terhadap program Kostratani dan penjelasan pentingnya Kostratani yang dipaparkan langsung oleh Kabadan PPSDMP, Dedi Nuryamsi.

BUMD Pertanian

Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim mengatakan terlahir dari keluarga sederhana membiasakan dirinya untuk akrab dengan dunia pertanian.

“Indonesia ini negara subur, hanya kita yang harus mengolahnya. Harus dimulai dari skala rumah tangga dimaka ada peternakan ayam, kolam ikan dan tanah yang di tamani sayur-sayuran minimal untuk kebutuhan keluarga sendiri,” ujar Wahidin Halim.

Ia mendukung baik program Kementerian yang membuat sektor pertanian produktif, salah satunya adalah kostratani. Dikatakan olehnya, pemerintah provinsi telah membuat roadmap potensi pertanian di Banten. Tak hanya itu untuk melindungi petani sebagai produsen produk pertanian, pihak Provinsi Banten membuat BUMD Pertanian, sehingga tidak ada lagi tengkulak atau makelar yang membuat petani menjerit.

“Packaging dan labeling produk pertanian Banten pun kami lakukan untuk melindungi dan melestarikan produk pertanian asli Banten. Perbaikan jalan dilakukan untuk mempermudah distribusi produk pertanian, pembukaan kawasan wisata pun dilakukan agar sektor pertanian dapat mensupport kebutuhan pangan seperti kuliner maupun oleh-oleh,” papar Wahidin.

Lebih lanjut Wahidin mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi makro menyebabkan turbulensi besar-besaran dan bergantung pada ekonomi global dan ekonomi dunia. Dan yang bisa bertahan hidup adalah orang-orang yang mengelola sektor pertanian.

“Untuk itu penyuluh pertanian harus bangkit dan mengembalikan jati diri penyuluh sebagai sahabat petani. Petani harus benar-benar ada dan turun ke petani sampai di pelosok untuk mendampingi petani hingga petani dapat mengelola pertanian dari hulu hingga hilir dengan baik, pesan Wahidin.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Dedi Nursyamsi saat acara Sosiliasai Program Kostratani di Serang, Banten, Kamis (22/1/2020).

Pada kesempatan yang sama Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi menjelaskan bahwa Konstratani adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan yang merupakan optimalisasi tugas dan fungsi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) melalui berbagai strategi.

“Diantaranya melalui fasilitasi BPP dengan perlengkapan IT yang memadai, disertai dengan peningkatan kemampuan penyuluh pertanian di bidang IT, sehingga mampu bertahan dan tetap eksis di era industri 4.0,” papar Prof Dedi.

Kostratani, lanjut Dedi merupakan program kerja strategis kementerian pertanian, dimana ujung tombaknya adalah penyuluh pertanian.

“Tujuan Kostratani sendiri ialah untuk pembangunan pertanian yg menyediakan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia, mensejahtrakan petani yg berjumkah 33,1 juta dan mendorong ekspor sebesar-besarnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peningkatan produktivitas pertanian menjadi hasil akhir yang harus dicapai, tambahnya. (*/hendri/yogi)

EVENT-EXHIBITION

Kapolsek Cilegon Sambang dan monitoring Kampung Siaga Covid-19

Published

on

CILEGON – Kopolsek Cilegon Polres Cilegon Polda Banten Kompol H.Jajang Mulyaman, SH. bersama Bhabinkamtibmas Polsek Cilegon melaksanakan giat Sambang ke Kampung Siaga Covid-19 di Perumahan Bumi Rakata Asri Rt.05/07 Kel.Ciwedus Kec.Cilegon Kota Cilegon, Selasa (26/5/2020).

Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar melalui Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana. S.I.K., M.H. mengatakan bahwa monitoring ke tempat Kampung Siaga Covid-19 Dalam rangka memberikan penyuluhan mengenai Pencegahan Penularan COVID-19 serta memastikan Petugas Kampung Siaga atau RT/RW, dan relawan memahami cara penanganan dan dalam kondisi sehat sebelum bertugas di lapangan.

“Dalam sambangnya kapolsek cilegon menghimbau untuk para petugas atau relawan untuk selalu Gunakan pakaian kerja saat bertugas, dengan baju berlengan panjang, wajib menggunakan masker, helm/faceshield, dan sarung tangan,” ujarnya.

Lebih lanjut kapolres mengatakan kapolsek juga mengingatkan untuk masyarakat menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

“Hindari tangan menyentuh area wajah seperti mata, hidung atau mulut, Tetap memperhatikan jarak/physical distancing minimal 1 meter saat berhadapan dengan masyarakat atau rekan kerja pada saat bertugas, dan Apabila kita harus melakukan kontak fisik dengan masyarakat, segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer,” ujarnya.

Kapolres juga menyampaikan personel yang bertugas mengingatkan kepada masyarakat dan petugas saat pulang bertugas jangan langsung bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri (mandi dan mengganti pakaian kerja).

“Tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi gizi seimbang, melakukan aktivitas fisik setiap hari selama 30 menit sehari serta istirahat cukup. Bila perlu konsumsi suplemen tambahan seperti vitamin C,Apabila ada warga karena sakit dengan gejala demam atau batuk/pilek/nyeri tenggorokan/sesak nafas, wajib melaporkan kepada petugas kesehatan/fasilitas pelayanan kesehatan setempat dan dilakukan pemantauan untuk mengetahui keterkaitannya dengan kriteria COVID-19,” imbuhnya.

Sementara itu ditempat berbeda Kabid humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan monitoring kampung SIAGA COVID-19 sangat bagus, sebagai upaya memberikan edukasi kepetugas bagaimana cara penanganan covid-19 serta sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

“Satgas ini berisi para relawan dan linmas yang siap bertanggung jawab selama siaga covid-19, mengedukasi warga tentang Covid-19, menggerakan partisipasi warga untuk siaga, membuat sistem keamanan dan informasi kesehatan warga, pengecekan kesehatan warga, dengan demikian para warga selalu mendapat himbauan terkait informasi mengenai Covid-19,” ujarnya.

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Polres Serang Rombak Beberapa Posisi dan Kapolsek Baros

Published

on

SERANG – Kasat Binmas, Kasat Lantas, Kasat Sabhara, Kasat Polair dan Kapolsek Baros Polres Serang Kota, Polda Banten resmi diserahterimakan dipimpin langsung Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto, S.IK., M.Si., bertempat di Auditorium Osvia Polres Serang Kota, Jumat (22/5/2020).

Prosesi upacara sertijab tersebut dihadiri Wakapolres Serang Kota, para Kabag, Kasat, Kasubbag, para Kapolsek Polres Serang Kota serta Personel Polres Serang Kota dan Polsek jajaran.

Kasat Binmas kini diemban oleh AKP Ahmadi, SH., MM., menggantikan Kompol Markun, SH., yang mendekati masa pensiun, Kasat Sabhara Polres Serang Kota kini diemban oleh AKP Rohmatul Ampri, SH., yang menggantikan AKP Ate Waryadi, SH., yang menempati posisi baru sebagai PS. Kasi SIM Subditregident Ditlantas Polda Banten, Kasat Lantas AKP Gesit Febriatmoko., S.Ik., MM., menggantikan AKP Tesyar Rofaldi Prayitno, S.IK., menempati posisi baru sebagai Kasi Fasmat SBST Subditregident Ditlantas Polda Banten, AKP Olan Banuara kini menjabat sebagai Kasatpolair menggantikan AKP Entang Cahyadi, SH., M.A., jabatan baru Pama Polres Serang Kota dalam rangka Pendidikan Sespimma, Kapolsek Baros kini diemban AKP Ridwan Siahaan, menggantikan AKP Erra Suryaningtyastuti, S.IK., S.SI., yang menempati posisi baru sebagai Kanit 2 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Banten.

Mutasi Jabatan tersebut tertuang dalam surat Telegram Kapolda Banten Nomor: Kep/354/Empat Romawi/2020, tanggal 30 April 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda Banten.

“Pelaksanaan Sertijab pada hari ini merupakan Sertijab pertama yang saya laksanakan setelah menjabat sebagai Kapolres Serang Kota, selain itu seperti telah kita saksikan bersama bahwa pelaksanaan Sertijab pada hari ini juga lain dari biasanya dimana keseluruhannya mengacu pada kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19, sesuai dengan surat telagram Kapolri Nomor ST/1143/IV/Kep/2020 tanggal 8 April 2020 tentang Prosedur pelaksanaan Sertijab,”tutur Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto, S.IK., M.Si., saat sambutan.

Lebih lanjut AKBP Yunus mengajak kepada seluruh personel Polres Serang Kota untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Mari kita bersama mencegah penyebaran covid-19 ini dimana sampai saat ini belum ditemukan vaksin khusus untuk mengobatinya,”ujarnya.

“Kepada pejabat lama saya atas nama pribadi dan selaku pimpinan Polres Serang Kota menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas dedikasi dan pengabdian yang telah diberikan selama bertugas di Polres Serang Kota serta selamat menjalankan tugas ditempat yang baru, saya merasa bangga karena seluruhnya mengemban amanah ini dengan baik,”imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Kapolres Serang Kota mengucapkan “Selamat datang” kepada pejabat baru,”selamat atas kepercayaan yang diberikan pimpinan untuk mengemban tugas-tugas baru dijajaran Polres Serang kota.

“Saya yakin dan percaya dengan bekal pengalaman yang telah saudara saudara miliki pada penugasan sebelumnya, saudara akan mampu melaksanakan tugas dengan baik,”ucapnya.

“segera jalin hubungan ke instansi-instansi pemerintah, para tokoh agama dan tokoh masyarakat agar bisa mendukung pelaksanaan tugas kita bersama sama menciptakan situasi kamtibmas yg kondusif di wilayah hukum Polres Serang Kota,”ujarnya.

“Pada kesempatan ini, Semoga Allah SWT, Tuhan  Yang Maha Esa senantiasa menganugerahkan petunjuk dan bimbingannya dalam pengabdian kita kepada masyarakat bangsa dan negara”. Ujar Kapolres mengakhiri sambutannya.

Usai melaksanakan sertijab, para pejabat baru dan Lama mendapatkan ucapan selamat dari Kapolres serang Kota, Wakapolres Serang Kota, para Pejabat Utama, para Kapolsek, dan Personel Polres Serang kota. (TP/HUMAS).

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Tim Jum’at Barokah Polda Banten bersama TNI dan Komunitas Pajero Indonesia Club (PIC) Kembali Bagikan Paket sembako

Published

on

SERANG – Peduli masyarakat yang terdampak pandemi covid-19, Komunitas Pajero Indonesia Club (PIC) Banten bersama Tim Jum’at Barokah Polda Banten dan TNI berikan paket sembako kepada masyarakat di Link Kubang Kemiri , Kecamatan Sukawana, Kecamatan Serang, Rabu (20/05/2020).

Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar melalui Kabid humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menyatakan kegiatan ini akan terus di galakan Polda Banten sebagai bukti kepedulian Polri terhadap masyarakat dan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

” Dengan bakti sosial ini merupakan kegiatan rutin Tim Jum’at Barokah Polda Banten yang bertujuan membantu masyarakat yang tidak mampu maupun masyarakat yang terkena dampak pandemik Corona (Covid-19),” ujarnya.

Edy Sumardi menjelaskan
Bakti sosial ini merupakan salah satu wujud peduli kami terhadap masyarakat yang terkena imbas dari pandemik Corona.

“Pandemi ini menyebabkan perekonomian yang menurun. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban hidup bagi masyarakat yang tidak mampu maupun masyarakat yang terkena imbas dari pandemik Corona ini,” jelasnya.

Edy Sumardi juga menambahkan pihaknya ingin berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. “Dan semoga ini bisa menjadi contoh kegiatan yang baik di masyarakat dan mudah-mudahan bisa diikuti oleh perangkat desa setempat untuk menggerakkan orang-orang yang lebih di daerahnya untuk bisa peduli dan berbagi kepada sesama,” tambahnya.

Ketua Pajero Indonesia Club (PIC) Banten, Mukti Ali lebih menerangkan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk rasa peduli terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Semoga dengan kegiatan ini kami dapat meringankan masyarakat yang terdampak pandemi covid-19,” terangnya.

Sementara itu Ibu Rodiah Warga Link Kubang Kemiri (50) mengucapkan terimakasih atas bantuan yang sudah diberikan kepadanya.

“Terimakasih bantuannya pak Polisi, ini sangat bermanfaat buat saya dan keluarga. Semoga Allah membalas semua kebaikan bapak Polisi dan semuanya,” ucapnya. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending