Connect with us

INFO EVENT

Bupati Serang Kembali Raih Penghargaan Peduli Pendidikan

Published

on

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Serang meraih penghargaan bidang pendidikan dari Universitas Indonesia (UI). Penghargaan tersebut, diberikan secara langsung Rektor UI Muhammad Anis kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Menara Bank Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.Tatu menjelaskan, penghargaan tersebut diperoleh setelah memberikan beasiswa kepada 13 mahasiswa asal Kabupaten Serang di UI.

“Penerima beasiswa dari keluarga tidak mampu yang juga dibekali biaya hidup,” ungkapnya setelah menerima penghargaan di UI Awarding Night, Jumat (1/11/2019) malam.

Dia bersyukur atas penghargaan yang telah diraihnya dan berkomitmen akan menjadikan Program pendidikan Kabupaten Serang lebih baik dari sebelumnya. “Penghargaan ini tentunya bentuk motivasi untuk Pemerintah Kabupaten agar menjalankan program dengan baik,” ucapnya.

Ia juga menegaskan,Pemkab Serang akan terus berupaya memperbaiki program Pendidikan agar masyarakat Kabupaten Serang memiliki pendidikan yang bermutu dan berkualitas. “Semoga penghargaan ini semakin memotivasi anak-anak Kabupaten Serang untuk bisa mendapatkan pendidikan di UI,” ungkapnya.

Diketahui, Penghargaan UI Awarding Night 2019 ini merupakan bentuk apresiasi kampus UI kepada para pihak yang telah bersinergi dalam menunjang Tri Dharm Perguruan Tinggi sebagai mitra yang baik di perusahaan, individu, alumni, media massa, dan lembaga. Dengan kategori, bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, alumni inspiratif, media, dan unit kerja khusus pelayanan pengabdian masyarakat.

Perlu diketahui, Pemkab Serang juga sudah menyediakan beasiswa untuk 1.650 siswa sekolah dasar (SD) dengan anggaran Rp 1,65 miliar dan 2.452 siswa sekolah menengah pertama (SMP) dengan anggaran Rp 1,71 miliar.Sementara itu, tingkat perguruan tinggi terdapat beasiswa vokasi D-1 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) untuk 44 mahasiswa dengan anggaran Rp 352 juta, vokasi D-3 UI untuk 13 mahasiswa dengan anggaran Rp 461,5 juta, pendidikan sarjana kedokteran Untirta untuk 7 mahasiswa dengan anggaran Rp 1,02 miliar. Terakhir, beasiswa sarjana untuk 351 guru PAUD dengan anggaran Rp 1,75 miliar.

“Investasi terbaik untuk masa depan Bangsa ini, sebuah keniscayaan melalui pendidikan,” tuturnya.

Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis mengatakan, penghargaan tersebut merupakan apresiasi kepada pihak yang berkontribusi bagi UI dan Indonesia. “Ucapan terima kasih dan bentuk apresiasi UI kepada segenap mitra UI yang senantiasa mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi UI, baik itu penelitian, pendidikan maupun pengabdian masyarakat,” ungkap Anis.

Pada tahun ini, Kata Anis, penghargaan dari katagori Pendidikan diberikan kepada 115 pihak baik pribadi, lambaga pemerintah, swasta, asosiasi nasional hingga internasional yang berjasa memajukan pendidikan di UI. Sedangkan, katagori Penelitian diberikan kepada 34 pihak terdiri atas para mitra baik perusahaan, individu yang telah dikolaborasi dengan UI sehingga telah mengantarkan beberapa produk inovasi karya civitas UI.

“Katagori Pengabdian masyarakat, diberikan kepada 40 pihak yang mendukung program pengabdian masyarakat UI sehingga dapat dirasakan nyata oleh masyarakat,” ujarnya. (*/yogi)

CONFERENCE

Muslim di Amerika Bantu Penyintas Banjir di Banten

Published

on

JAKARTA – Muslim di Amerika yang tergabung dalam Indonesian Muslim Society in America (IMSA) bekerjasama dengan Harfa Rescue Indonesia salurkan bantuan untuk penyintas banjir di wilayah Banten.Sejak banjir yang menerjang pada awal tahun 2020 lalu, kepedulian masyarakat dari berbagai kalangan turut hadir tanpa terkecuali dari warga Indonesia yang tinggal di Amerika.

Indonesian Muslim Society in America (IMSA) adalah organisasi yang sangat perduli terhadap Indonesia, IMSA telah aktif membantu bencana yang terjadi di negara Indonesia.

“Kami dari IMSA ikut prihatin atas bencana banjir yang melanda diberbagai kota, khususnya di wilayah Banten ini. Semoga sedikit bantuan, bisa meringankan beban bapak/ibu. Semoga banjir segera surut dan keadaan kembali normal. Salam dan do’a dari kami warga Muslim Indonesia di Amerika,” ujar Syafrin Murdas, Presiden IMSA.

Sampai hari ini (5/1/2020), tim Harfa Rescue Indonesia dan IMSA masih terus bergerak membantu penyintas banjir. Dengan medan yang luar biasa terjal dan menguras tenaga, penyaluran sejumlah bantuan pun menjadi sangat tidak mudah. Daerah-daerah terisolir khususnya menjadi titik fokus tim Harfa Rescue Indonesia dan IMSA.Akibat banjir warga banyak yang merasakan berbagai keluhan, seperti mual, masuk angin, mata kunang-kunang, kelelahan, tekanan darah rendah, sakit kepala, kesemutan, dan luka-luka ringan akibat terbentur bebatuan.

“Sejak banjir ini mata saya sering kunang-kunang, lemas dan badan terasa sakit semua. Alhamdulillah ada bantuan layanan kesehatan yang sangat kami butuhkan sekarang,” ujar Sariah, salah satu penyintas.

Selain bantuan pelayanan kesehatan dan logistik di Kampung Somang Desa Sukarame dan Desa Luhur Jaya Kecamatan Cipanas, ada juga penyaluran bantuan dan evakuasi warga Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa makanan siap saji, bantuan pangan, paket sanitarian, air minum, obat-obatan dan kebutuhan lainnya.Indah Prihanande, Direktur LAZ Harapan Dhuafa juga mengungkapkan bahwa Harfa Rescue Indonesia dan IMSA ingin memberikan kontribusi terbaik bagi semua yang tengah berduka tertimpa bencana serta tentunya membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana yang sangat besar ini.

“Kolaborasi ini memberikan kekuatan untuk bisa membantu penyintas banjir dengan cepat dan tepat sasaran,” ujarnya. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Kenalkan Destinasi Wisata Bendungan Cikoncang Desa Katapang Adakan Jalan Santai

Published

on

LEBAK – Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Bendungan Cikoncang. Mengadakan jalan santai. Titik kumpul untuk jalan santay Di Halaman Masjid Al-Kahfi Bendungan Cikoncang Jalan Desa Genggong, Jalan BBI, finish di Bendungan Wisata Cikoncang, Sabtu (28/12/2019).Hendra ketua pelaksana mengatakan, karena ada 6 lomba dalam acara Festival Bendungan Cikoncang, peserta yang hadir dan ikut lebih dari 500 orang lebih. mengambil tema ini, karena ingin membangun landmark bahwa Bendungan Cikoncang ini punya ciri khas tersendiri.

“Kami ingin memperkenalkan wisata yang ada di BNC Wanasalam ini. “Almdulillah antusias masyakarat sangat welcome. Acara ini pertama atau perdana untuk di Wilayah Bendungan Cikoncang Desa Katapang Kecamatan Wanasalam,” ujarnya.

Hendra berharap, semoga kedepan sebagai Pokdarwis Bendungan Cikoncang dapat mengadakan acara yang lebih besar lagi.

Fauzy Imam salah satu peserta asal Polotot Malingping mengatakan ia datang bersama teman-teman ikut acara funbikenya, gowes bareng. Rute gowesnya keren, menantang, seru, dan acaranya berjalan dengan baik dan mengesankan.

“Motivasinya selain olahraga, bersilaturahmi, juga sama temen goweser yang lain serta bisa menikmati suasana di sana, Persiapan paling latihan aja (gowes),” tuturnya. (*/lusi/yogi)

Continue Reading

INFO EVENT

BJB Gandeng Pemkot Serang Dorong UMKM Go Digital

Published

on

SERANG — Sebagai bank yang memiliki 17ribu nasabah UMKM secara Nasional, dan 3.000 nasabah UMKM di Kota Serang. Bank bjb mendorong arus digitalisasi bagi para pelaku UMKM dengan menyelenggarakan seminar kewirausahaan yang bertemakan “Era Industri 4.0 dan Strategi Pemasaran bagi UMKM”, di Kantor Cabang Khusus BJB Banten, di Serang, Kamis (12/12/2019).

Acara yang juga dihadiri oleh Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin, Pemimpin Divisi Kredit UMKM BJB Denny Mulyadi, Pemimpin bank bjb Kantor Regional IV Edi Kurniawan Saputra, Pemimpin Kantor bank bjb Cabang Khusus Banten Sakti Ramadhani, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Serang Yoyo Cahyono, Warso Hari Pamungkas,Kepala Dinas Kominfo Kota Serang Kevin Heranussa,Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Serang, serta sekitar 200 Pelaku UMKM sebagai peserta.

Wakil Walikota Serang Subadri Usulusin mengatakan, pelaku UKM di Kota Serang masih harus banyak pelatihan untuk cara mengemas dan memasarkan produk yang dihasilkan. Hal ini terlihat dari keberadaan UMKM di Kota Serang yang masih belum setenar UMKM di Kabupaten Kota lainnya.

“Saya pribadi sangat bersyukur dengan adanya acara seminar yang dilakukan oleh bank bjb kali ini, dimana mudah-mudahan dapat memberikan banyak pencerahan pada pelaku usaha UMKM dalam menghadapi era digitalisasi, misalnya memasarkan menggunakan sosial media dan mengemas dengan tampilan yang menarik,” katanya.

Sementara itu, Pemimpin Divisi Kredit UMKM BJB Denny Mulyadi menegaskan bahwa, bank bjb hadir sebagai mitra yang mampu berperan aktif untuk memajukan perekonomian dan pembangunan daerah dimana salahsatunya adalah pemberdayaan UMKM di Kota Serang.

“Kita perlu mendorong baik dari sisi literasi maupun keuangan. Dimana kami berikan wadah untuk saling berbagi sesama UMKM dan pemerintah terkait, untuk mengelola keuangan, pengemasan serta pemasaran melalui teknologi digital,” katanya.

Kendati demikian, diharapkan para pelaku UMKM di Kota Serang nantinya bisa pengusaha go digital. “Kegiatan ini sudah beberapa kali diselenggarakan, sebelum di Kota Serang, kegiatan seminar ini sudah dilakukan di Kota Cirebon dan Kabupaten Garut. Kemudian, kami menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi digital untuk mengembangkan geliat usaha di tengah semakin ketatnya kompetisi yang terjadi. Inovasi dari segi produk maupun cara pemasaran menjadi kunci dalam segala lini usaha. Lewat seminar ini, bank bjb berusaha untuk memberikan segugus pengetahuan sebagai bekal kepada para pengusaha agar mereka bisa menangkap peluang dan tantangan serta mentransmisikannya menjadi strategi usaha yang efisien dan menguntungkan,” tutupnya. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending