Connect with us

EVENT-EXHIBITION

5 ‘Bule’ Turut Ramaikan Festival Bedolan Pamarayan

Published

on

SERANG – Festival Bedolan Pamarayan dan Pesta Rakyat resmi dibuka sebagai bagian peringatan hari ulang tahun Kabupaten Serang ke-493. Namun kali ini sedikit berbeda, pada kegiatan yang digelar selama tiga hari ini, Rabu-Jumat (23-25/10/2019), Pemkab Serang melibatkan warga negara asing untuk turut menjadi bagian dari kegiatan.

Mereka yakni Radarani dari Ekuador, Laura dan Caesar dari Meksiko, Shafi dari Iran, dan Hendry dari Inggirs. Mereka berkolaborasi menyambut Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dengan menampilkan tarian Sunda dengan iringan musik khas Sunda. Tidak hanya itu, mereka juga berkolaborasi menciptakan musik dengan judul Labamba Sunda.

Tatu mengaku bangga dan berterima kasih atas kehadiran para warga negara asing pada Festival Bedolan Pamarayan. “Saya berharap, dengan ditingkatkanya kualitas kegiatan ini, bisa lebih menarik wisatawan dari luar kota dan mancanegara,” kata Tatu kepada wartawan, Rabu (23/10/2019).

Tatu menjelaskan, Festival Bedolan Pamarayan dikemas sebagai pesta rakyat dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun Kabupaten Serang. Dipamerkan ribuan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta ekspose pembangunan Kabupaten Serang.

“Kita hadirkan produk UMKM Kabupaten Serang yang tidak kalah dengan daerah lain. Festival Bedolan Pamarayan ini bisa menjadi pesta rakyat Kabupaten Serang yang bisa menarik wisatawan baik dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Sekedar diketahui, Festival Bedolan Pamarayan merupakan agenda tahunan Pemkab Serang. Bedol atau Bedolan Pamarayan bermakna membuka semua pintu Bendungan Pamarayan yang merupakan tradisi yang dimulai sejak zaman Belanda, untuk mencitrakan bahwa bendungan ini adalah milik rakyat.

Bedolan Pamarayan yang di masa lampau menjadi pesta para petani saat memasuki musim tanam dengan ramai-ramai menangkap ikan di sekitar Bendungan Pamarayan. Tradisi ini sempat punah, dan dihidupkan kembali Pemkab Serang sejak 13 Oktober 2018.

Tahun ini, Pemkab Serang membuat Bedolan Pamarayan sedikit berbeda. Bendungan Pamarayan hanya dibuka selama 4 jam karena terjadi kemarau ekstrim dan khawatir menguras air di hulu sungai. Namun pantia menyediakan area sungai seluas 3.4 hektare dan menebar ikan sebanyak 3 ton ikan.

Selain itu, pada festival ini dihadirkan berbagai kesenian khas Sunda dan khas Kabupaten Serang.

“Selain sebagai ajang promosi potensi wisata, Festival Bedolan Pamarayan ini ajang menampilkan kesenian yang sudah mulai jarang dilakukan. Agar kesenian Bangsa ini bisa terus dilestarikan,” ujar Tatu.

Sementara itu, Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati mengapresiasi upaya Pemkab Serang yang memberikan ruang secara luas bagi pelaku UMKM dengan memamerkan produk rakyat melalui ajang Festival Bedolan Pamarayan.

“Kegiatan ini menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan menjadi ajang promosi produk UMKM,” tuturnya. (*/lusi/yogi)

EVENT-EXHIBITION

Kawal Non Tunai, BI Serang Adakan Forum Sistem Pembayaran

Published

on

SERANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten menyelenggarakan kegiatan Forum Sistem Pembayaran yang dihadiri oleh sekitar 180 peserta yang terdiri dari perbankan (14 bank), asosiasi retail, pemerintah daerah, dan pedagang/merchant yang meliputi toko bangunan, rumah sakit, pedagang kaki lima, toko baju, toko aksesoris, studio musik, kuliner, dan lainnya di Serang, Rabu (4/12/2019).

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja, menyampaikan mengenai 5 Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025 dan Pengenalan mengenai QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

“Tujuan dari visi dan program inisiatif Bank Indonesia dalam sistem pembayaran adalah 91,3 juta unbanked people dan 62,9 juta UMKM dapat masuk ke dalam ekonomi-keuangan digital, terus bertumbuh, dan berkontribusi untuk perekonomian nasional,” kata Erwin.

Hadir pula sebagai narasumber dalam kegiatan ini Bapak Chrisdian Adinata dari PT Visionet Internasional (Ovo), Bapak Achmad Agustiyatama (CIMB Niaga), dan Bapak Dilly Ramadhan Nurrahmat (PT Fintek Karya Nusantara/Linkaja).

Ketiga narasumber tersebut menyampaikan informasi mengenai kelebihan dari transaksi non tunai antara lain praktis, akses lebih luas, transparansi transaksi, efisiensi rupiah, less friction economy, dan perencanaan ekonomi lebih akurat, serta mendorong masyarakat untuk beralih dari transaksi tunai ke transaksi nontunai dengan segala kelebihannya tersebut di atas. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

PLN UID Banten Rayakan Hari Difabel Internasional Bersama 1350 Siswa

Published

on

TANGERANG – Hari ini, Selasa 3 Desember 2019 adalah peringatan Hari Disabilitas Internasional. Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Disabilitas Internasional pada 1992. Bahagianya PLN UID Banten mendapat kesempatan luar biasa merayakan bersama anak-anak difabel di Kota Tangerang. Acara ini dihadiri oleh sekitar 1350 peserta dari 15 sekolah

Peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap penyandang disabilitas, memberikan dukungan penuh untuk meningkatkan kemampuan serta kesejahteraan difabel.

General Manager UID Banten Doddy B Pangaribuan menyatakan dalam sambutannya, “Melalui kegiatan hari ini, besar harapan kami akan semakin tumbuhnya kepedulian kita bersama terhadap perwujudan kemandirian dan kesejahteraan bagi penyandang disabilitas. Ini menunjukkan pula pengakuan kita terhadap difabel untuk ikut bersama-sama membangun masyarakat karena dengan semangat bersama tidak akan ada yang tertinggal. No One Left Behind”.

“Semoga ini adalah permulaan yang akan berkelanjutan dari PLN mendukung saudara-saudara kita penyandang disabilitas. Mereka sama dengan kita, punya kesempatan yang sama untuk meraih sukses dan pasti bisa sukses,” pungkas Doddy mengakhiri sambutan.

Bertempat di SKH YKDW Kota Tangerang, acara ini dimeriahkan oleh anak-anak yang luar biasa. Dengan segala keterbatasan mereka mampu menembus batasan yang ada pada fisik mereka. Penampilan yang mereka sajikan antara lain pembacaaan ayat suci Al Qur’an, seni tari, pantomim, marawis dan menyanyi.

Dalam acara ini PLN juga memberikan apresiasi kepada beberapa atlet difabel muda yang berprestasi ditingkat nasional serta kepada semua anak-anak yang tampil mengisi rangkaian acara tersebut.

Selain itu PLN juga memberikan bantuan berupa meja pingpong untuk Pertuni (Persatuan Tunanetra Indonesia) wilayah Tangerang dan mesin jahit kepada 15 sekolah yang hadir menjadi peserta dalam acara ini. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Rayakan HUT yang Ke-3, Polres Serang Kota Gelar Donor Darah

Published

on

SERANG – Polres Serang Kota menggelar kegiatan Donor darah dalam rangka HUT Polres Serang Kota ke-3 Tahun 2019, dengan tema Melayani dengan Pasti Bekerja dengan Ceria di Aula II Mapolres Serang Kota, Selasa (3/12/2019).

Kegiatan dimulai dengan Doa Bersama yang dilanjutkan dengan Prosesi Pendonoran Darah dari masing – masing peserta yang akan mendonorkan darahnya.

Sebelum melaksanakan donor darah, para peserta terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan tensi dan pengecekan lainnya, pemeriksaan dilakukan oleh tenaga medis dari Urkes Polres Serang Kota dan petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Serang.

Adapun jumlah peserta donor sebanyak 91 Orang dan diikuti oleh pendonor dari berbagai instansi maupun masyarakat, dari Jumlah tersebut ada 48 peserta yang memenuhi syarat untuk diperbolehkan donor darah sedangkan sisanya 43 peserta tidak memenuhi syarat untuk mengikuti kegiatan donor darah.

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh Kapolres Serang Kota Akbp Edhi Cahyono, S.Ik, Waka Polres Serang Kota Kompol Mi’rodin S.H.,MH, PJU Polres Serang Kota, personil Polres Serang Kota, Bhayangkari Cabang Serang Kota, anggota Kodim 0602 Serang, anggota Laskar Merah Putih Perjuangan, anggota Sat Pol PP Kota dan Kabupaten Serang, anggota LPMP Banten, mahasiswa UIN SMH Banten, perwakilan pegawai Pemkab dan Pemkot Kota Serang. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending