Connect with us

INFO EVENT

Bank Banten Dukung Program Penyetoran Pajak SP2D Online

Published

on

JAKARTA – PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) sebagai bank milik Pemerintah Provinsi Banten yang bekerja sama dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten mendapatkan kesempatan untuk menghadiri Kick Off Meeting Uji Coba Penyetoran Pajak ke Kas Negara yang Terintegrasi dengan Pencairan Belanja Daerah (SP2D Online), Jakarta (29/1/2020).

Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI tersebut dihadiri Direktur Bank Banten Jaja Jarkasih, Direktur Pengelolaan Kas Negara Didyk Choiroel, Direktur Jenderal Perbendaharaan Andin Hadiyanto, dan Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo. Hadir pula dalam kesempatan tersebut para Direksi dari 26 Bank Pembangunan Daerah lainnya, 3 Bank Himbara dan 2 Bank Swasta yang memenuhi persyaratan sebagai Bank Persepsi yang mengelola Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan diijinkan melakukan kegiatan jasa atau layanan Cash Management System (CMS).

Menurut arahan yang disampaikan oleh Dirjen Perbendaharaan Andin Hadiyanto, sebagai alat dalam membangun bangsa dan mensejahterakan masyarakat, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) harus diupayakan semaksimal mungkin untuk dicukupi dari penerimaan Negara. Jumlah Belanja Negara dalam Postur APBN 2020 sebesar 2.540,4 triliun yang terdiri dari Belanja Pemerintah Pusat sebesar 1.683,5 triliun dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa berjumlah 856,9 triliun. Jumlah belanja negara tersebut dibiayai dari pendapatan negara sebesar 2.233,2 triliun, dan penerimaan perpajakan menyumbang 83,5 persen dari total pendapatan Negara.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bank Banten telah menerapkan SP2D online untuk mendukung program Pemerintah dalam upaya meningkatkan pengelolaan keuangan daerah. “Bank Banten sudah bekerja sama dengan BPKAD Provinsi Banten sejak 2018 untuk menerapkan SP2D Online. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung terwujudnya good governance dan clean government dalam penyelenggaraan otonomi daerah,” jelas Direktur Bank Banten Jaja Jarkasih.

Penyetoran Pajak ke Kas Negara yang Terintegrasi dengan Pencairan Dana Belanja Daerah (SP2D Online) akan memberikan manfaat lebih dari sisi akselerasi penerimaan negara dan peningkatan kanal elektronik. Hal tersebut akan membuat pencairan belanja daerah menjadi lebih cepat, realtime dan online serta menghindari keterlambatan penyetoran pajak. Penggunaan sistem elektronik akan meningkatkan transaksi non tunai dan mempercepat penerapan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah sehingga dapat meningkatkan tata kelola keuangan daerah.

SP2D Online juga merupakan upaya modernisasi sistem penerimaan negara yang memenuhi tiga tuntutan modernisasi sistem penerimaan negara yaitu sisi ketepatan waktu, kemudahan bagi penyetor dan adaptasi perubahan teknologi informasi. (*/yogi)

CONFERENCE

Tangkal Pemberitaan Negatif, PHRI Siap Gelar FFPAC

Published

on

ANYER – Untuk menangkal dampak negatif pemberitaan aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau (GAK) terhadap pariwisata Anyer dan Cinangka, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) BPC Kabupaten Serang siap menggelar ajang Festival Film Pendek Anyer-Cinangka (FFPAC) 2020.

Rencana tersebut dicetuskan dan dimatangkan dalam rapat bulanan pengurus PHRI Kab. Serang di Hotel Aston Anyer, Jumat (14/2/2020). Rapat juga diisi presentasi MW Fauzi dari Pas Media Group selaku event organizer FFPAC 2020.

Menurut Fauzi, sejak musibah runtuhnya tebing GAK yang mengakibatkan tsunami di beberapa daerah di pesisir Selat Sunda Desember 2018, industri pariwisata Anyer dan Cinangka belum pulih sepenuhnya. Hal itu ditandai dengan masih rendahnya tingkat hunian hotel maupun tingkat kunjungan wisatawan, terutama di hari-hari biasa.

“Apalagi setiap kali ada berita aktivitas GAK tayang di berbagai media massa, masyarakat terlihat betul traumatiknya. Saya mencermati hal itu antara lain melalui share berita di grup-grup WA dan status netizen di medsos . Ternyata banyak warga, bahkan termasuk warga Banten sendiri, yang merasa trauma tsunami kembali terjadi,” papar Fauzi.

Padahal menurut Fauzi, selain Anyer tak terdampak langsung oleh tsunami Desember 2018 lalu, aktivitas vulkanik GAK pun kini telah jauh mereda. “Jadi yang harus digaungkan kepada masyarakat adalah bahwa Anyer-Cinangka kondisinya aman. Ayo berwisata lagi ke Anyer-Cinangka. Pesan inilah yang kami usung di ajang FFPAC 2020,” ujar Ketua Bidang Seni Budaya & Pariwisata PWI Banten tersebut.

PHRI Kab. Serang menyambut baik rencana ajang FFPAC 2020 tersebut. Seperti dituturkan ketuanya, Suherman, pemberitaan beragam kegiatan dalam tahapan pelaksanaan FFPAC 2020 diharapkan mampu menangkal dampak negatif dari pemberitaan aktivitas vulkanik GAK.

“Apalagi ajang FFPAC 2020 ini dilaksanakan dalam durasi yang cukup panjang. Selain itu sasaran peserta dan penontonnya pun nanti lintas daerah dan lintas kalangan,” ujar Suherman.

FFPAC direncanakan akan diluncurkan awal Maret 2020. Yang unik, dalam ajang ini peserta bisa syuting atau mengambil gambar di hotel-hotel sepanjang Anyer-Cinangka yang menjadi pendukung acara. Film bergenre bebas mulai dari komedi, drama, inspirasi, hingga dokumenter. Film berdurasi 5 hingga 10 menit. Hadiah yang disiapkan cukup menggiurkan yakni uang tunai senilai total 20 juta rupiah dan voucher kamar hotel senilai total 30 juta rupiah. (*/bey/yogi)

Continue Reading

INCENTIVE

Mau ke Ujung Kulon? Ini Panduannya!

Published

on

SERANG – Paket wisata Pantai Tanjung Lesung bisa menjadi alternatif berlibur bagi kamu warga Banten dan sekitarnya. Tanjung Lesung merupakan pantai yang terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kawasan Tanjung Lesung dikembangkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus sejak tahun 2012 dan resmi beroperasi sejak 23 Febuari 2015. Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung memiliki luas area 1.500 Ha dengan potensi pariwisata yang beragam, antara lain keindahan alam pantai, keragaman flora dan fauna serta kekayaan budaya yang eksotis.

Potensialnya Tanjung Lesung sebagai kawasan wisata membuat banyak pihak menawarkan paket wisata Pantai Tanjung Lesung. Selain itu, Tanjung Lesung juga menjadi titik masuk bagi wisatawan yang akan mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon dan Pulau Krakatau.

Paket wisata Pantai Tanjung Lesung yang ditawarkan pun beragam, mulai dari harga, kegiatan, hingga destinasi. Memilih paket wisata Pantai Tanjung Lesung bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang berencana liburan dengan waktu dan dana terencana.

Paket wisata Pantai Tanjung Lesung biasanya berisi akomodasi dari titik pertemuan, transportasi, makanan, penginapan, hingga tiket masuk objek wisata. Bukan hanya menawarkan destinasi di Pantai Tanjung Lesung, melainkan wisata di sekitarnya seperti Ujung Kulon dan Krakatau sangat menarik untuk dikunjungi.

Berikut paket wisata Pantai Tanjung Lesung yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/1/2020):

Mengenal Wisata Pantai Tanjung Lesung

Paket Wisata Pantai Tanjung Lesung
Wisata Pantai Tanjung Lesung merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang memiliki luas area 1.500 hektar dengan potensi pariwisata yang beragam. Mulai dari keindahan alam pantai, keragaman floran dan fauna, serta kekayaan budaya eksotis,

Sesuai dengan namanya, Pantai Tanjung Lesung memiliki bentuk dataran pantai wilayah yang menjorok ke laut mirip lesung. Pantai Tanjung Lesung menawarkan keindahan pantai pasir putih dengan hamparan laut biru menenangkan.

Menurut, Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus RI, selama tahun 2016 tercatat jumlah kunjungan wisatawan mencapai 570.000 orang dan ditargetkan meningkat hingga 6,1 juta wisatawan saat beroperasi penuh pada 2020.

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan Pantai Tanjung Lesung yang pastinya menyengangkan. Selain itu, fasilitasnya juga sangat lengkap mulai dari hotel, beach club, diving centre, pusat kebudayaan Mongolia dan lapangan golf yang dibangun oleh sebuah perusahaan swasta.

Keunggulan Wisata Pantai Tanjung Lesung
Paket wisata pantai Tanjung Lesung wajib kamu kunjungi ketika sedang ke Banten dan sekitarnya. Tanjung Lesung merupakan salah satu pantai yang ada di Banten yang menduduki peringkat kedua di antara sepuluh negara teratas dengan pantai terpanjang di dunia.

Tak heran, ada banyak tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat di sini. Berikut beberapa keunggulan yang ada di Pantai Tanjung Lesung:

Pasir Pantai Sangat Lembut
Layaknya pantai-pantai di kawasan Banten lainnya, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang mewah. Kamu dapat menemukan karakter pasir yang bersih dengan hiasan sempurna dari air laut yang terlihat jernih.

Pemandangannya Sangat Indah
Pantai ini memiliki luas sekitar 1.500 hektar dengan lokasi yang cukup tersembunyi, menjadikan pantai ini sangat memukau dan istimewa. Salah satu kondisi pantai yang bakal kamu rasakan di pantai ini adalah ketenangan dan kedamaian. Tak heran kalau Pantai Tanjung Lesung mendapat julukan sebagai surga yang tersembunyi.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Tanjung Lesung

Snorkeling dan Menyelam
Paket wisata Pantai Tanjung Lesung menawarkan pemandangan laut yang tak kalah menakjubkan dengan jajaran pantai lain di Indonesia. Dengan kegiatan snorkeling, kamu dapat menikmati keindahan biota laut yang beraneka ragam.

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan kapal Belanda yang karam di wilayah ini. Aktivitas menyelam ini tersedia bagi pemula maupun penyelam profesional.

Menikmati Atraksi Kebudayaan
Jika beruntung, kamu juga dapat menikmati aksi pertunjukkan kebudayaan setempat. Salah satu pertunjukkan yang paling fenomenal adalah atraksi tarian api. Masih banyak atraksi dan acara lainnya untuk menarik pengunjung berlibur ke Pantai Tanjung Lesung.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Tanjung Lesung

Mengunjungi Pusat Kebudayaan Mongolia
Paket wisata Pantai Tanjung Lesung selanjutnya yang bisa dinikmati adalah mengunjungi pusat kebudayaan Mongolia. Pusat Kebudayaan Mongolia resmi dibuka di KEK Tanjung Lesung sejak April 2017.

Pusat Kebudayaan Mongolia didesain langsung oleh arsitek asal Mongol. Di sini kamu dapat merasakan kehidupan ala Mongol yang sebenarnya. Terdapat GER, tenda khas Mongol yang identik dengan kehidupan nomadik yang diimpor khusus dari negeri asalnya.

Selain dapat merasakan sensasi bermukim di dalam GER, di sini kamu juga bisa menikmati dan mempelajari kebudayaan unik Mongol, mulai dari berkuda, memanah, bermain ankle bones games yang disebut Shagai, hingga mencicipi kuliner otentik.

Mengunjungi Kampung Baduy
Paket wisata Pantai Tanjung Lesung selanjutnya adalah mengunjungi Kampung Baduy. Suku Baduy merupakan kelompok etnis masyarakat adat suku Banten di wilayah Kabupaten Lebak, Banten.

Populasi mereka sekitar 26.000 orang, dan Suku Baduy merupakan salah satu suku yang mengisolasi diri mereka dari dunia luar. Mengunjungi Kampung Baduy akan memberi pengalaman liburan tak terlupakan. Suasana di kampung ini begitu alami dan jauh dari pengaruh modernisasi.

Perjalanan ke Krakatau
Tak cuma menikmati Pantai Tanjung Lesung, pengunjung juga bisa melanjutkan petualangan ke Krakatau. Di sini tersedia tur perjalanan mendaki puncak anak Krakatau yang eksotis. Kamu akan dibawa merasakan pengalaman menuruni gunung menembus hutan alami hingga mencapai pantai dan menikmati santap siang di Legon Cabe.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Tanjung Lesung

Berkunjung ke Ujung Kulon
Ujung Kulon merupakan taman nasional tertua di Indonesia yang sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991. Di sini kamu dapat menikmati pengalaman menyusuri hutan lindung yang sangat luas.

Salah satu yang menjadi ikon Ujung Kulon adalah badak yang hidup di habitat ini. Terdapat berbagai spesies flora dan fauna yang dilindungi di tempat ini.

Mengunjungi Pulau Panaitan
Panaitan merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah barat Laut Jawa, dekat Ujung Kulon. Garis pantai Pulau Panaitan yang dihiasi dengan pantai pasir yang luas secara alami menciptakan beberapa lokasi wisata seperti scubadiving untuk menikmati terumbu karang dan menciptakan gelombang ombak yang hebat untuk para peselancar. Ombak di sekitar pulau ini juga cocok untuk berselancar.

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

BPPSDMP Gelar Sosialisasi Kostratani di Banten

Published

on

JAKARTA – Cita-cita untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional dan menjadikan Indonesia menjadi negara pengekspor pangan secara nyata dibuktikan pemerintah melalui Kementerian Pertanian. Salah Satu terobosan Kementan dibawah komando Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) adalah Program Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian di Kecamatan atau yang lebih dikenal dengan Kostratani.

Sosialisasi program pun gencar dilakukan Kementan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian atau disingkat BPPSDMP di berbagai provinsi, tak terkecuali Provinsi Banten di Plaza Aspirasi KP3B Serang, Kamis (24/1/2020).

Berikut respon pemerintah daerah Provinsi Banten terhadap program Kostratani dan penjelasan pentingnya Kostratani yang dipaparkan langsung oleh Kabadan PPSDMP, Dedi Nuryamsi.

BUMD Pertanian

Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim mengatakan terlahir dari keluarga sederhana membiasakan dirinya untuk akrab dengan dunia pertanian.

“Indonesia ini negara subur, hanya kita yang harus mengolahnya. Harus dimulai dari skala rumah tangga dimaka ada peternakan ayam, kolam ikan dan tanah yang di tamani sayur-sayuran minimal untuk kebutuhan keluarga sendiri,” ujar Wahidin Halim.

Ia mendukung baik program Kementerian yang membuat sektor pertanian produktif, salah satunya adalah kostratani. Dikatakan olehnya, pemerintah provinsi telah membuat roadmap potensi pertanian di Banten. Tak hanya itu untuk melindungi petani sebagai produsen produk pertanian, pihak Provinsi Banten membuat BUMD Pertanian, sehingga tidak ada lagi tengkulak atau makelar yang membuat petani menjerit.

“Packaging dan labeling produk pertanian Banten pun kami lakukan untuk melindungi dan melestarikan produk pertanian asli Banten. Perbaikan jalan dilakukan untuk mempermudah distribusi produk pertanian, pembukaan kawasan wisata pun dilakukan agar sektor pertanian dapat mensupport kebutuhan pangan seperti kuliner maupun oleh-oleh,” papar Wahidin.

Lebih lanjut Wahidin mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi makro menyebabkan turbulensi besar-besaran dan bergantung pada ekonomi global dan ekonomi dunia. Dan yang bisa bertahan hidup adalah orang-orang yang mengelola sektor pertanian.

“Untuk itu penyuluh pertanian harus bangkit dan mengembalikan jati diri penyuluh sebagai sahabat petani. Petani harus benar-benar ada dan turun ke petani sampai di pelosok untuk mendampingi petani hingga petani dapat mengelola pertanian dari hulu hingga hilir dengan baik, pesan Wahidin.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Dedi Nursyamsi saat acara Sosiliasai Program Kostratani di Serang, Banten, Kamis (22/1/2020).

Pada kesempatan yang sama Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi menjelaskan bahwa Konstratani adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan yang merupakan optimalisasi tugas dan fungsi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) melalui berbagai strategi.

“Diantaranya melalui fasilitasi BPP dengan perlengkapan IT yang memadai, disertai dengan peningkatan kemampuan penyuluh pertanian di bidang IT, sehingga mampu bertahan dan tetap eksis di era industri 4.0,” papar Prof Dedi.

Kostratani, lanjut Dedi merupakan program kerja strategis kementerian pertanian, dimana ujung tombaknya adalah penyuluh pertanian.

“Tujuan Kostratani sendiri ialah untuk pembangunan pertanian yg menyediakan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia, mensejahtrakan petani yg berjumkah 33,1 juta dan mendorong ekspor sebesar-besarnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peningkatan produktivitas pertanian menjadi hasil akhir yang harus dicapai, tambahnya. (*/hendri/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending