Connect with us

EVENT-EXHIBITION

XL Axiata Kenalkan Aplikasi Laut Nusantara

Published

on

BEKASI – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengajak masyarakat nelayan di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, bertransformasi menggunakan metode baru menangkap ikan dengan memanfaatkan aplikasi Laut Nusantara. Untuk itu, bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bekasi, XL Axiata menggelar sosialisasi pemanfaatan aplikasi Laut Nusantara bagi sekitar 100 nelayan di Muara Gembong, Selasa (30/7). Turut menyaksikan acara ini adalah Kepala Seksi Pemberdayaan Nelayan-Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bekasi, Ir. Sidi Ratha Oktorudin bersama Head Social Innovation Project XL Axiata, Siti Siswandari.

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, “Muara Gembong di Bekasi ini merupakan salah satu daerah pesisir pantai yang dekat dengan Ibukota Jakarta yang memiliki potensi ikan cukup besar. Namun, berdasarkan informasi yang kami terima, sebagian besar nelayan di sini masih menggunakan metode lama yang kurang produktif dalam menangkap ikan. Karena itulah kami tergerak untuk mengenalkan aplikasi Laut Nusantara yang manfaatnya sudah banyak dinikmati oleh masyarakat nelayan di berbagai daerah di Indonesia.”

Tri Wahyuningsih melanjutkan, sosialisasi penggunaan aplikasi Laut Nusantara sekaligus merupakan bagian dari upaya XL Axiata membantu pemerintah menyiapkan masyarakat di semua lapisan ekonomi, dengan berbagai profesi, memasuki era digital. Sosialisasi ini juga memberikan pemahaman kepada masyarakat nelayan untuk secara maksimal memanfaatkan smartphone dan layanan data yang diaksesnya guna meningkatkan produktivitas kerja.

Melalui sarana digital, nelayan bisa mendapatkan sumber informasi bermanfaat yang bisa membantunya menemukan lokasi tempat ikan berada, sekaligus memberikan panduan keselamatan kerja. Para nelayan juga akan mendapatkan pelatihan bagaimana cara menggunakan aplikasi Laut Nusantara, dengan begitu mereka bisa langsung memanfaatkannya saat melaut.

Bersamaan dengan sosialisasi, XL Axiata juga membekali para peserta dengan smartphone yang di dalamnya sudah terpasang aplikasi Laut Nusantara dan kartu SIM XL Axiata berikut paket data internet cepat. Smartphone dan aplikasi Laut Nusantara yang diberikan di Muara Gembong ini adalah versi terbaru hasil dari pengembangan teknologi sebelumnya. Versi ini lebih kaya fitur yang dapat dimanfaatkan nelayan untuk menghindari gagal tangkap dan kecelakaan kerja.

Saat ini sudah ada 12 daerah dan lebih dari 1.400 nelayan yang sudah menerima sosialisasi dan perangkat digital program Laut Nusantara dari XL Axiata. Ke-12 daerah tersebut adalah Serang, Pandeglang, Indramayu, Kenjeran dan Greges (Surabaya), Banyuwangi, Situbondo, Sendang Biru (Malang), dan Prigi (Trenggalek), Perancak dan Pekutatan (Bali) serta Lombok Tengah.

Sosialisasi via media sosial

Hingga Februari 2019 lalu, tidak kurang dari 10.000 nelayan telah memanfaatkan aplikasi ini. XL Axiata mentargetkan, hingga akhir tahun nanti akan ada sekira 15 ribu nelayan memanfaatkannya. Program sosialisasi akan terus dilakukan di sepanjang tahun 2019 ini.

“Selain mendatangi langsung setiap lokasi sentra nelayan, melalui video tutorial, XL Axiata juga memanfaatkan media sosial YouTube untuk membagikan cara penggunaan aplikasi Laut Nusantara. Dengan demikian, masyarakat nelayan di mana pun bisa secara mandiri mengakses aplikasi ini tanpa perlu menunggu sosialisasi tatap muka. Teman-teman nelayan tinggal unduh aplikasi Laut Nusantara gratis di Play Store. Cara pakainya tinggal lihat di YouTube, cari channel Laut Nusantara. Sangat mudah dan simple,” sambung Tri Wahyuningsih.

Aplikasi “Laut Nusantara” yang dibangun selama kurang lebih 5 bulan ini didukung basis informasi yang lengkap dan real time. Serta sumber data sepenuhnya dari Balai Riset dan Observasi Laut (BROL). Sebagai lembaga riset dan observasi kelautan di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan, BROL memiliki data kelautan yang sangat lengkap dan sangat berguna untuk pengembangan di bidang kelautan, termasuk manfaat praktis bagi nelayan kecil.

Data-data dari BROL juga up to date dan berdasarkan riset dan observasi laut di seluruh wilayah nusantara. Semua informasi kelautan yang terdapat dalam Aplikasi Laut Nusantara ini didapat secara langsung dari stasiun bumi Balai Riset dan Observasi Laut, sehingga tidak diragukan keakuratannya. Updating data dilakukan setiap tiga hari berdasarkan data dari satelit khusus. Sementara itu, data yang bersifat prakiraan berdasarkan analisa data selama 20 tahun ke belakang. Tim XL Axiata dan BROL sebelumnya sudah melakukan penelitian dan survey ke sejumlah komunitas nelayan di berbagai daerah untuk mengetahui kebutuhan mereka terkait informasi seputar aktivitas penangkapan ikan.

XL Axiata dan BROL terus mengembangkan fitur-fitur aplikasi ini. Fitur yang paling baru adalah fitur navigasi. Fitur navigasi ini berisi infomasi mengenai jarak, kalkulasi bbm otomatis dari jarak yang titik-titik tujuannya sudah ditentukan nelayan, dan arah (heading bearing). Axiata akan terus memperkaya konten edukasi dan panduan mengenai penggunaan app Laut Nusantara melalui media sosial agar semua nelayan bisa mudah mengakses dan mendapatkan manfaatnya

EVENT-EXHIBITION

Dukung New Normal di Mall, Polres Cilegon Lakukan Kordinasi dan Simulasi

Published

on

CILEGON – Sejak pandemi Covid-19, pemerintah melakukan berbagai upaya, diantaranya adalah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga menutup pertokoan maupun mal.

Namun kini, untuk memulihkan perekonomian ditengah pandemi Covid-19, pemerintah memulai tatanan kehidupan baru atau New Normal.

Menyikapi hal tersebut, Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Fiandar sudah menyatakan bahwa Polda Banten dan Polres Jajaran siap mendukung New Normal dengan protokol kesehatan yang ada.

Dalam hal ini Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana ketika dikonfirmasi awak media mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung pelaksanaan New Normal di Cilegon, Sabtu (30/05/2020).

“Ya, Polres Cilegon dan Polsek jajaran siap mendukung kebijakan pemerintah untuk memulai tatanan kehidupan baru,” ucap Yudhis.

Yudhis juga mengatakan karena di Cilegon ini ada beberapa pusat perbelanjaan, salah satunya adalah Cilegon City Mall (CCM). Jadi kami melakukan kordinasi kepada management CCM dalam rangka simulasi New Normal.

“Harus ada komitmen dari para pelaku ekonomi untuk mengikuti segala aturan yang ada, ketika pemerintah pusat menerapkan New Normal,” terang Yudhis.

Dalam kesempatan ini Yudhis menyampaikan beberapa hal untuk dijadikan pedoman bagi para pelaku ekonomi atau pelaku usaha.
1.agar menyiapkan tempat cuci tangan, air mengalir dan sabun.

  1. Petugas yang di pintu masuk wajib menggunakan masker, helm/faceshield, sarung tangan dan pakaian lengan panjang.
  2. Setiap pengunjung agar dilakukan pemeriksaan suhu badan.
  3. Pengunjung wajib menggunakan masker dan mengikuti antrian pengecekan suhu tubuh oleh petugas mall.
  4. Himbauan kepada pengunjung agar jaga jarak 1-2 meter antara sesama pengunjung atau dengan kasir.
  5. Melaksanakan penyemprotan disinfektan diarea parkir.
  6. Himbauan melalui Public Adress
  7. Wajib mengikuti jam operasional sesuai protokol kesehatan/Intruksi Walikota Cilegon.
  8. Agar memasang spanduk himbauan protokol kesehatan.

Ditempat berbeda, Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan bahwa New Normal ini adalah kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan menggunakan standar protokol kesehatan yang sebelum pandemi Covid-19 ini tidak ada.

“Ya, New Normal yang dimaksud adalah upaya menyelamatkan hidup warga, yang utamanya agar warga yang memerlukan aktivitas di luar rumah dapat bekerja dengan menggunakan standar protokol kesehatan yang ditetapkan. Jadi bukan sekedar bebas bergerombol atau keluyuran,” tutur Edy Sumardi.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Cilegon Kompol Jajang Mulyaman, Kasat Binmas Polres Cilegon, Kanit Binmas Polsek Cilegon dan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Cilegon. (*/bey)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Disiplinkan Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan, Jajaran Polres Lebak Cek Mall Rabinza

Published

on

LEBAK – Jajaran Polres Lebak melakukan pengecekan di tempat- tempat yang akan menjadi obyek penerapan New Normal di Wilayah Hukum Polres Kabupaten Lebak, Sabtu, (30/05/2020). Pengecekan tersebut sekaligus melakukan koordinasi dengan pihak management Rabinza dan pengelola Bioskop mulai tanggal 01-30 Juni akan diterapkan New Normal.

Hal itu disampaikan Kapolres Lebak AKBP Firman Andreanto, melalui Kabag Ops Polres Lebak AKP Rahmat Sampurno, saat hendak meninjau fasilitas umum dibeberapa titik di wilayah Kabupaten Lebak.

“Kegiatan penerapan new normal di fokuskan di empat titik yaitu Pasar Rangkasbitung, Stasiun Rangkasbitung, Mall Rabinza dan tempat- tempat ibadah di Kabupaten Lebak, dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, di Wilayah Kabupaten Lebak,” ucap Kabag Ops Polres Lebak AKP Rahmat Sampurno

Rahmat mengatakan, bahwa jajaran Polres Lebak akan mengerahkan seluruh anggota sebagai bentuk dukungan dan pengamanan penerapan New Normal yang saat ini dipersiapkan Pemerintah Daerah.

“Untuk pengamanan kita akan kerahkan seluruh anggota dan dibantu juga dari TNI dan pihak dinas terkait untuk memantau kegiatan masyarakat di tempat-tempat keramaian. Demi mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan yang terpenting menggunakan masker serta jaga jarak pada saat dilaksanakan new normal,” ujarnya.

Menurutnya, dalam penerapan New Normal nanti, pihaknya mengajak dan menghimbau masyarakat agar bisa menyesuaikan suasana baru dalam pelaksanaan New Normal. Bahkan, ia menegaskan, pada saat New Normal nanti kegiatan masyarakat di tempat keramaian akan dipantau dan diingatkan untuk menjalankan protokol kesehatan oleh TNI/Polri dan gugus tugas bidang keamanan lainnya.

“Kepada masyarakat kita mempersilahkan beraktifitas saat New Normal, namun kita akan selalu mengingatkan untuk menjaga protokol kesehatan. Dan nanti kita TNI/Polri juga akan memantau dan mengingatkan masyarakat yang berada di tempat keramaian salah satunya Mall Rabinza, untuk manjalankan protokol kesehatan,” terangnya.

Semetara itu, Terpisah, Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan, bahwa New Normal ini adalah kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan tetap menggunakan standar protokol kesehatan.

“New Normal ini upaya menyelamatkan hidup masyarakat banten khusus nya warga Kabupaten Lebak, yang utamanya agar warga yang memerlukan aktivitas di luar rumah dapat bekerja secara normal dan aman Covid, dengan menggunakan standar protokol kesehatan yang ditetapkan,” tutup Edy Sumardi. (*/hendri/ygi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Polres Cilegon Lakukan Pengaman Kunjungan Kerja Mensos di Bojonegara

Published

on

CILEGON – Polres Cilegon Polda Banten lakukan pengamanan kunjungan kerja Menteri Sosial Republik Indonesia ke wilayah hukum Polres Cilegon.

Kunjungan kerja Menteri Sosial RI Juliari P Batubara, MM, MBA dalam rangka melakukan pemantauan terkait pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) Covid-19 Tahap l di wilayah Kec. Bojonegara Kab. Serang.

Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar melalui Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, “Hari ini personel Polres Cilegon bersama TNI melakukan pengamanan kunjungan kerja Menteri Sosial Republik Indonesia di Bojonegara,” katanya, Sabtu (30/05/2020).

“Alhamdulillah, selama kunjungan Menteri Sosial ke Wilayah hukum Polres Cilegon berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. Dan saat ini Bapak Menteri sudah kembali ke Jakarta,” lanjut Yudhis.

Yudhis menambahkan, “Dan terkait pembagian bantuan tadi, kami menerapkan protokol kesehatan, yang dimana masyarakat yang menerima bantuan memakai masker serta menjaga jarak,” tambahnya.

Turut hadir dalam kunjungan kerja Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P Batubara, MM, MBA ini ialah Kadinsos Provinsi Banten Nurhana, Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana, Dandim 0623 Cilegon Letkol Arm Rico Ricardo Sirait, Waka Polres Cilegon Kompol M. Andara Wardhana, Asda II Kabupaten Serang Saefudin, Camat Bojonegara Sutikno, Kasat Intelkam Polres Cilegon AKP Bai Ma’mun, Kasat Sabhara Polres Cilegon AKP Tri Sutrisno, Kapolsek Bojonegara AKP Fauzan Afifi dan Danramil Bojonegara Mayor Rusdiyanto. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending