Connect with us

INCENTIVE

November, Kota Cilegon Akan Miliki Pasar Budaya

Published

on

CILEGON – Jika setiap Minggu pagi warga Kota Cilegon akan beramai-ramai ke kawasan Krakatau Junction (KJ) untuk menikmati berbagai jajanan di Car Free Day (CFD), kini mulai awal bulan November mendatang, Kota Cilegon akan diramaikan juga oleh kehadiran Pasar Budaya.

Tepat hari Minggu 3 November 2019 besok, Pasar Budaya akan hadir di kawasan Bonakarta Cilegon. Kegiatan yang diinisiasi oleh Perguruan Pencak Silat Bandrong Banten Kota Cilegon ini yang akan banyak merangkul para pelaku usaha kecil dan pemberdayaan masyarakat lokal.

Menurut Zenal wakil ketua DPD Bandrong Kota Cilegon sekaligus penggagas Pasar Budaya kegiatan ini mengatakan, Pasar Budaya sebagai ajang komunikasi antara masyarakat dengan budaya.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengangkat perekonomian masyarakat. Kami menargetkan 300 tenda untuk tenant yang terdiri dari berbagai usaha kecil mulai dari fashion, kerajinan tangan serta kuliner,” terang Zenal kepada BantenEvent di Cilegon, Minggu (20/10/2019).

Untuk soft opening, lanjut Zenal, akan digelar pada 3 November 2019 kemudian dilanjutkan grand opening di tanggal 17 November 2019.

“Pada opening nanti kami pun mengundang para pejabat terkait aparatur pemerintah dari Disperindag, Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan dan masyarakat untuk menyaksikan seremonial Pasar Budaya,” paparnya.

Pembukaan juga akan dimeriahkan dengan penampilan pencak silat berbagai padepokan dari 8 kecamatan yang ada di Kota Cilegon.

“Harapan saya ke depan kita bisa bersinergi dengan pemerintah dan dengan agenda rutin ini bisa mensejahterakan masyarakat serta dapat menanggulangi pengangguran di Kota Cilegon,” pungkas Zenal. (bey/ygi)

EVENT-EXHIBITION

Kabupaten Serang Kenalkan Pariwisata Lewat Anyer Krakatau Adventure Destinations

Published

on

ANYER – Anyer Krakatau Adventure Destinations merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari AKCF (Anyer Krakatau Culture Festival) yang digelar selama dua hari sejak tanggal 30 November – 1 Desember 2019 bertempat di Pantai Plorida, Anyer – Serang, Minggu (1/12/2019).

Diikuti oleh 400 orang dari berbagai wilayah, salah satunya dari Jawa barat dan Lampung. Rute yang diambil adalah start dari Pantai Florida, Desa Sindanglaya kemudian dilanjutkan menuju Puncak Cibaja, lalu Puncak Pilar atau Desa Wisata Cikolelet. Setelah itu kembali ke Pantai Florida, untuk dilanjutkan berbagai rangkaian acara lain. Salah satu wisata yang ditonjolkan dalam kegiatan tersebut yaitu pantai dan gunung.

Kegiatan Pelepasan peserta dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Serang Drs. H. Pandji Tirtayasa., M.Si, Ketua AKCF Agus Erwana, Sekda Kabupaten Serang, Kepala Disporapar Kabupaten Serang Drs. Hamdani Syahiri,Kadispar Provinsi Banten Eneng Nurcahyati, Kapolsek Cinangka dan Camat Cinangka.

Kegiatan AKCF 2019 ini juga didukung oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten. Selain untuk meningkatkan kunjungan pariwisata, kegiatan ini juga sebagai bentuk informasi bahwa Selat Sunda sudah aman. Selain lomba motor cross, AKCF 2019 juga menghadirkan beberapa artis ibukota diantaranya ILIR 7 band, Maisaka, 3 Srigala, Beni Lida, dan artis lokal lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kabupaten Serang memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan Anyer Krakatau Adventure Destinations.

“Kalian adalah orang-orang yang mempunyai nyali, saya berharap melalui kegiatan ini bisa menumbuhkan jiwa sportivitas. Tetap jaga keselamatan di jalan dan selamat mengikuti kegiatan Anyer Krakatau Adventure Destinations,” tutupnya. (Hendri/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Ratusan Crosser Ramaikan Anyer Krakatau Adventure Destination

Published

on

ANYER – Rangkaian Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2019 memasuki kegiatan terakhir melalui kegiatan Anyer Krakatau Adventure Destination dan Beach Race. Terhitung sekira 400 raiders trail turut serta meramaikan dengan menjelajahi jalur Pantai Anyer dan pegunungan di Kabupaten Serang.

Bukan hanya itu, kemeriahan Anyer Krakatau Adventure Destination juga dimeriahkan dengan hiburan band lokal, Trio Serigala, Ilir 7, Asbak Band, dan Maisaka. Penampilan para artis tersebut menarik antusias wisatawan yang datang ke Pantai Anyer dan Pantai Cinangka.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa menjelaskan, berbagai kegiatan rangkaian AKCF sebagai upaya Pemkab Serang menarik wisatawan lokal dan mancanegara untuk datang ke Anyer.

“Alhamdulillah, memasuki akhir dari rangkaian AKCF yang telah dilakukan sudah berpengaruh pada meningkatnya pengunjung wisatawan,” ungkapnya.

Ia mengakui bahwa tsunami Selat Sunda telah berpengaruh pada penurunan kunjungan wisatawan di Anyer dan Cinangka. “Namun saat ini, hampir seluruh lokasi di Anyer termasuk hotel juga pada penuh, dan sudah dipastikan wisata Pantai Anyer sudah aman,” tegasnya.

Pandji juga menegaskan, wisata Anyer merupakan destinasi unggulan di Kabupaten Serang yang diharapkan bisa ramai kembali dan menjadi tujuan utama bagi wisatawan nasional dan mancanegara.

“AKCF ini juga merupakan trauma healing untuk warga sekitar agar bisa melupakan musibah yang telah terjadi,” tuturnya.Diketahui, Pemkab Serang melalui AKCF telah melaksanakan beberapa rangkaian. Diantaranya, lomba mancing Selat Sunda, Color Fun Run, Festival Silat Kaserangan, Ngagurah Dano, Lomba Burung Berkicau, Anyer Krakatau Adventure Destination, dan dan Beach Race.

“Tinggal Anyer Surving Competition yang akan diadakan kembali pada pekan ini,” kata Pandji.

Ketua Pelaksana AKCF, Agus Erwana mengapresiasi seluruh panitia yang terlibat serta menjadikan AKCF acara tahunan yang selalu ditunggu oleh warga sekitar dan wisatawan lainnya. “Setiap tahun kami lakukan demi meramaikan wisata Anyer,” kata Agus.

Ia juga menargetkan, pariwisata di Kabupaten Serang bisa terus meningkat melalui kegiatan AKCF yang dilakukan secara rutin setiap tahun. “Melalui rangkaian AKCD, kami lihat Anyer sudah ramai dikunjungi wisatawan. Ini menandakan kalau wisata Anyer sudah berangsur pulih,” paparnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati mengapresiasi Pemkab Serang yang konsen dalam mempromosikan destinasi wisata Anyer, terutama pantai yang terdampak bencana.

“Mudah-mudahan targetnya bisa tercapai, dan semakin banyak wisatawan nasional dan mancanegara yang berkunjung ke Pantai Anyer,” imbuhnya. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Ribuan Masyarakat Ikuti Senam Masal

Published

on

LEBAK – Menyambut Hari Jadi Kabupaten Lebak yang ke-191, Pemerintah Kabupaten Lebak menggelar Kegiatan Senam Massal dan Lomba Senam Bersama Wakil Bupati Lebak bertempat di Alun-alun Rangkasbitung, Minggu (1/12/2019).

Ribuan Masyarakat Lebak memadati area Alun-alun Rangkasbitung untuk mengikuti kegiatan Senam Massal dan Lomba Senam.

Kegiatan yang mendapat antusias sangat luar biasa dari masyarakat ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lebak, Para Asisten, dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kab. Lebak.

Dalam sambutannya Wabup menjelaskan tujuan dari diadakannya kegiatan ini selain dalam rangka Memperingati Hari Jadi Kab. Lebak yang ke-191 namun juga agar masyarakat Kabupaten Lebak menjadi sehat.

“Tujuan diadakannya acara ini biar rakyat Lebak sehat, kalau sudah sehat maka secara otomatis pikirannya jernih kalo sudah jernih maka akan kreatif dan berinovatif, kalau sudah berinovatif ini bisa komit dengan visi lebak yg namanya wisata,” ucap Wabup.

Wabup berpesan kepada semua masyarakat Kab. Lebak agar terus berinovasi dalam hal apapun untuk menarik wisatawan lokal maupun asing datang ke Kabupaten Lebak.

Ia menambahkan bahwa wisata adalah pemancing untuk kemajuan ekonomi rakyat, yang memungkinkan masyarakat Kab. Lebak menjadi lebih sejahtera, kemudian masalah kesehatan dan sebagainya bisa teratasi.

Selain itu Rohayani, salah satu peserta senam masal mengaku sangat senang dengan diadakannya kegiatan senam masal ini, selain untuk kesehatan, Rohayani mengaku menjadi pemburu doorprize. “Saya senang sekali di Lebak ada kegiatan seperti ini, selain ingin ikut senam untuk kesehatan saya, saya juga menunggu doorprize yang dijanjikan,” tambah Rohayani.

Untuk diketahui ada sekitar 1.273 peserta lomba senam yang terbagi dalam 4 kategori. Kategori pelajar 82 regu, kategori sanggar 67 regu, OPD 47 regu (masing-masing regu terdiri dari 5 peserta), Dance 68 orang peserta, dan pemula 225 orang peserta. (hendri/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending