Connect with us

EVENT-EXHIBITION

Bupati Lebak Meriahkan Fashion Show Seba Baduy 2019

Published

on

LEBAK – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya turut melenggang pada runway dalam pembukaan fashion show sebagai rangkaian dari event Seba Baduy 2019, di Alun-alun Rangkasbitung, tepatnya di depan Kantor Bupati Lebak, Jumat (3/5/2019) malam.

Fashion show ini dibatasi khusus untuk memperagakan pakaian Baduy dan Batik Lebak, namun tetap boleh dikreasikan sesuai kreativitas desainer atau masing-masing peserta. Dengan kata lain, acara ini memang difokuskan untuk mengangkat kekayaan budaya masyarakat setempat.

Selain Bupati Iti Octavia Jayabaya, tampil pula sejumlah pejabat Pemkab Lebak, sebelum para peserta fashion show berlomba dalam ajang tersebut. Yang jelas, acara ini berhasil menarik perhatian masyarakat. Pengunjung bahkan sudah datang ke lokasi sejak sore, karena memang sudah banyak stand yang buka di lokasi kegiatan.

Sejumlah stand antara lain menampilkan produk-produk UMKM masyarakat Baduy atau masyarakat Lebak pada umumnya. Antara lain baju khas warga Baduy, kain tenun, tas tradisional, ikat kepala, batik Lebak, dan lain-lain. Ada pula beragam cinderamata seperti gelang dan gantungan kunci.

Staf Khusus Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuty mengatakan, Exciting Banten on Seba Baduy 2019 digelar pada tanggal 3-6 Mei. Agenda utamanya dihelat pada 4 Mei di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Inilah saatnya masyarakat pedalaman Baduy ‘turun gunung’.

“Seba Baduy didedikasikan untuk menjaga dan melestarikan budaya masyarakat Baduy. Ini menjadi event tahunan yang selalu ditunggu kehadirannya. Bahkan, banyak masyarakat di luar Banten yang penasaran dan ingin mengunjungi acara ini. Banyak wisatawan yang tertarik untuk datang,” ujarnya, Jumat (3/5).

Menurutnya, cerita tentang masyarakat Baduy merupakan sesuatu yang sangat luar biasa. Ini menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi pariwisata Banten. Salah satu keunikanya bahwa masyarakat Baduy tetap menjalankan tradisi dan adat istiadat secara utuh. Tetap bertahan dengan tradisi di tengah derasnya modernisasi dunia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menambahkan, puncak kegiatan Seba Baduy dimulai dengan acara adu ranji di Alun-alun Rangkasbitung. Di panggung utama, seniman lokal akan memainkan musik Sunda, bersamaan dengan digelarnya permainan tradisional di area Rumah Baduy.

“Long march masyarakat Baduy akan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Acara ini selalu jadi daya tarik. Masyarakat dan pengunjung akan memadati sepanjang rute yang dilalui. Kami yakin, keunikan masyarakat Baduy mampu menjaring banyak wisatawan,” ungkapnya.

Puncak kegiatan Seba Baduy akan berlangsung hingga malam. Selepas maghrib, panitia akan membagikan 1.000 cangkir kopi kepada pengunjung. Seluruh rangkaian kegiatan akan ditutup dengan pertunjukan Wayang Golek khas Sunda.

“Seba Baduy sarat dengan muatan religi. Pusat dari semuanya tetap tertuju kepada Tuhan Yang Esa. Ada banyak pesan moral yang mengalir dari kegiatan ini. Kami berharap banyak masyarakat atau wisatawan yang hadir pada perayaan Seba Baduy ini,” jelasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku optimistis event ini akan memberikan input maksimal bagi industri pariwisata di Lebak, Banten. Terlebih, eksotisme masyarakat Baduy sebagai salah satu suku asli dari daerah setempat, sejak dulu sudah terkenal keseantero negeri.

“Seba Baduy selalu menarik perhatian publik. Kontennya unik dan menarik. Wisatawan akan mendapat banyak experience terbaik. Dengan besarnya pergerakan wisatawan di sana, value bagi industri pariwisata akan maksimal,” tandasnya. (*/lusi/ygi)

EVENT-EXHIBITION

Honda Banten Ajak PHB Bukber sekaligus Nobar MotoGP

Published

on

SERANG – Dalam rangka menjalin silahturahmi di bulan Ramadhan, Honda Banten mengajak pengguna motor Honda yang tergabung dalam Paguyuban Honda Banten (PHB) Buka puasa bersama (bukber) di Golden Attack Cafe Serang, Minggu (19/5/2019).

Hal ini selain menjadi agenda bulanan divisi Community Honda Banten, juga sebagai bentuk menjaga silahturahmi diantara member klub yang berada di bawah naungan PHB.

“Ada sekitar 50 bikers yang ikut seperti dari HCC (CBR), HBCB, Scoopy, HPMC, VRCI, dan lainnya. Seperti biasa, kami ajak bikers rolling city di seputar Kota Serang,” ujar Pampam PIC Community Honda Banten kepada BantenEvent di tengah acara.

Selain buka puasa bersama, acara kumpul dilanjutkan dengan nonton bareng MotoGP seri Bugatti, Perancis. Sorak sorai pendukung Marc Marquez pembalap utama tim Honda tampak memenuhi food area Golden Attack.

“Nobar MotoGP ini juga bagian dari Community Gathering kami dengan mengundang komunitas Honda CBR HCC Banten, dimana pengguna Honda CBR baik 150cc dan CBR 250RR di Banten semakin bertambah setiap bulannya,” terang Pampam.

Khususnya Honda CBR 250RR, lanjut Pampam, sport bike yang memiliki DNA MotoGP ini kini semakin digemari anak muda Banten karena sudah ada 3 riding mode yang bisa disesuaikan dengan selera berkendara.

“Selain itu kami juga tetap mensosialisasikan safety riding kepada komunitas. Boleh kebut, tapi tetap memperhatikan point penting baik dari kelengkapan berkendara, keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Sesuai tagline Honda #CARI_Aman, kita naik motor harus memikirkan hal lain, terutama keluarga di rumah yang menanti kita,” tegas Pampam. (yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

SOTR Ala VOF’B, Ajak Masyarakat Untuk Selalu Bersyukur

Published

on

CILEGON – Salah satu komunitas otomotif yakni Volcano Owner’s Family – Banten (VOF’B), pada Minggu (19/5/2019) dini hari menggelar agenda kegiatan Sahur On The Road (SOTR) bersama para member VOF’B.

Dalam kegiatan SOTR yang dilakukan, para member VOF’B juga melakukan aksi sosial berupa kegiatan berbagi makanan untuk santap sahur yang diberikan kepada kaum dhuafa, fakir miskin, dan gelandangan yang mereka jumpai di sepanjang jalan.

Ketua VOF’B Ricky Rizky Handriawan kepada wartawan memaparkan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut.

“Hal ini kami lakukan, karena banyak keluarga miskin dan fakir yang sangat membutuhkan makanan untuk sahurnya. Oleh karena itu kami dari VOF’B memberikan mereka makanan sahur agar mereka bisa terbantu dalam menjalankan kewajiban puasa di Bulan Ramadhan ini,” jelasnya.

Adapun lanjut Ricky, sasaran dalam kegiatan sosial tersebut diantaranya pemulung, tukang becak, pengemis, dan orang-orang yang membutuhkan makanan sahur untuk puasa esok hari.

“Alhamdulillah banyak sekali bapak-bapak dan juga ibu-ibu yang masih tidur di pinggir jalan (tunawisma), dan sangat bahagia mendapatkan santap sahur yang kami berikan,” ungkapnya dengan nada mengharu biru.

Lewat kegiatan yang dilaksanakan, pihaknya mengajak kepada semua insan di muka bumi, agar jangan pernah mengeluh, dan mengajak kita semua agar selalu bersyukur, karena diluar sana masih banyak orang-orang yang lebih susah dan lebih membutuhkan.

“Semoga adanya kegiatan Sahur On The Road, komunitas Volcano Owner’s Family bisa makin solid dan selalu kompak dalam hal kebaikanyangn dilakukan,” tandasnya.

Untuk diketahui, Volcano Owner’s Family – Banten merupakan komunitas yang dibentuk oleh sekelompok pemuda dan pengusaha Banten pada tanggal 22 Desember 2018 di Kota Cilegon.

Hingga saat ini, jumlah anggota di VOF’B sudah mencapai total sebanyak 38 orang dan jumlah tersebut di prediksi akan terus berkembang.

Untuk kepengurusan periode pertama ini, VOF’B diketuai oleh Ricky Rizky H didampingi oleh Sumanta Putra sebagai wakil.

Membawa nama VOF’B, duet kepemimpinan yang merupakan perpaduan antara pemuda dan pengusaha yang peduli terhadap kondisi dan kemajuan Kota Cilegon khususnya dan Provinsi Banten pada umumnya, diharapkan bisa memberikan warna baru bagi Banten dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Panglima TNI & Wakapolri di Banten Merupakan Bentuk Soliditas TNI-Polri Bersama Ulama

Published

on

SERANG – Panglima TNI Marsekal Hadi Thajanto, SIP, dan Wakapolri Komjen Pol Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H. memasuki Markas Polda Banten langsung disambut oleh Kapolda Banten Jenderal Polisi Drs. Tomsi Tohir. M.Si, Sabtu (18/05/2019).

Panglima TNI Dan Waka polri juga menerima sorban dari Ulama senior Banten KH. Abuya Muhtadi Sebagai tanda doa dari para ulama Dan sesepuh Banten, berharap panglima TNI Dan Waka polri beserta rombongan selalu dalam lindungan Dan Ridho Allah SWT.

Panglima TNI Dan Wakapolri juga menerima persembahan tradisi penyambutan rampag bedug kolaborasi TNI Dan Polri yang merupakan bentuk Sinergitas TNI-Polri dalam bidang kebudayaan.

Tampak hadir dalam acara itu sejumlah Ulama Dan Para Pejabat TNI-Polri serta Forkopimda, antara lain Habib Alwi, Habib Said Aqil Sirog, KH. Abuya Muhtadi, Kakanwil Kemenag Provinsi Banten DR.KH. A. Bazaari Syam,M.Pd.I, Ketua MUI provinsi Banten KH. Romli, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi, Dan para Pejabat Utama Polda Banten serta pejabat utama dari jajaran TNI wilayah Banten.

Kegiatan diisi dengan sambutan dari Kapolda Banten dan Waka polri serta dilanjutkan pemberian santunan tali asih kepada anak yatim piatu.

Dalam sambutannya Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir menuturkan, pasca pelaksanaan Pemilu 2019, situasi keamanan dan ketertiban di provinsi Banten masih aman dan kondusif.

“Mohon izin Pak Panglima dan Wakapolri saya melaporkan bahwa situasi Kamtibmas di Banten saat ini aman, tertib dan terkendali, mohon doa situasi ini dapat seterusnya seperti itu,” katanya.

Dia menambahkan, kegiatan safari Ramadan bersama ini merupakan bentuk soliditas dan solidaritas TNI-Polri bersama ulama.

Dalam kegiatan yang sama melalui sambutannya Wakapolri menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara yang penuh dengan keragaman akan perbedaan adat, suku, bahasa dan budaya yang rawan menjadi retak jika tidak bisa memadukan keragaman tersebut.

“Karena itu kesadaran tentang Indonesia sebagai negara yang kaya dengan ragam suku, bahasa, etnis budaya dan golongan harus kembali digelorakan,” katanya.

Dikatakan oleh Wakapolri, persatuan dan kesatuan merupakan hal yang penting Dan utama dalam memajukan Dan mensejahterkan bangsa.

“Satu hal yang juga harus kita sadari bahwa nikmat terbesar yang telah kita terima sebagai bangsa Indonesia adalah nikmat kemerdekaan yang sudah kita rasakan selama hampir 74 tahun,” ujarnya.

Sejak merdeka 74 tahun lalu,kata Ari Dono, bangsa Indonesia bisa hidup berdampingan bahagia menikmati cita rasa yang ada di Indonesia.

“Hal itu patut kita syukuri bersama dengan terus menjaga dan mengisi kemerdekaan ini untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa, karena itu kegiatan safari ramadhan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan,” ucapnya.

Ditegaskan Wakapolri, pada pemungutan suara pemilu 2019 yang telah berlalu namun ada riak-riak yang berpotensi memecah belah. Untuk itu persatuan dan kesatuan harus dipupuk kembali.

“Sehingga apa yang sudah berlalu kemarin, kalau mungkin ada perbedaan mari kita tinggalkan untuk bersama bersatu memupuk persatuan dan kesatuan NKRI,” tutupnya.

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending