Connect with us

EVENT-EXHIBITION

Bupati Lebak Meriahkan Fashion Show Seba Baduy 2019

Published

on

LEBAK – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya turut melenggang pada runway dalam pembukaan fashion show sebagai rangkaian dari event Seba Baduy 2019, di Alun-alun Rangkasbitung, tepatnya di depan Kantor Bupati Lebak, Jumat (3/5/2019) malam.

Fashion show ini dibatasi khusus untuk memperagakan pakaian Baduy dan Batik Lebak, namun tetap boleh dikreasikan sesuai kreativitas desainer atau masing-masing peserta. Dengan kata lain, acara ini memang difokuskan untuk mengangkat kekayaan budaya masyarakat setempat.

Selain Bupati Iti Octavia Jayabaya, tampil pula sejumlah pejabat Pemkab Lebak, sebelum para peserta fashion show berlomba dalam ajang tersebut. Yang jelas, acara ini berhasil menarik perhatian masyarakat. Pengunjung bahkan sudah datang ke lokasi sejak sore, karena memang sudah banyak stand yang buka di lokasi kegiatan.

Sejumlah stand antara lain menampilkan produk-produk UMKM masyarakat Baduy atau masyarakat Lebak pada umumnya. Antara lain baju khas warga Baduy, kain tenun, tas tradisional, ikat kepala, batik Lebak, dan lain-lain. Ada pula beragam cinderamata seperti gelang dan gantungan kunci.

Staf Khusus Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuty mengatakan, Exciting Banten on Seba Baduy 2019 digelar pada tanggal 3-6 Mei. Agenda utamanya dihelat pada 4 Mei di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Inilah saatnya masyarakat pedalaman Baduy ‘turun gunung’.

“Seba Baduy didedikasikan untuk menjaga dan melestarikan budaya masyarakat Baduy. Ini menjadi event tahunan yang selalu ditunggu kehadirannya. Bahkan, banyak masyarakat di luar Banten yang penasaran dan ingin mengunjungi acara ini. Banyak wisatawan yang tertarik untuk datang,” ujarnya, Jumat (3/5).

Menurutnya, cerita tentang masyarakat Baduy merupakan sesuatu yang sangat luar biasa. Ini menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi pariwisata Banten. Salah satu keunikanya bahwa masyarakat Baduy tetap menjalankan tradisi dan adat istiadat secara utuh. Tetap bertahan dengan tradisi di tengah derasnya modernisasi dunia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menambahkan, puncak kegiatan Seba Baduy dimulai dengan acara adu ranji di Alun-alun Rangkasbitung. Di panggung utama, seniman lokal akan memainkan musik Sunda, bersamaan dengan digelarnya permainan tradisional di area Rumah Baduy.

“Long march masyarakat Baduy akan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Acara ini selalu jadi daya tarik. Masyarakat dan pengunjung akan memadati sepanjang rute yang dilalui. Kami yakin, keunikan masyarakat Baduy mampu menjaring banyak wisatawan,” ungkapnya.

Puncak kegiatan Seba Baduy akan berlangsung hingga malam. Selepas maghrib, panitia akan membagikan 1.000 cangkir kopi kepada pengunjung. Seluruh rangkaian kegiatan akan ditutup dengan pertunjukan Wayang Golek khas Sunda.

“Seba Baduy sarat dengan muatan religi. Pusat dari semuanya tetap tertuju kepada Tuhan Yang Esa. Ada banyak pesan moral yang mengalir dari kegiatan ini. Kami berharap banyak masyarakat atau wisatawan yang hadir pada perayaan Seba Baduy ini,” jelasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku optimistis event ini akan memberikan input maksimal bagi industri pariwisata di Lebak, Banten. Terlebih, eksotisme masyarakat Baduy sebagai salah satu suku asli dari daerah setempat, sejak dulu sudah terkenal keseantero negeri.

“Seba Baduy selalu menarik perhatian publik. Kontennya unik dan menarik. Wisatawan akan mendapat banyak experience terbaik. Dengan besarnya pergerakan wisatawan di sana, value bagi industri pariwisata akan maksimal,” tandasnya. (*/lusi/ygi)

EVENT-EXHIBITION

Telkomsel Wadahi Ajang Unjuk Minat & Bakat Pelajar SMA di wilayah CIAYUMAJAKUNING

Published

on

CILEGON – Telkomsel menghadirkan Telkomsel XSCHOOL League 2019 Create Your Passion, yang merupakan ajang kompetisi di bidang olahraga, seni, pendidikan dan dunia digital bagi pelajar SMA di wilayah Ciayumajakuning. Opening Ceremony diadakan di Arena Basket Generasi Muda Cirebon (GMC) pada 20 Juli 2019, mengawali rangkaian kegiatan tersebut. Selain itu para perwakilan Pelajar SMA wilayah Ciayumajakuning juga mengikuti Technical Meeting, dan pengundian group penyisihan untuk setiap peserta diberbagai cabang yang dipertandingkan.

General Manager Consumer Sales Regional Jabar Telkomsel, Mulya Budiman mengatakan, ”Telkomsel akan terus berupaya menghadirkan sarana bagi para pelajar, untuk mengembangkan minat dan bakatnya ke arah yang lebih produktif. Sekaligus menunjang kebutuhan informasi dan komunikasi melalui layanan dan produk terbaik dari Telkomsel.”

Telkomsel XSchool League 2019 akan dimulai dengan babak penyisihan di empat wiliyah Ciayumajakuning, Kuningan dan Cirebon akan menjadi tempat pertama penyelenggaraan pada 22 – 24 Juli, Indramayu 25 – 27 Juli, Majalengka 29 – 31 Juli dan puncak acara sekaligus pengukuhan pemenang di kota Cirebon pada tanggal 10 Agustus 2019. Kompetisi Telkomsel XSchool ini sendiri terbagi menjadi beberapa kategori pertandingan , seperti pada bidang Sport (Futsal dan Basket), bidang edukasi (Rangking 1 Quiz&Trivia), bidang digital (Game Online PUBG&ML), dan bidang digital art competition (Telkomsel Got Talent,Video Short Movie & Photography contest).

Kompetisi yang diikuti 40 SMA di wilayah Ciayumajakuning ini, diharapkan mampu menanamkan dan menumbuhkan semangat sportifitas sekaligus kompetitif bagi para pelajar. Selain itu untuk memenuhi kebutuhan pelajar mengaktualisasikan dirinya, Telkomsel juga menghadirkan kartunya anak sekolah 4GB di Cirebon, Indramayu dan 3,25 GB di Kuningan, Majalengka dengan harga terjangkau untuk mendukung kebutuhan akses komunikasi dan informasi bagi para pelajar.

Telkomsel XSchool League 2019 sendiri, merupakan bagian dari program sosialisasi alat absensi digital menggunakan LinkAja untuk pelajar yang lebih dikenal dengan XSchool. Dimana sekolah diharapkan bisa menjadi ekosistem digital yang terus berkembang, dan kedepannya bisa terintegrasi membentuk cashless society. Selain itu tidak hanya akses absensi digital bagi pelajar, tetapi juga pembayaran SPP sekolah secara cashless, Infaq digital, hingga transaksi keuangan di kantin sekolah menggunakan LinkAja bisa dinikmati pelajar, guru hingga orang tua murid.

“Melalui program Telkomsel XSchool League ini, kita akan menyaksikan bakat dan talenta baru yang lahir untuk mengukir prestasi dan mengharumkan nama sekolah mereka. Telkomsel juga bekerjasama dengan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Setempat, untuk memberikan pembekalan dan pengembangan minat dan bakat bagi para Juara,” ujar Mulya. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Jaga Kekompakan, IOF Pengda Banten Gelar Silaturahmi Hingga Adventure

Published

on

CILEGON – Pengurus Daerah Indonesia Offroad Federation (Pengda IOF) Banten kegiatan silaturahmi antar club offroad yang dilaksanakan di Rumah Makan Ananda tepatnya di Jalan Akses Tol Keluar Merak, Banten, yang juga merupakan markas dari club Taft Diesel Indonesia (TDI) Chapter Banten, Jum’at (19/7/2019).

Dalam agenda tersebut hadir puluhan anggota dari beberapa club yang tersebar di wilayah Banten.

Ketua IOF Pengda Banten H. Muhammad Ato menyampaikan, kegiatan silaturahmi dilaksanakan dalam rangka memperkuat kekompakan antar penggiat offroad yang ada di Banten.

“Selain untuk menjaga kekompakan, kegiatan juga dilaksanakan dalam rangka menampung aspirasi para anggota club, untuk keberlangsungan proses berjalannya IOF Pengda Banten agar lebih baik lagi kedepan. Dalam waktu dekat, kita juga membahas kegiatan kedepan yang akan dilaksanakan usai pelantikan di akhir bulan ini,” jelasnya.

Usai menggelar agenda silaturahmi kegiatan dilanjutkan dengan acara serah terima sertifikat keanggotaan club yang telah resmi mendaftar ke IOF.

“Untuk club yang ingin mendaftar ke IOF bisa langsung datang ke sekretariat IOF Pengda Banten di Ruko Green Mega Block. Selain mobil (4×4), semua jenis olahraga yang berkaitan dengan lingkungan alam juga bisa ikut bergabung seperti motor trail, sepeda gunung, pendaki gunung, bahkan club mobil RC (Remote Control) juga dipersilahkan untuk bergabung di IOF. Jadi tidak hanya otomotif saja, karena di IOF sendiri juga ada IOF Peduli, dan IOF Rescue,” paparnya.

Dari basecamp TDI, beberapa offroad melanjutkan agenda silaturahmi dengan kegiatan Adventure Fun Offroad melintasi jalur Anyer-Cinangka, masuk ke Kawasan Cagar Alam Rawa Danau, dan finish di Jalan Lingkar Selatan, hingga 8 rombongan mobil berpisah untuk pulang ke rumah masing-masing, Sabtu (20/7/2019).

Belum lama ini, IOF Pengda Banten juga telah melaksanakan kegiatan sosial berupa pendistribusian air bersih ke beberapa lokasi kekeringan yang ada di Banten.

IOF Pengda Banten melalui gerakan IOF Peduli mendistribusikan bantuan air bersih ke Lingkungan Pasir Salam, Lingkungan Pasir Kelapa, Lingkungan Batu Lawang, Lingkungan Porod Lampung, di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Lingkungan Combong, Kelurahan Kepuh, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, dan beberapa wilayah yang berada di Kabupaten Serang.

IOF juga support terhadap kegiatan kepariwisataan dan misi kemanusiaan lainnya. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Polresta Tangerang Gelar Gebyar Hari Bhyangkara ke 73 Tahun

Published

on

TANGERANG – Polres Tangerang bersama Forkopimda Tangerang melaksanakan kegiatan pembukaan Gebyar Hari Bhayangkara ke-73 tahun di Alun-alun Tiga Raksa, Tangerang, Rabu (17/7/2019).

Dalam kegiatan ini dihadiri lansung oleh Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif SIK Msi, unsur Pemkab Tangerang, Kejari Tigaraksa, Ketua MUI Kabupaten Tangerang, perwakilan ormas, dan unsur masyarakat lainnya.

Dalam sambutan, Sabilul menyampaikan Gebyar Hari Bhayangkara merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Bhayangkara ke-73 Polresta Tangerang.

“Ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-73 di Wiliyah Hukum Polda Banten yang kegaiatannya sudah dimulai dengan digelarnya Festival Damai Kebhinekaan dan MRSF,” ujarnya.

Selanjutnya, dilaksanakan rangkaian kegiatan yang diinisiasi Polresta Tangerang seperti Bakti Religi, Bakti Sosial Donor Darah, dan Upacara Hari Bhayangkara yang dirangkaikan dengan lomba-lomba dan hiburan rakyat.

Adapun kegiatan Gebyar Hari Bhayangkara akan digelar sejak 17-28 8 Juli 2019. Isi kegiatan diantaranya Bazar, Wisata Kuliner, Fashion Show, Pentas Kreativitas Polisi Cilik, dan Santunan Anak Yatim. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending