Connect with us

CONFERENCE

BPJAMSOSTEK Gencarkan Pelatihan Vokasi di Setiap Daerah

Published

on

SERANG – BPJAMSOSTEK kembali gencar melakukan sosialisasi masif terkait pelatihan vokasi yang secara resmi telah dilaksanakan sejak September 2019. Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kompetensi dan daya saing pekerja Indonesia sehingga selaras dengan salah satu prioritas kerja pemerintah, yaitu pembangunan sumber daya manusia.

Direktur Pelayanan BPJAMSOSTEK Khrisna Syarif menjelaskan, selama masa piloting, pelatihan ini mendapatkan respons positif dari para pekerja di mana tercatat 5.321 peserta yang telah mendaftar. Dengan menggandeng 54 Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), BPJAMSOSTEK berhasil melatih 2.963 peserta dengan persentase kelulusan 88.62 persen dan sudah tersertifikasi. “Saat ini BPJAMSOSTEK akan memberdayakan seluruh Kantor Cabang untuk pelaksanaan pelatihan vokasi di wilayah masing-masing,” kata Khrisna usai membuka acara sosialisasi vokasi di Cikande, Kabupaten Serang Senin (16/3/2020).

Melalui Vokasi Indonesia Bekerja ini, lanjut dia, BPJAMSOSTEK akan mendampingi pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan putus kontrak untuk selanjutnya melakukan reskilling maupun upskilling sehingga mampu bekerja kembali atau menjadi pengusaha dan menciptakan lapangan kerja baru.

Khrisna menuturkan, di tahun 2020 BPJAMSOSTEK berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pada seluruh aspek pendukung pelatihan vokasi. Salah satunya dengan perluasan kriteria peserta, serta sinergi bersama Pemerintah terkait kolaborasi dengan BLK Pemerintah seperti Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK), UPTD dan lainnya.

Partisipasi swasta saat ini sangat penting sebagai stakeholder BPJAMSOSTEK untuk memperluas jangkauan pelatihan ke pelosok dan meningkatkan kapasitas peserta pelatihan vokasi sehingga dapat merambah di seluruh propinsi, ke tiap kota hingga tiap kecamatan dan di pedesaan.

BPJAMSOSTEK juga terus mendorong para peserta untuk mendaftar dalam pelatihan vokasi yang dapat dilakukan melalui kantor cabang terdekat atau kanal digital sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi bagi calon peserta yaitu Warga Negara Indonesia dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid; merupakan peserta terdaftar di BPJAMSOSTEK dengan masa iur minimal 12 bulan; mengalami PHK atau putus kontrak; telah berhenti bekerja minimal satu bulan dan maksimal 24 bulan. Peserta hanya diperbolehkan mendapatkan latihan vokasi sebanyak satu kali.

Sedangkan untuk LPK juga dihimbau segera mendaftar dengan melakukan Ikatan Kerja Sama (IKS) dengan Kantor Cabang BPJAMSOSTEK dengan memenuhi beberapa syarat diantaranya memiliki izin operasional; terakreditasi oleh Dinas Ketenagakerjaan setempat, memiliki minimal dua jenis modul pelatihan; telah beroperasi minimal enam bulan; dan melengkapi dengan uji sertifikasi dari BNSP untuk standarisasi mutu bagi peserta.

BPJAMSOSTEK kini sedang melakukan pengembangan ekosistem vokasi dari hulu hingga hilir agar kesempatan bagi peserta vokasi dapat lebih baik. Salah satunya dengan mempersiapkan konsep bapak ssuh yaitu melibatkan pengusaha atau tokoh filantropi untuk mendampingi peserta vokasi hingga mampu menjadi pengusaha mandiri maupun menerima untuk pemagangan.

BPJAMSOSTEK berharap dapat bekerja sama dengan LPK, BUMN dan perusahaan sebagai bapak asuh, fintech, perbankan nasional, dan seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan ekosistem vokasi yang lebih baik. (*/yogi)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CONFERENCE

Sambut HUT RI Ke-75, Lapas Kelas I Tangerang Gelar Pekan Olahraga dan Seni

Published

on

CILEGON – Menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang memantapkan rencana kegiatannya untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Bertempat di Lapangan Lapas Olahraga Kelas I Tangerang, Kegiatan ini ditandai dengan upacara pmbukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (11/08/2020).

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Kelas 1 Tangerang, Jumadi. Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon yang ke udara. Berbagai pertandingan dan perlombaan yang akan diselenggarakan, diantaranya futsal, basket, volly, tenis meja, catur, tarik tambang, balap karung, ngamen 17-an, melukis, dekorasi gapura dan kebersihan blok.
 
Kepala Lapas Kelas I Tangerang, Jumadi menyampaikan bahwa pertandingan dan perlombaan untuk warga binaan ini sudah mulai digelar.

“Jadi kepada seluruh pegawai dimohon untuk saling bekerja sama menyukseskan acara ini sesuai dengan apa yang telah diperintahkan,” tutur Kalapas.

Kalapas juga berpesan kepada WBP untuk aktif berpartisipasi dan semangat dalam mengikuti kegiatan ini.

“Saatnya berpikir positif untuk memajukan pemasyarakatan, utamakan sportifitas serta jaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung, utanakan kekompakan bukan hanya kemenangan,” tambahnya.
 
Usai pelaksanaan upacara, rangkaian pertandingan pun mulai dilakukan dengan menggelar pertandingan futsal antara Blok F melawan Blok C yang secara simbolis diawali dengan tendangan penalty dari Kalapas Kelas 1 Tangerang.

Pertandingan berlangsung penuh keseruan, ditonton oleh Kalapas dan Pegawai, serta Warga Binaan Lapas Kelas 1 Tangerang berakhir dengan skor 8-5 untuk kemenangan Blok F. Kemudian dilanjutkan dengan perlombaan yang lainnya. (*/yogi)

Continue Reading

CONFERENCE

Maksimalkan Layanan Di Masa Pandemi, Lapas Cilegon Launching Layanan Drive Thru

Published

on

CILEGON – Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon terus melakukan beragam inovasi ditengah Pandemi Covid-19, Salah satunya dengan Meluncurkan Drive Thru Lapas Cilegon atau Lagoon Moda.

Kakanwil Kemenkumham Banten R. Andika Dwi Prasetya (kiri) didampingi Kalapas kelas IIA Cilegon Masjuno (kanan) saat press conference, Senin (10/8/2020).

Bertempat di Gerbang Utama Lapas Cilegon, Peluncuran Layanan Kunjungan dipimpin Langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Banten R. Andika Dwi Prasetya, serta diikuti oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala Lapas Cilegon, Kepala Lapas Rangkasbitung, Kepala Lapas Serang, Kepala Rupbasan Serang, Kepala Rutan Serang, Kepala Rutan Pandeglang, Kepala Imigrasi Cilegon, Kepala Imigrasi Serang, dan para keluarga Warga Binaan.

Mengawali sambutan serta Laporan, Kepala Lapas Cilegon Masjuno menyampaikan bahwa kali ini pihaknya sengaja mengundang untuk acara launching produk layanan kunjungan Drive Thru Lapas Cilegon.

“Sesuai dengan arahan pimpinan, Kita harus tetap produktif melayani masyarakat ditengah pandemi covid-19. Kita harus menggeliat. Dan alhamdulilah hari ini kami memohon restu dan petunjung Kakanwil Kemenkumham Banten untuk meresmikan layanan kunjungan drive thru Lagoon Moda,” ungkap Kalapas. Senin (10/08)/2020.

Lanjutnya, Kalapas berharap dengan adanya Lagoon Moda ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya keluarga warga binaan yang berkunjung.

“Untuk kepentinga Zona Integritas, Ini juga menjadi layanan khusus, Ini kita sudah uji lapangan sejak tanggal 5, bersama Ombudsman, BPKP dan BPS Kota Cilegon. Kami juga mengundang konsultan dari rekanan di luar untuk senantiasa sharing dengan kami,” tambahnya.

Sementara itu, dalam paparannya Kakanwil Kemenkumham Banten R. Andika Dwi Prasetya mengapresiasi Lapas Cilegon karena Terus berinovasi meski di tengah Pandemi.

“Alhamdulilah hari ini kita menyaksikan bentuk karya dari Lapas Cilegon. Ini wujud pengabdian kepada bangsa dan negara,” ujar Kakanwil.

Masih kata Kakanwil, “Kita semua hadir di tempat ini dalam rangka menyaksikan satu karya pelayanan dari lapas Cilegon untuk masyarakat. Khusus nya keluarga warga binaan yang akan mengunjungi keluarga nya yang sedang menjalani masa pidana di Lapas Cilegon,” kata Kakanwil.

Kakanwil menegaskan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan pikiran untuk masyarakat agar mendapat kemudahan dan mendapatkan pelayanan yang terbaik. (yogi)

Continue Reading

CONFERENCE

Pagi Tadi, Syafrudin Lepas Dua Sekaligus Acara Fun Bike

Published

on

SERANG – Pagi tadi, Wali Kota Serang Syafrudin melepas dua kegiatan sekaligus Fun Bike yang diadakan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Kota Serang di Alun-alun, Barat dan Sepeda Jelajah Wisata Banten (Sejabat-9) yang diadakan di kantor Radar Banten, Sabtu (8/8/2020).

Dalam sambutannya, Syafrudin mengucapkan bahwa, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mengapresiasi dengan kegiatan ini.

“Saya mengucapkan selamat bergoes pada hari ini, mudah-mudahan bapak dan ibu dalam keadaan sehat semua,” kata Syafrudin.

Kemudian, dia juga memberikan himbauan dimasa pandemi Covid-19 ini, agar tetap menjaga protokol kesehatan.

“Tetap jaga kesehatan dan perhatian protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak dan lain sebagainya. Mudah-mudahan kita semua sehat walafiat dan virus Corona segera berakhir,” ucapnya.

Diketahui, pada acara Fun Bike yang diadakan di Alun-alun Barat Kota Serang dihadiri juga anggota DPR RI Komisi VIII fraksi PAN, Yandri Susanto. Kemudian, pada acara Fun Bike yang kedua dihadiri juga anggota Komisi V DPR RI fraksi Golkar Tb Haerul Jaman. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending