Connect with us

CONFERENCE

BPJS Ketenagakerjaan Raih 2 Penghargaan Internasional

Published

on

TANGERANG – BPJS Ketenagakerjaan berhasil meraih dua penghargaan tertinggi dari International Social Security Association (ISSA). Penghargaan tersebut diraih pada pertemuan institusi jaminan sosial sedunia (World Social Security Forum /WSSF) di Brussels, Belgia.

Dihadiri 152 negara, BPJS Ketenagakerjaan meraih penghargaan dalam hal pengembangan dan pemanfaatan Sistem Teknologi Informasi (TI) dan pelaksanaan program Return to Work (RTW) program.

Dalam hal ini, BPJS Ketenagakerjaan merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia dari tujuh penerima pengharagaan ISSA. Selain itu BPJS Ketenagakerjaan menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia, dari 7 (tujuh) penerima penghargaan dari ISSA pada kegiatan tersebut.

Marcelo Abi-Ramia Caetano, Sekretaris Jenderal ISSA menyatakan, sistem IT dan program RTW BPJS Ketenagakerjaan telah berhasil memenuhi semua aspek Guidelines yang ditentukan oleh ISSA, bahkan memberikan masukan yang krusial bagi ISSA untuk penyempurnaan Guidelines dimaksud.

Seremonial pemberian penghargaan ISSA ini disaksikan langsung oleh lebih dari 1.000 delegasi WSSF yang merupakan perwakilan dari lebih dari 300 institusi jaminan sosial yang berasal dari 152 negara. Pertemuan WSSF berlangsung sejak tanggal 14 s/d 18 Oktober 2019 dan dihadiri oleh menteri dan petinggi jaminan sosial sedunia.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, berharap apresiasi ini menjadi penyemangat dan motivasi bagi insan BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia.

“Penghargaan ini sangat spesial, karena lembaga jaminan sosial di Indonesia baru pertama kali menerima penghargaan setingkat ISSA Certificate of Excellence dan pertama kali juga sebuah lembaga langsung sekaligus mendapatkan 2 (dua) award, untuk ICT dan RTW. Tentunya ini berkat kerja cerdas dan keras semua pegawai yang didukung oleh semua stakeholder kami,” ujar Agus.

Agus menjelaskan, kunci pengembangan sistem TI BPJS Ketenagakerjaan adalah berusaha mengoptimalkan kapasitas internal dalam mengembangkan sistem TI yang handal, namun tetap efisien dan memenuhi standar keamanan yang baik. Pengembangan TI oleh internal BPJS Ketenagakerjaan juga berdampak pada sistem TI yang lebih fleksibel sehingga dapat lebih tanggap menghadapi berbagai tantangan di lapangan.

“Berbagai inovasi yang dikembangkan BPJS Ketenagakerjaan seperti sistem keagenan PERISAI, aplikasi mobile BPJSTKU, hingga antrian online untuk Klaim JHT dapat berjalan baik berkat dukungan sistem TI yang mumpuni”, kata Agus.

Sedangkan pelaksanaan progran RTW dari BPJS Ketenagakerjaan telah mengalami perkembangan pesat, dengan jumlah pekerja korban kecelakaan kerja yang telah bekerja kembali mencapai 583 orang.

“Hal ini tercapai berkat sistem tata kelola RTW yang terencana dengan baik, dengan dukungan personil case manager yang bekerja tidak hanya mengandalkan profesionalitas saja namun juga mengedepankan empati. Juga berkat kerjasama kami dengan 7.417 rumah sakit yang berperan sebagai Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) dan perusahaan peserta kami di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Menurut Agus, dua Penghargaan ini menjadi bukti bagi dunia bahwa pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia yang telah sesuai, bahkan diatas standar Internasional.

“Penghargaan ini juga memicu kami untuk terus berusaha lebih baik lagi dalam melindungi dan memberikan kemudahan pelayanan kepada seluruh masyarakat pekerja Indonesia,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Batu Ceper Ferry Yuniawan beterima kasih atas peran serta para pekerja dan perushaan yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Ini membuktikan kalau sistem IT dan program RTW BPJS Ketenagakerjaan telah berhasil memenuhi semua aspek panduan yang ditentukan oleh ISSA.

“Sekali lagi tujuan utama dari BPJS Ketenakerjaan tentunya adalah memberikan jaminan dan perlindungan sosial bagi pekerja di seluruh Indonesia. Melalui berbagai programnya, BPJS Ketenagakerjaan berusaha memberi kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Dengan adanya jaminan dan perlindungan sosial, tentunya para pekerja juga akan lebih merasa ‘aman’ dan tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Resiko yang mungkin terjadi saat bekerja seperti sakit, pemutusan hubungan kerja, kecelakaan kerja, pensiun, hingga kematian bisa menjadi lebih ringan jika kita mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” imbuh Ferry. (*/kb/ygi)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CONFERENCE

Sambut HUT RI Ke-75, Lapas Kelas I Tangerang Gelar Pekan Olahraga dan Seni

Published

on

CILEGON – Menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang memantapkan rencana kegiatannya untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Bertempat di Lapangan Lapas Olahraga Kelas I Tangerang, Kegiatan ini ditandai dengan upacara pmbukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (11/08/2020).

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Kelas 1 Tangerang, Jumadi. Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon yang ke udara. Berbagai pertandingan dan perlombaan yang akan diselenggarakan, diantaranya futsal, basket, volly, tenis meja, catur, tarik tambang, balap karung, ngamen 17-an, melukis, dekorasi gapura dan kebersihan blok.
 
Kepala Lapas Kelas I Tangerang, Jumadi menyampaikan bahwa pertandingan dan perlombaan untuk warga binaan ini sudah mulai digelar.

“Jadi kepada seluruh pegawai dimohon untuk saling bekerja sama menyukseskan acara ini sesuai dengan apa yang telah diperintahkan,” tutur Kalapas.

Kalapas juga berpesan kepada WBP untuk aktif berpartisipasi dan semangat dalam mengikuti kegiatan ini.

“Saatnya berpikir positif untuk memajukan pemasyarakatan, utamakan sportifitas serta jaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung, utanakan kekompakan bukan hanya kemenangan,” tambahnya.
 
Usai pelaksanaan upacara, rangkaian pertandingan pun mulai dilakukan dengan menggelar pertandingan futsal antara Blok F melawan Blok C yang secara simbolis diawali dengan tendangan penalty dari Kalapas Kelas 1 Tangerang.

Pertandingan berlangsung penuh keseruan, ditonton oleh Kalapas dan Pegawai, serta Warga Binaan Lapas Kelas 1 Tangerang berakhir dengan skor 8-5 untuk kemenangan Blok F. Kemudian dilanjutkan dengan perlombaan yang lainnya. (*/yogi)

Continue Reading

CONFERENCE

Maksimalkan Layanan Di Masa Pandemi, Lapas Cilegon Launching Layanan Drive Thru

Published

on

CILEGON – Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon terus melakukan beragam inovasi ditengah Pandemi Covid-19, Salah satunya dengan Meluncurkan Drive Thru Lapas Cilegon atau Lagoon Moda.

Kakanwil Kemenkumham Banten R. Andika Dwi Prasetya (kiri) didampingi Kalapas kelas IIA Cilegon Masjuno (kanan) saat press conference, Senin (10/8/2020).

Bertempat di Gerbang Utama Lapas Cilegon, Peluncuran Layanan Kunjungan dipimpin Langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Banten R. Andika Dwi Prasetya, serta diikuti oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala Lapas Cilegon, Kepala Lapas Rangkasbitung, Kepala Lapas Serang, Kepala Rupbasan Serang, Kepala Rutan Serang, Kepala Rutan Pandeglang, Kepala Imigrasi Cilegon, Kepala Imigrasi Serang, dan para keluarga Warga Binaan.

Mengawali sambutan serta Laporan, Kepala Lapas Cilegon Masjuno menyampaikan bahwa kali ini pihaknya sengaja mengundang untuk acara launching produk layanan kunjungan Drive Thru Lapas Cilegon.

“Sesuai dengan arahan pimpinan, Kita harus tetap produktif melayani masyarakat ditengah pandemi covid-19. Kita harus menggeliat. Dan alhamdulilah hari ini kami memohon restu dan petunjung Kakanwil Kemenkumham Banten untuk meresmikan layanan kunjungan drive thru Lagoon Moda,” ungkap Kalapas. Senin (10/08)/2020.

Lanjutnya, Kalapas berharap dengan adanya Lagoon Moda ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya keluarga warga binaan yang berkunjung.

“Untuk kepentinga Zona Integritas, Ini juga menjadi layanan khusus, Ini kita sudah uji lapangan sejak tanggal 5, bersama Ombudsman, BPKP dan BPS Kota Cilegon. Kami juga mengundang konsultan dari rekanan di luar untuk senantiasa sharing dengan kami,” tambahnya.

Sementara itu, dalam paparannya Kakanwil Kemenkumham Banten R. Andika Dwi Prasetya mengapresiasi Lapas Cilegon karena Terus berinovasi meski di tengah Pandemi.

“Alhamdulilah hari ini kita menyaksikan bentuk karya dari Lapas Cilegon. Ini wujud pengabdian kepada bangsa dan negara,” ujar Kakanwil.

Masih kata Kakanwil, “Kita semua hadir di tempat ini dalam rangka menyaksikan satu karya pelayanan dari lapas Cilegon untuk masyarakat. Khusus nya keluarga warga binaan yang akan mengunjungi keluarga nya yang sedang menjalani masa pidana di Lapas Cilegon,” kata Kakanwil.

Kakanwil menegaskan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan pikiran untuk masyarakat agar mendapat kemudahan dan mendapatkan pelayanan yang terbaik. (yogi)

Continue Reading

CONFERENCE

Pagi Tadi, Syafrudin Lepas Dua Sekaligus Acara Fun Bike

Published

on

SERANG – Pagi tadi, Wali Kota Serang Syafrudin melepas dua kegiatan sekaligus Fun Bike yang diadakan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Kota Serang di Alun-alun, Barat dan Sepeda Jelajah Wisata Banten (Sejabat-9) yang diadakan di kantor Radar Banten, Sabtu (8/8/2020).

Dalam sambutannya, Syafrudin mengucapkan bahwa, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mengapresiasi dengan kegiatan ini.

“Saya mengucapkan selamat bergoes pada hari ini, mudah-mudahan bapak dan ibu dalam keadaan sehat semua,” kata Syafrudin.

Kemudian, dia juga memberikan himbauan dimasa pandemi Covid-19 ini, agar tetap menjaga protokol kesehatan.

“Tetap jaga kesehatan dan perhatian protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak dan lain sebagainya. Mudah-mudahan kita semua sehat walafiat dan virus Corona segera berakhir,” ucapnya.

Diketahui, pada acara Fun Bike yang diadakan di Alun-alun Barat Kota Serang dihadiri juga anggota DPR RI Komisi VIII fraksi PAN, Yandri Susanto. Kemudian, pada acara Fun Bike yang kedua dihadiri juga anggota Komisi V DPR RI fraksi Golkar Tb Haerul Jaman. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending