Connect with us

CONFERENCE

Rayakan HUT ke-19, Pemprov Banten Siapkan 21 Event Besar

Published

on

SERANG – Menyambut Hari Ulamg Tahun (HUT) ke 19 Provinsi Banten tahun 2019 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten telah menyiapkan rangkaian acara (event) yang layak untuk dijadikan referensi mengisi awal Oktober ini. Bagimana tidak, akan ada lebih dari 21 event penting dan menarik yang akan sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya akan menghadirkan banyak lomba-lomba, pameran, pesta rakyat, kali ini juga akan dilakukan peletakan batu pertama Masjid Citorek, Lebak dan penampilan spesial Wali Band juga akan turut memeriahkan hajatan tahunan Provinsi Banten ke-19 ini. Sehingga, masyarakat dapat mengajak seluruh anggota keluarga, kerabat dan sahabat untuk dapat menikmati semua event yang akan digelar.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, panitia HUT Provinsi Banten yang merupakan gabungan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Banten telah menyiapkan banyak event yang dirancang sesuai dengan karakter, budaya dan tradisi masyarakat Banten. Ini dilakukan sebagai upaya pemerintah agar masyarakat Banten maupun luar Banten dapat lebih mengenal budaya, karakter, dan tradisi daerah sehingga menumbuhkan rasa cinta terhadap Provinsi Banten.

Demikian disampaikan Ketua Panitia HUT Banten ke-19 yang juga Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten Opar Sohari, Selasa (1/10/2019).

Opar menyampaikan, rangkaian event HUT akan dimulai mulai Kamis (3/10/2019) di Pendopo Gubernur yang akan dihadiri langsung oleh Gubernur Banten yakni dengan dilaksanakannya Seminar Pembangunan Banten. Bersamaan dengan Seminar Pembangunan Banten, akan digelar juga pameran lowongan kerja atau Job Fair mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB di Plaza Aspirasi, KP3B yang akan menyediakan lebih dari 3.000 lowongan kerja.

Masih di hari yang sama, Pemprov akan melaksanakan Ziarah, Doa Bersama dan Tausyiah mulai pukul 16.30 sd 21.00 WIB di Masjid Agung Kawasan Kesultanan Banten. Hal ini dilakukan agar jasa para pendiri senantiasa dikenang dan diakui para penerusnya, sehingga spirit membangun Banten terus bergelora dikalangan generasi selanjutnya.

Layanan Samsat Keliling (samling) juga akan hadir di Kawasan Kesultanan Banten Lama mulai pukul 14.00 WIB hingga 20.00 WIB. Sehingga pelayanan Samsat nantinya tidak hanya bisa dirasakan masyarakat sekitar kawasan, tapi juga oleh peziarah atau wisatawan asal Banten yang tengah berkunjung. karena perlu diketahui, pajak menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) Banten yang menyumbang rasio terbesar dalam porsi anggaran pemerintah untuk melaksanakan pembangunan, penyelenggaraan pelayanan dasar masyarakat dan urusan-urusan lain. Bahkan, rasio PAD Banten masuk dalam urutan kedua terbesar di Indonesia setelah DKI Jakarta karena terus berkembang dan semakin menunjukkan kemandirian daerah.

Keesokan paginya yakni Jum’at (4/10/2019) dan merupakan Hari-H, tutur Opar, akan dilaksanakan Upacara HUT ke-19 Provinsi Banten di Lapangan Setda, KP3B dan dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Al Muktabar. Usai upacara, acara dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka HUT ke-19 Provinsi Banten di gedung DPRD Banten, KP3B.

Untuk gelaran Pesta Rakyat akan berlangsung mulai tanggal 4-6 Oktober 2019 di Lapangan Masjid Raya Al-Bantani, dan Pancaniti KP3B yang dibuka pada hari Jumat mulai pukul 13.00 -21.30 WIB dengan agenda Lomba Tumpeng, Ekspose Smart Banten dan tinjauan Arena Pesta Rakyat. Pesta Rakyat juga menampilkan Gelar Produk dan Bazaar UMKM, Gelar Seni Budaya oleh Siswa Siswi SMA/SMK, Gelar Produk Ekrap, Pojok Kuliner dan Ngopi gratis (kopi WH), Layanan Samsat, Layanan Pajak dan Layanan Perpustakaan Keliling serta layanan KIA

“Untuk mengisi weekend di hari Sabtu (5/10/2019), kami menggelar berbagai kegiatan seperti Dialog yang mengangkat tema Kemilau Kalimaya Banten di Pendopo Gubernur KP3B, mulai pukul 14.00 WIB serta akan ditampilkan pula pameran koleksi kalimaya dan aneka batu akik serta batu fosil,” ujar Opar.

Gelar Ekonomi Kreatif (workshop kriya, melukis, fashion), Gelar Produk dan Bazaar serta Kuliner akan tetap hadir di hari Sabtu dan malam harinya pukul 19.30 -21.30 WIB akan digelar Karya Kreatif Kang Nong Banten di Panggung Utama Halaman Masjid Raya Al Bantani. Duta-duta pariwisata dari kabupaten/kota se-Banten akan unjuk kreasi dalam balutan seni budaya.

Sementara, lanjut Opar, hari Minggu (6/10/2019) akan menjadi hari paling padat diantara hari rangkaian HUT Banten. Dimulai sejak pukul 06.00 WIB dengan acara Sepeda Santai dari Kesultana Banten menuju KP3B dan Jalan Santai keliling perkantoran d KP3B yang akan di awali dengan senam.bersama terlebih dahulu di Lapangan Pancaniti, KP3B. Kemudian dilanjutkan dengan Kontes Burung Berkicau dan Kontes Ayam Pelung di Halaman Kantor Dinas Pariwisata, KP3B mulai pukul 08.00 WIB hiingga selesai.

Konser Wali Band akan memeriahkan puncaknya acara di halaman Masjid Raya Al-Bantani, KP3B mulai pukul 10.00 WIB hingga selesai. Grup musik ternama asal Pesantren Latansa, Lebak, Banten yang beragontakan Farhan Zainal Muttaqin (Faank), Aan Kurnia (Apoy), Ihsan Bustomi (Tomi), dan Hamzah Shopi (Ovie) ini akan menghibur masyarakat dengan lagu-lagu hits yang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat.

“Dari beragam rangkaian HUT ke-19 Provinsi Banten, Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid di Gunung Luhur, Citorek, Lebak yakni tempat dimana wisata Negeri Diatas Awan berada akan jadi momentum tersendiri. In Syaa Allah rencananya acara ini akan digelar pekan depan,” terang Opar.

Opar berharap, seluruh masyarakat Banten dengan penuh sukacita dapat turut serta memeriahkan setiap event yang telah disiapkan. Karena, event-event tersebut digelar sebagai bentuk pelayanan Pemprov Banten kepada masyarakat agar ikut merasakan euforia, kebahagian, suka cita dan perwujudan rasa syukur atas bertambahnya usia Provinsi Banten.

“Semoga dapat memberi kebahagiaan bagi masyarakat dan semakin menumbuhkan rasa cinta kepada Banten kita tercinta,”ujar Opar.

Terakhir, Opar juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholder dan komunitas-komunitas yang turut mendukung gelaran acara HUT ke 19 Provinsi Banten tahun ini. (*/yogi)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CONFERENCE

Amankan Kunker Menteri Perhubungan, Polda Banten Terjunkan Tim Pengamanan VIP

Published

on

SERANG – Kepolisian daerah (Polda) Banten melaksanakan Pengamanan Kunjungan Kerja ( Kunker) Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi ke Stasiun Kereta Api Serang, Sabtu (18/1/ 2020) siang.

Kapolda Banten Irjen Drs. Pol Agung Sabar Santoso S.H., M.H melalui Kabid humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata, S.I.K, M.H mengatakan Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi beserta rombongan tiba di Stasiun Kereta Api (KA) Indonesia Serang.

“Dalam hal ini, Menteri Perhubungan meninjau lokasi Stasiun KA Serang dan didampingi Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dedi Suryadi S.I.K, Kapolres Serang Kota AKBP Cahyono S.I.K,” katanya.

Lebih lanjut Edy mengatakan, ratusan personel gabungan disiagakan dalam kunjungan Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi.

“Pengamanan VIP pejabat negara yang terdiri dari Satuan Lalu Lintas, Gegana, Sabhara, Ditpamobvit Polda Banten dan Polres Serang Kota di sebar dibeberapa titik lokasi kegiatan,” kata Kombes Pol M. Hidayat.

Edy menjelaskan Kegiatan pengaman kunjungan pejabat negara yakni Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi berlangsung kondusif.

“Dalam segi pengamanan, seluruhnya dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur atau SOP yang ada,” ujar Kombes Pol Edy Sumardi. (*/yogi)

Continue Reading

CONFERENCE

Muslim di Amerika Bantu Penyintas Banjir di Banten

Published

on

JAKARTA – Muslim di Amerika yang tergabung dalam Indonesian Muslim Society in America (IMSA) bekerjasama dengan Harfa Rescue Indonesia salurkan bantuan untuk penyintas banjir di wilayah Banten.Sejak banjir yang menerjang pada awal tahun 2020 lalu, kepedulian masyarakat dari berbagai kalangan turut hadir tanpa terkecuali dari warga Indonesia yang tinggal di Amerika.

Indonesian Muslim Society in America (IMSA) adalah organisasi yang sangat perduli terhadap Indonesia, IMSA telah aktif membantu bencana yang terjadi di negara Indonesia.

“Kami dari IMSA ikut prihatin atas bencana banjir yang melanda diberbagai kota, khususnya di wilayah Banten ini. Semoga sedikit bantuan, bisa meringankan beban bapak/ibu. Semoga banjir segera surut dan keadaan kembali normal. Salam dan do’a dari kami warga Muslim Indonesia di Amerika,” ujar Syafrin Murdas, Presiden IMSA.

Sampai hari ini (5/1/2020), tim Harfa Rescue Indonesia dan IMSA masih terus bergerak membantu penyintas banjir. Dengan medan yang luar biasa terjal dan menguras tenaga, penyaluran sejumlah bantuan pun menjadi sangat tidak mudah. Daerah-daerah terisolir khususnya menjadi titik fokus tim Harfa Rescue Indonesia dan IMSA.Akibat banjir warga banyak yang merasakan berbagai keluhan, seperti mual, masuk angin, mata kunang-kunang, kelelahan, tekanan darah rendah, sakit kepala, kesemutan, dan luka-luka ringan akibat terbentur bebatuan.

“Sejak banjir ini mata saya sering kunang-kunang, lemas dan badan terasa sakit semua. Alhamdulillah ada bantuan layanan kesehatan yang sangat kami butuhkan sekarang,” ujar Sariah, salah satu penyintas.

Selain bantuan pelayanan kesehatan dan logistik di Kampung Somang Desa Sukarame dan Desa Luhur Jaya Kecamatan Cipanas, ada juga penyaluran bantuan dan evakuasi warga Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa makanan siap saji, bantuan pangan, paket sanitarian, air minum, obat-obatan dan kebutuhan lainnya.Indah Prihanande, Direktur LAZ Harapan Dhuafa juga mengungkapkan bahwa Harfa Rescue Indonesia dan IMSA ingin memberikan kontribusi terbaik bagi semua yang tengah berduka tertimpa bencana serta tentunya membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana yang sangat besar ini.

“Kolaborasi ini memberikan kekuatan untuk bisa membantu penyintas banjir dengan cepat dan tepat sasaran,” ujarnya. (*/yogi)

Continue Reading

CONFERENCE

987 Personel Polda Banten Naik Pangkat

Published

on

SERANG – Bertempat di lapangan Apel Mapolda Banten telah dilaksanakan giat Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Polri periode 1 Januari 2020. Selasa (31/12/2019).

Adapun Irup dalam kegiatan Upacara tersebut adalah Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si dan peserta upacara yaitu Pejabat Utama Polda Banten, Para Pamen, Pama, Bintara, PNS, Ketua dan Pengurus Bhayangkari Polda Banten, berikut Personel yang menerima Korps Raport kenaikan pangkat.

Dalam pelaksanaan upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Polri periode 1 Januari 2020 di jajaran Polda Banten sebanyak 987 personel dengan rincian Pamen dan Pama sebanyak 195 personel yang diantaranya 4 (empat) sebagai PJU jajaran Polda Banten yaitu Kabid Propam Polda Banten Kombes Pol. Agus Nurpatria,S.I.K, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi,S.I.K, M.H, Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dedi Suryadi ,S.I.K.dan Ka SPN Polda Banten Kombes Pol Ahmad David, S.I.K, Bintara sebanyak 791 personel kemudian Tamtama sebanyak 1 personel.

Dalam amanatnya Kapolda Banten mengucapkan selamat kepada para Personel yang menerima Korp Raport kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi sekaligus mengatakan bahwa kenaikan pangkat selain sebagai wujud karunia dari Allah SWT juga merupakan manifestasi kepercayaan dan reward dari pimpinan Polri atas pengabdian dan dedikasi dalam pelaksanaan tugas.

“Pencapaian yang saudara raih hari ini, bukanlah sebuah proses yang mudah tetapi merupakan proses yang amat panjang dan penuh pengorbanan,” ujar Kapolda Banten.

Lanjut Kapolda menyampaikan kenaikan pangkat hendaknya dapat disikapi dengan penuh kesadaran bahwa semakin tinggi pangkat dan jabatan maka akan semakin besar pula tanggung jawab dan amanah yang diemban.

“Saya yakin dan percaya, kita dapat menjalankan dua hal yang fundamental ini baik terkait peningkatan kinerja maupun perbaikan kultural untuk mewujudkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” pungkasnya

Setelah upacara selesai, kemudian dilanjutkan dengan ucapan selamat dan jabat tangan dari Kapolda Banten, para PJU dan ketua Bhayangkari kepada seluruh Personel yang naik pangkat yang didampingi oleh bhayangkari masing-masing dan kemudian dilanjutkan dengan acara syukuran di taman I Love You Polda Banten. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending