Connect with us

INFO EVENT

Bupati Serang Kembali Raih Penghargaan Peduli Pendidikan

Published

on

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Serang meraih penghargaan bidang pendidikan dari Universitas Indonesia (UI). Penghargaan tersebut, diberikan secara langsung Rektor UI Muhammad Anis kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Menara Bank Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.Tatu menjelaskan, penghargaan tersebut diperoleh setelah memberikan beasiswa kepada 13 mahasiswa asal Kabupaten Serang di UI.

“Penerima beasiswa dari keluarga tidak mampu yang juga dibekali biaya hidup,” ungkapnya setelah menerima penghargaan di UI Awarding Night, Jumat (1/11/2019) malam.

Dia bersyukur atas penghargaan yang telah diraihnya dan berkomitmen akan menjadikan Program pendidikan Kabupaten Serang lebih baik dari sebelumnya. “Penghargaan ini tentunya bentuk motivasi untuk Pemerintah Kabupaten agar menjalankan program dengan baik,” ucapnya.

Ia juga menegaskan,Pemkab Serang akan terus berupaya memperbaiki program Pendidikan agar masyarakat Kabupaten Serang memiliki pendidikan yang bermutu dan berkualitas. “Semoga penghargaan ini semakin memotivasi anak-anak Kabupaten Serang untuk bisa mendapatkan pendidikan di UI,” ungkapnya.

Diketahui, Penghargaan UI Awarding Night 2019 ini merupakan bentuk apresiasi kampus UI kepada para pihak yang telah bersinergi dalam menunjang Tri Dharm Perguruan Tinggi sebagai mitra yang baik di perusahaan, individu, alumni, media massa, dan lembaga. Dengan kategori, bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, alumni inspiratif, media, dan unit kerja khusus pelayanan pengabdian masyarakat.

Perlu diketahui, Pemkab Serang juga sudah menyediakan beasiswa untuk 1.650 siswa sekolah dasar (SD) dengan anggaran Rp 1,65 miliar dan 2.452 siswa sekolah menengah pertama (SMP) dengan anggaran Rp 1,71 miliar.Sementara itu, tingkat perguruan tinggi terdapat beasiswa vokasi D-1 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) untuk 44 mahasiswa dengan anggaran Rp 352 juta, vokasi D-3 UI untuk 13 mahasiswa dengan anggaran Rp 461,5 juta, pendidikan sarjana kedokteran Untirta untuk 7 mahasiswa dengan anggaran Rp 1,02 miliar. Terakhir, beasiswa sarjana untuk 351 guru PAUD dengan anggaran Rp 1,75 miliar.

“Investasi terbaik untuk masa depan Bangsa ini, sebuah keniscayaan melalui pendidikan,” tuturnya.

Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis mengatakan, penghargaan tersebut merupakan apresiasi kepada pihak yang berkontribusi bagi UI dan Indonesia. “Ucapan terima kasih dan bentuk apresiasi UI kepada segenap mitra UI yang senantiasa mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi UI, baik itu penelitian, pendidikan maupun pengabdian masyarakat,” ungkap Anis.

Pada tahun ini, Kata Anis, penghargaan dari katagori Pendidikan diberikan kepada 115 pihak baik pribadi, lambaga pemerintah, swasta, asosiasi nasional hingga internasional yang berjasa memajukan pendidikan di UI. Sedangkan, katagori Penelitian diberikan kepada 34 pihak terdiri atas para mitra baik perusahaan, individu yang telah dikolaborasi dengan UI sehingga telah mengantarkan beberapa produk inovasi karya civitas UI.

“Katagori Pengabdian masyarakat, diberikan kepada 40 pihak yang mendukung program pengabdian masyarakat UI sehingga dapat dirasakan nyata oleh masyarakat,” ujarnya. (*/yogi)

INFO EVENT

UNSERA & Polda Banten Siap Jalin Kerjasama Tangkal Hoax

Published

on

SERANG – Polda Banten menginisiasi Audiensi dengan Universitas Serang Raya untuk memerangi Hoax yang saat ini tengah beredar di masyarakat luas. Audiensi langsung dihadiri oleh Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si yang didampingi Wadir Intelkam Polda Banten AKBP Nowo, .S.I.K, sedangkan Rektor UNSERA Dr. H. Hamdan, MM hadir bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi Dr. H. Abdul Malik, M.Si, Kabiro Humas dan Kerjasama Ahmad Zainuri, S.Sos., S.AP., MAB dan Kepala Bagian Marketing Liza Diniarizky Putri, S,Ip., M.Kesos., M.Ikom.

Audiensi diadakan di Ruang Pertemuan Polda Banten pada Selasa, (22/10/201). Selain mengajak Perguruan Tinggi untuk memerangi hoax, audiensi tersebut membahas rencana kerjasama antara UNSERA dan Polda Banten.

“Unsera ini sejak Kapolda pertama, sudah membangun kerjasama dengan Polda Banten. Berharap akan ada kerjasama secara tertulis antara UNSERA dengan Polda Banten dalam payung hukum,” ujar Rektor UNSERA, Dr. H. Hamdan, MM.

Selain itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi UNSERA Dr. H. Abdul Malik, M.Si menyampaikan bahwa kampus bukan hanya milik mahasiswa, namun banyak agent of change. Memungkinkan untuk pihak kepolisian mengadakan Goes to Campus dan memberikan stadium general.

“Kan kalau sudah ada kerjasama diatas payung hukum, kita bisa sama-sama berkolaborasi. Baik itu Universitas dengan Polda maupun mahasiswa dengan Polda. Kalau kita berpikir jangka panjang, saya kira akan efektif jika mahasiswa diajak untuk melakukan diskusi dengan Polda dengan konsep having fun yang milenial,” jelas Wakil Rektor UNSERA.

Diwaktu yang sama, Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si menyambut dengan baik ide dan gagasan yang disampaikan UNSERA.
“Kita akan buat jadwal rutinnya, jadwal juga kepada mahasiswanya. Saya rasa jika kita komit dengan cara yang baik, untuk diskusi ataupun dialog bersama kita akan dukung dan semua ide akan kami fasillitasi,” ujarnya.

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Wapres JK Resmikan Trade Expo Indonesia 2019

Published

on

JAKARTA – Kementerian Perdagangan kembali menggelar pameran dagang internasional terbesar yakni Trade Expo Indonesia 2019. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla hadir untuk memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara TEI 2019 secara resmi di hadapan ribuan tamu internasional yang hadir.

“Dalam acara ini, tentu hal yang paling menonjol sekali lagi, kita ingin menyampaikan ke mitra dagang kita dan dunia potensi, kontinuitas perdagangan, kemampuan industri Indonesia.[Kami ingin memaparkan] Kemajuan yang dicapai Indonesia dalam berbagai bidang sehingga dapat meningkatkan perdagangan dan tentu ekonomi bersama,” ujar JK di Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Rabu (16/10/2019).

JK menuturkan konsep utama perdagangan yang dipahami bahwa tidak ada suatu negara yang dapat memenuhi kebutuhan sendiri. Satu negara harus membeli dari negara lain. Di sisi lain JK menyadari persaingan di dunia sangat ketat.

Menurut JK persaingan tersebut hanya bisa dimenangkan oleh pihak yang dapat membuat produk dengan kriteria lebih baik, lebih murah, dan lebih cepat.

“Lebih baik artinya memakai teknologi lebih baik dan lebih maju. Lebih murah lebih efisien dan lebih cepat adanya logistik lebih efisien. Hal-hal ini menjadi bagian upaya kita semua,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pemilik Kalla Group tersebut meminta pembeli atau buyer internasional bisa melihat beraneka produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha Indonesia. Produk yang dipamerkan di TEI 2019 sangat beragam mulai dari produk pertanian atau agro, produk industri, mineral, dan tentu saja kerajinan tangan (handicraft).

JK menilai semua produk yang dihasilkan pengusaha lokal akan membuat perdagangan Indonesia lebih maju. Dia juga berharap perdagangan tersebut bukan saja membawa hubungan ekonomi lebih baik, tetapi menciptakan hubungan antarmanusia dan menciptakan kemakmuran bersama.

JK juga meminta semua pengusaha Indonesia untuk memperbaiki kemampuan dengan melayani permintaan para pembeli atau buyer, khususnya dari luar negeri. “Kita tahu pembeli adalah raja jadi harus dilayani caranya dengan diberi produk yang lebih baik,” tutur Wapres.

Wapres JK menyerahkan penghargaan Primaniarta dan Primaduta kepada perusahaan yang sukses menyelenggarakan ekspor secara berkesinambungan. Penghargaan Primaduta diberikan kepada perusahaan asing yang telah menjadi pembeli atau buyer produk-produk Indonesia. Tahun ini penghargaan Primaniarta diberikan kepada 26 perusahaan.

Kementerian Perdagangan menargetkan transaksi barang senilai US41,72 miliar saat penyelenggaraan TEI 2019 ke-34 yang berlangsung pada 16—20 Oktober 2019. Ini merupakan TEI terakhir yang akan dibuka oleh Wapres JK lantaran masa jabatannya segera berakhir dalam beberapa hari lagi. Posisi JK akan digantikan oleh Kiai Ma’ruf Amin yang akan dilantik pada Minggu (20/10/2019) di depan anggota MPR/DPR RI.

“Dalam kesempatan ini saya tinggal 3 hari lagi untuk kerja bersama-sama. Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama dan upaya bersama. Karena kerja sama, kita dapat mencapai pertumbuhan yang baik walau belum maksimal. Juga atas nama teman-teman yang di sini, apakah akan berlanjut saya tidak tahu. Kita berjuang bersama-sama untuk negeri yang baik ini,” kata JK.

Kemendag menargetkan kenaikan 15 persen dibandingkan dengan target transaksi TEI ke-33 tahun lalu senilai US$1,5 miliar. Adapun, realisasi transaksi barang sepanjang penyelenggaraan TEI 2018 mencapai US$1,45 miliar.

Selain itu, pada penyelenggaraan TEI 2018 tercatat transaksi investasi senilai US$5,55 miliar, transaksi jasa US$1,31 miliar, dan transaksi pariwisata US$170,5 juta. Total transaksi yang berhasil dibukukan melalui TEI tahun lalu mencapai US$8,49 miliar.

Saat ini sebanyak 1.100 pelaku usaha telah terdaftar sebagai peserta pameran atau exhibitor pada TEI ke-34 yang digelar pada 16—20 Oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – Bumi Serpong Damai (BSD). (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Sebagai Bentuk Rasa Syukur, Puluhan Piwaners Santuni 500 Anak Yatim

Published

on

SERANG – Mengawali rangkaian Kopdarnas VI sekaligus Anniversary komunitas pecinta mobil bergardan ganda Mitsubishi Pajero, Pajero Indonesia One (Piwan), memberikan santunan kepada 500 anak yatim dari seluruh Kabupaten Serang.

Acara yang juga dihadiri Bupati Serang Tatu Chasanah, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Serang, Ketua Yayasan Nusantara Supala Raya Arham Rahim, Ketua Umum PIOne Wahyu Haryadi, dan puluhan member beserta keluarga besar PIOne ini dilangsungkan di Lapangan Tenis Indoor Pemkab Serang, Jumat (11/10/2019) pagi.

Wahyu dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih atas kelancaran acara ini terutama kepada Bupati Serang dan jajarannya karena memfasilitasi acara dan berharap kegiatan ini tidak hanya berakhir di hari ini saja.

“Harus ada kelanjutannya di tahun mendatang dan harus lebih besar, terutama dari jumlah kegiatan sosialnya harus lebih banyak,” katanya.

Arham pun menyampaikan rasa syukur yang sangat mendalam karena bisa berbagi bersama anak-anak yatim piatu yang hadir kali ini.

“Bisa terlihat dari wajah anak-anak yang sangat senang dan terharu saat menerima bantuan daei teman-teman Pajero dan ibu Bupati. Semoga dengan apa yang dilakukan teman-teman Pajero dan Pemkab ini membawa berkah bagi kita semua,” harapnya.

Bupati Serang Tatu Chasanah mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada Pajero Indonesia One dan Yayasan Nusantara Supala Raya telah memilih Kabupaten Serang untuk memberikan santunan anak yatim.

“Kegiatan ini juga sejalan dengan apa yang saat ini dijalankan oleh Pemkab Serang salah satunya adanya santunan dan beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa di wilayah Kabupaten Serang. Kami sudah mewajibkan pendidikan 12 tahun, bahkan program beasiswa hingga tingkat perguruan tinggi sudah kami realisasikan,” papar Tatu.

Tatu berharap anak yatim para penerima santunan ini bisa terus melanjutkan pendidikan hingga bangku perguruan tinggi.

Seusai acara pembagian santunan, para anak yatim diajak keliling Kota Serang menggunakan Mitsubishi Pajero. Hal ini dilakukan bukan hanya untuk memberitahu eksistensi kami kepada masyarakat Kota Serang dan sekitarnya bahwa besok ada acara PIOne.

“Kami juga ingin mereka (anak yatim-red) senang dan merasakan naik mobil besar yang selama ini hanya mereka lihat di jalan. Ini juga sebagai bentuk rasa syukur dan berbagi kebahagiaan. Alhamdulillah mereka senang walaupun awalnya malu dan canggung naik mobil kami,” kata Igor selaku Ketua Panitia Kopdarnas VI seusai acara.

Igor menuturkan di setiap kegiatan touring selalu ada nilai sosialnya di manapun itu. Pihaknya tidak ingin anggapan jika komunitas otomotif itu sekedar jalan-jalan dan senang-senang semata.

“Kami juga makhluk sosial yang hidup berdampingan dengan masyarakat,” tegasnya.

Kopdarnas VI PIOne ini diikuti oleh sekitar 350 KR atau 850 orang dari seluruh Indonesia, dengan puncak acara adalah gala dinner yang akan disi penampilan artis ibukota dan band ternama di ICE BSD yang akan dimulai besok (Sabtu – red) pagi. (bey/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending