Connect with us

EVENT-EXHIBITION

Disesaki Puluhan Band & Brand Ternama, Ajang Banten Indie Clothing 2019 Lebih ‘Ramah’

Published

on

SERANG – Gelaran kegiatan Banten Indie Clothing (BIC) resmi dibuka, Rabu (11/12/2019).  Kegiatan tersebut rencananya bakal digelar selama 5 hari, mulai tanggal 11 hingga 15 Desember 20119.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, BIC tahun kelima ini bakal lebih ‘Ramah’ baik Ramah Lingkungan maupun Ramah Disabilitas. Karena dikemas dengan kampanye gerakan sadar sampah, dengan menggandeng komunitas Movement Go Green untuk mengampanyekan gerakan sadar tidak membuang sampah sembarangan.

BIC 2019 merupakan gelaran kesepuluh pada tahun kelima sejak 2014. Setiap tahun antusiasme warga terus meningkat. Tercatat ada 30 sampai 40 persen peningkatan jumlah pengunjung tiap tahun. Dari 80 brand yang ikut serta pada gelaran sebelumnya, ditahun ini peserta BIC meningkat menjadi 100 brand.

“Di antaranya, brand Ztff, Astronkido, Risgnlight, RKLB, Mugabe, Plankon, Voojah, Macaba, Delarock, Cosmic, dan Goziel. Tujuh puluh persen dari brand lokal Banten dan 30 persen dari luar Banten. Ini termasuk brand luar yang investasi di Kota Serang,” kata Adam Adhary, selaku Pembina BIC.

BIC tahun ini, lanjutnya, tidak hanya sekadar menjual brand-brand fashion seperti kaos, kemeja, jaket, sweater, sepatu, dan pernak-pernak lainnya, namun juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan dan pertunjukan budaya lokal.

Tidak sampai disitu, guna mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dalam hal perhatian kepada disabilitas yang ada di Kota Serang, panitia menyiapkan dua stand khusus untuk para diffabel.

“Salah satu hasil alat bantu untuk anak berkebutuhan khusus temuan mahasiswa Untirta juga disajikan. Mulai dari scooter mobility dan baby walker untuk tunadaksa. Pendeteksi warna, pendeteksi ruangan, dan tongkat sensor untuk tunanetra, serta gelang getar untuk tunarungu,” ungkap Adam.

Hal senada diungkapkan Iip Midun selaku PIC kegiatan BIC. Dirinya menyampaikan, untuk konsep layout BIC ke-10 ini, pihaknya menerapkan konsep labirin guna memberikan kepuasan kepada para peserta, sehingga pengunjung dengan leluasa berkeliling di BIC tanpa melewatkan satupun brand yang ikut serta.

“Selain brand, kami juga menyediakan booth kuliner yang diisi oleh 30 jenis kuliner sehingga pengunjung tidak perlu repot keluar area jika haus dan kelaparan,” ucapnya. Di gelaran ke-10 ini sebanyak 9 brand baru ikut serta, dimana 70 lebih diantaranya merupakan brand lokal.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop UKM Kota Serang Yoyo Dwi Cahyono yang berkesempatan membuka acara tersebut menyampaikan, kegiatan BIC dinilai sebagai sebuah solusi dalam menekan angka pengangguran. Selain itu tambahnya, dengan adanya perputaran uang dalam kegiatan BIC, dinilai mampu meningkatkan perekonomian di Kota Serang.

“Dengan adanya kegiatan ini, selain mengatasi pengangguran karena banyak SDM yang dilibatkan, juga membantu perputaran ekonomi di Kota Serang. Karena selain dari Kota Serang, banyak pengunjung yang hadir dari luar daerah dan ini merupakan kesempatan bagi kami untuk lebih jauh mengenalkan potensi yang ada di Kota Serang seperti pariwisata, budaya, dan unsur yang lainnya,” jelasnya saat diwawancarai di lokasi kegiatan.

“Tadi saja hasil perbincangan dengan Pak Adam, brand-brand yang ikut disini, masih membutuhkan SDM seperti SPG dan yang lainnya. Panitia juga ikut melibatkan sejumlah pemuda dalam kegiatan ini, sehingga mereka memiliki pekerjaan meski hanya menjadi crew selama kegiatan berlangsung. Ada 100 brand rata-rata membutuhkan 3 sampai 5 SPG tinggal dikalikan saja berapa banyak SDM yang dilibatkan. Besar harapan kami, kedepan kegiatan ini bisa lebih besar dan lebih meriah lagi, sehingga bisa memberikan angka yang signifikan dalam mengatasi pengangguran dan ekonomi di Kota Serang,” tandasnya. (*/yogi)

CONFERENCE

Sambut HUT RI Ke-75, Lapas Kelas I Tangerang Gelar Pekan Olahraga dan Seni

Published

on

CILEGON – Menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang memantapkan rencana kegiatannya untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Bertempat di Lapangan Lapas Olahraga Kelas I Tangerang, Kegiatan ini ditandai dengan upacara pmbukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (11/08/2020).

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Kelas 1 Tangerang, Jumadi. Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon yang ke udara. Berbagai pertandingan dan perlombaan yang akan diselenggarakan, diantaranya futsal, basket, volly, tenis meja, catur, tarik tambang, balap karung, ngamen 17-an, melukis, dekorasi gapura dan kebersihan blok.
 
Kepala Lapas Kelas I Tangerang, Jumadi menyampaikan bahwa pertandingan dan perlombaan untuk warga binaan ini sudah mulai digelar.

“Jadi kepada seluruh pegawai dimohon untuk saling bekerja sama menyukseskan acara ini sesuai dengan apa yang telah diperintahkan,” tutur Kalapas.

Kalapas juga berpesan kepada WBP untuk aktif berpartisipasi dan semangat dalam mengikuti kegiatan ini.

“Saatnya berpikir positif untuk memajukan pemasyarakatan, utamakan sportifitas serta jaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung, utanakan kekompakan bukan hanya kemenangan,” tambahnya.
 
Usai pelaksanaan upacara, rangkaian pertandingan pun mulai dilakukan dengan menggelar pertandingan futsal antara Blok F melawan Blok C yang secara simbolis diawali dengan tendangan penalty dari Kalapas Kelas 1 Tangerang.

Pertandingan berlangsung penuh keseruan, ditonton oleh Kalapas dan Pegawai, serta Warga Binaan Lapas Kelas 1 Tangerang berakhir dengan skor 8-5 untuk kemenangan Blok F. Kemudian dilanjutkan dengan perlombaan yang lainnya. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Published

on

Pemkot Serang Dapat Bantuan Uang Tunai Untuk Para Petani dan Nelayan Dari KKP RI dan Komisi IV DPR RI

SERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menerima kunjungan kerja (Kunker) dari tim Komisi IV DPR RI bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Karangantu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Selasa (11/8/2020).

Dalam kunjungannya juga, mereka memberikan bantuan stimulus untuk para nelayan, petani dan lainnya.

“Alhamdulilah pada saat ini, disamping dari Kementrian RI dan Komisi IV DPR RI berupa uang tunai,” kata Syafrudin kepada awak media.

Sedangkan, adanya anspirasi para nelayan yang ingin memperlebar kawasan Pantai Gope, kata Syafrudin, sebetulnya Pemkot Serang sudah memiliki program tersebut karena pengunjungnya setiap hari Sabtu-Minggu membeludak.

“Kami sudah punya program perlebar kawasan itu, karena pada hari Sabtu-Minggu itu ramai pengunjung. Program pertamanya itu akan memperlebar Pantai Gope, kemudian memfungsikan Pantai Pasir Putih yang ada di Belakang Kelenteng yang akan membangun akses jalan,” katanya.

“Pantai Gope antara reklamasi atau pembelian lahan. Tapi akan dibahas dulu dengan dinas terkait,” tambahnya. (*/yogi)

Continue Reading

CONFERENCE

Maksimalkan Layanan Di Masa Pandemi, Lapas Cilegon Launching Layanan Drive Thru

Published

on

CILEGON – Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon terus melakukan beragam inovasi ditengah Pandemi Covid-19, Salah satunya dengan Meluncurkan Drive Thru Lapas Cilegon atau Lagoon Moda.

Kakanwil Kemenkumham Banten R. Andika Dwi Prasetya (kiri) didampingi Kalapas kelas IIA Cilegon Masjuno (kanan) saat press conference, Senin (10/8/2020).

Bertempat di Gerbang Utama Lapas Cilegon, Peluncuran Layanan Kunjungan dipimpin Langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Banten R. Andika Dwi Prasetya, serta diikuti oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala Lapas Cilegon, Kepala Lapas Rangkasbitung, Kepala Lapas Serang, Kepala Rupbasan Serang, Kepala Rutan Serang, Kepala Rutan Pandeglang, Kepala Imigrasi Cilegon, Kepala Imigrasi Serang, dan para keluarga Warga Binaan.

Mengawali sambutan serta Laporan, Kepala Lapas Cilegon Masjuno menyampaikan bahwa kali ini pihaknya sengaja mengundang untuk acara launching produk layanan kunjungan Drive Thru Lapas Cilegon.

“Sesuai dengan arahan pimpinan, Kita harus tetap produktif melayani masyarakat ditengah pandemi covid-19. Kita harus menggeliat. Dan alhamdulilah hari ini kami memohon restu dan petunjung Kakanwil Kemenkumham Banten untuk meresmikan layanan kunjungan drive thru Lagoon Moda,” ungkap Kalapas. Senin (10/08)/2020.

Lanjutnya, Kalapas berharap dengan adanya Lagoon Moda ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya keluarga warga binaan yang berkunjung.

“Untuk kepentinga Zona Integritas, Ini juga menjadi layanan khusus, Ini kita sudah uji lapangan sejak tanggal 5, bersama Ombudsman, BPKP dan BPS Kota Cilegon. Kami juga mengundang konsultan dari rekanan di luar untuk senantiasa sharing dengan kami,” tambahnya.

Sementara itu, dalam paparannya Kakanwil Kemenkumham Banten R. Andika Dwi Prasetya mengapresiasi Lapas Cilegon karena Terus berinovasi meski di tengah Pandemi.

“Alhamdulilah hari ini kita menyaksikan bentuk karya dari Lapas Cilegon. Ini wujud pengabdian kepada bangsa dan negara,” ujar Kakanwil.

Masih kata Kakanwil, “Kita semua hadir di tempat ini dalam rangka menyaksikan satu karya pelayanan dari lapas Cilegon untuk masyarakat. Khusus nya keluarga warga binaan yang akan mengunjungi keluarga nya yang sedang menjalani masa pidana di Lapas Cilegon,” kata Kakanwil.

Kakanwil menegaskan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan pikiran untuk masyarakat agar mendapat kemudahan dan mendapatkan pelayanan yang terbaik. (yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending