Connect with us

EVENT-EXHIBITION

XL Axiata Kenalkan Aplikasi Laut Nusantara

Published

on

BEKASI – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengajak masyarakat nelayan di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, bertransformasi menggunakan metode baru menangkap ikan dengan memanfaatkan aplikasi Laut Nusantara. Untuk itu, bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bekasi, XL Axiata menggelar sosialisasi pemanfaatan aplikasi Laut Nusantara bagi sekitar 100 nelayan di Muara Gembong, Selasa (30/7). Turut menyaksikan acara ini adalah Kepala Seksi Pemberdayaan Nelayan-Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bekasi, Ir. Sidi Ratha Oktorudin bersama Head Social Innovation Project XL Axiata, Siti Siswandari.

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, “Muara Gembong di Bekasi ini merupakan salah satu daerah pesisir pantai yang dekat dengan Ibukota Jakarta yang memiliki potensi ikan cukup besar. Namun, berdasarkan informasi yang kami terima, sebagian besar nelayan di sini masih menggunakan metode lama yang kurang produktif dalam menangkap ikan. Karena itulah kami tergerak untuk mengenalkan aplikasi Laut Nusantara yang manfaatnya sudah banyak dinikmati oleh masyarakat nelayan di berbagai daerah di Indonesia.”

Tri Wahyuningsih melanjutkan, sosialisasi penggunaan aplikasi Laut Nusantara sekaligus merupakan bagian dari upaya XL Axiata membantu pemerintah menyiapkan masyarakat di semua lapisan ekonomi, dengan berbagai profesi, memasuki era digital. Sosialisasi ini juga memberikan pemahaman kepada masyarakat nelayan untuk secara maksimal memanfaatkan smartphone dan layanan data yang diaksesnya guna meningkatkan produktivitas kerja.

Melalui sarana digital, nelayan bisa mendapatkan sumber informasi bermanfaat yang bisa membantunya menemukan lokasi tempat ikan berada, sekaligus memberikan panduan keselamatan kerja. Para nelayan juga akan mendapatkan pelatihan bagaimana cara menggunakan aplikasi Laut Nusantara, dengan begitu mereka bisa langsung memanfaatkannya saat melaut.

Bersamaan dengan sosialisasi, XL Axiata juga membekali para peserta dengan smartphone yang di dalamnya sudah terpasang aplikasi Laut Nusantara dan kartu SIM XL Axiata berikut paket data internet cepat. Smartphone dan aplikasi Laut Nusantara yang diberikan di Muara Gembong ini adalah versi terbaru hasil dari pengembangan teknologi sebelumnya. Versi ini lebih kaya fitur yang dapat dimanfaatkan nelayan untuk menghindari gagal tangkap dan kecelakaan kerja.

Saat ini sudah ada 12 daerah dan lebih dari 1.400 nelayan yang sudah menerima sosialisasi dan perangkat digital program Laut Nusantara dari XL Axiata. Ke-12 daerah tersebut adalah Serang, Pandeglang, Indramayu, Kenjeran dan Greges (Surabaya), Banyuwangi, Situbondo, Sendang Biru (Malang), dan Prigi (Trenggalek), Perancak dan Pekutatan (Bali) serta Lombok Tengah.

Sosialisasi via media sosial

Hingga Februari 2019 lalu, tidak kurang dari 10.000 nelayan telah memanfaatkan aplikasi ini. XL Axiata mentargetkan, hingga akhir tahun nanti akan ada sekira 15 ribu nelayan memanfaatkannya. Program sosialisasi akan terus dilakukan di sepanjang tahun 2019 ini.

“Selain mendatangi langsung setiap lokasi sentra nelayan, melalui video tutorial, XL Axiata juga memanfaatkan media sosial YouTube untuk membagikan cara penggunaan aplikasi Laut Nusantara. Dengan demikian, masyarakat nelayan di mana pun bisa secara mandiri mengakses aplikasi ini tanpa perlu menunggu sosialisasi tatap muka. Teman-teman nelayan tinggal unduh aplikasi Laut Nusantara gratis di Play Store. Cara pakainya tinggal lihat di YouTube, cari channel Laut Nusantara. Sangat mudah dan simple,” sambung Tri Wahyuningsih.

Aplikasi “Laut Nusantara” yang dibangun selama kurang lebih 5 bulan ini didukung basis informasi yang lengkap dan real time. Serta sumber data sepenuhnya dari Balai Riset dan Observasi Laut (BROL). Sebagai lembaga riset dan observasi kelautan di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan, BROL memiliki data kelautan yang sangat lengkap dan sangat berguna untuk pengembangan di bidang kelautan, termasuk manfaat praktis bagi nelayan kecil.

Data-data dari BROL juga up to date dan berdasarkan riset dan observasi laut di seluruh wilayah nusantara. Semua informasi kelautan yang terdapat dalam Aplikasi Laut Nusantara ini didapat secara langsung dari stasiun bumi Balai Riset dan Observasi Laut, sehingga tidak diragukan keakuratannya. Updating data dilakukan setiap tiga hari berdasarkan data dari satelit khusus. Sementara itu, data yang bersifat prakiraan berdasarkan analisa data selama 20 tahun ke belakang. Tim XL Axiata dan BROL sebelumnya sudah melakukan penelitian dan survey ke sejumlah komunitas nelayan di berbagai daerah untuk mengetahui kebutuhan mereka terkait informasi seputar aktivitas penangkapan ikan.

XL Axiata dan BROL terus mengembangkan fitur-fitur aplikasi ini. Fitur yang paling baru adalah fitur navigasi. Fitur navigasi ini berisi infomasi mengenai jarak, kalkulasi bbm otomatis dari jarak yang titik-titik tujuannya sudah ditentukan nelayan, dan arah (heading bearing). Axiata akan terus memperkaya konten edukasi dan panduan mengenai penggunaan app Laut Nusantara melalui media sosial agar semua nelayan bisa mudah mengakses dan mendapatkan manfaatnya

EVENT-EXHIBITION

Polres Pandeglang adakan Family Gatering bersama warga Papua

Published

on

PANDEGLANG – Pasca Terjadinya Konflik yang melanda Papua beberapa minggu yg lalu, polres Pandeglang selalu melakukan langkah langkah komunikasi dan dialogis kepada saudara saudara kita yang berada di wilayah Pandeglang.

Hal ini dilakukan untuk memulihkan kepercayaan hingga saling asih asuh, serta menjaga kerukunan antar saudara kita di Pandeglang, polisi, pemerintah dan pelajar warga Papua yang berada di Pandeglang, khususnya bagi murid sekolah mahasiswa asal Papua yang saat ini menempuh ilmu pendidikan Kabupaten Pandeglang Banten. Pada kesempatan itu untuk memulihkan saling kepercayaan, Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono Menggelar acara Family Gathering Papua Penuh Damai di rumah makan Coconut Island, Pantai Carita Labuan Pandeglang, Sabtu (14/9/2019).

Dengan mengundang mahasiswa asal Papua dari sekolah SMKN 7 Pandeglang, SMK PGRI IBNU HAJAR, Pandeglang, SMKN 2 Pandeglang dan
SMKN 4 Pandeglang, Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono, dengan bertajuk Mari Kita Jaga Kedamaian di Tanah Papua bersama mahasiswa asal Papua di Pandeglang, pemerintah kecamatan, desa dan warga serta awak media.

Pada kesempatan itu, hadir Kapolres Pandeglang Akbp Indra Lutrianto, Ibu Ketua Bhayangkari Cabang, Kabid Humas Polda Banten, wakapolres, para perwira, bintara, Polwan, Camat Labuan. Kapolres mengajak pelajar dan mahasiswa asal Papua bernyanyi dan makan bersama, tidak cukup disitu saja, Kapolres menggelar berbagai acara perlombaan, lomba kelereng, makan merujuk, tarik tambang, yang semua kegiatan itu di laksanakan dengan sangat kekeluargaan, ceria dan sangat akrab.

Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono dalam sambutannya. Keberagaman dalam kehidupan bangsa Indonesia yang ditandai letak geografis terdiri atas berbagai pulau dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Rote – merupakan sebuah anugerah yang jarang ditemui di dunia. Ini sekaligus menunjukkan bahwa kita sebagai bangsa yang dikodratkan hidup dalam lingkungan plural, rukun, aman, nyaman dan damai.

“Jadi adek adek yang bersekolah disini jangan merasa kuatir, Kami aparat Kepolisian akan menjamin keamanan adek-adek dalam menuntut ilmu di Pandeglang,” imbuhnya.

Selanjutnya Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi dalam sambutannya menyampaikan, Bhinneka Tunggal Ika adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan perbedaan satu sama lain untuk saling melengkapi menjadi satu kekuatan sehingga negeri yang tercinta Indonesia adalah sebuah karunia yang harus dijaga.

“Mari perkuat semangat kebersamaan persatuan dan kesatuan dalam merajut Bhineka Tunggal Ika menjadi satu kekuatan dan tidak hanya sebagai semboyan tetapi harus dicerminkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membangun Indonesia,” tegasnya.

Adapun isi dari Acara ini, Kesepakatan Bersama Dalam Rangka Menjaga Papua Tanah Damai yaitu, Kami Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan beragam suku, bahasa, agama dan sepakat menyatakan, akan menjaga kesatuan dan persatuan di Tanah Papua, hidup berdampingan rukun, damai dengan penuh kasih sayang, dan sepakat dengan tidak terpengaruh isue-isue yang tidak benar dan terakhir sepakat menolak kelompok radikal dan separatis di Tanah Papua,” imbuhnya.

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Gelar Rakernas, TOB Insurance Undang Helldy Agustian

Published

on

BOGOR – PT Total Asuransi Bersama atau Tob Insurance menggelar Rakernas I yang diikuti segenap jajaran manajemen dan karyawan. Dalam Rakernas yang berlangsung di Villa Macarena, Megamendung, Bogor, Jumat (13/9/2019).

Selain evaluasi kinerja selama setahun, juga diisi program peningkatan kinerja. Salah satunya adalah dengan menghadirkan praktisi kewirausahaan di bidang otomotif Helldy Agustian sebagai pemateri.

Dalam momen ini, Kepala Tunas Toyota Cilegon yang juga pengembang perumahan di Kota Cilegon tersebut memaparkan sejumlah kiat dan strategi di bidang pemasaran. Menurut Helldy, tantangan dalam pemasaran jasa asuransi jauh lebih besar.

“Karena menjual barang nyata itu sudah biasa. Sementara menjual barang yang tidak nyata seperti asuransi itu sungguh luar biasa,” papar Helldy.

Beberapa kiat kemudian ditekankan Helldy, di antaranya paradigma termutakhir di bidang asuransi dan otomotif, cara meningkatkan kinerja, membangun jejaring usaha, serta pentingnya kerja tim. “Ingat, tidak ada yang tidak mungkin jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh. Jika kita mau, kita pasti bisa,” tegas Helldy memotivasi.

Untuk diketahui, Tob Insurance resmi beroperasi sejak September 2018 lewat kolaborasi PT Daya Adicipta Mustika (Daya Group) yang merupakan bagian dari Triputra Group, PT Ananta Andal Prima milik pendiri Tunas Group, PT Ommitra Bersama Sahabat, dan beberapa pemegang saham pribadi. Hingga Juni 2019, total aset Tob Insurance sudah mencapai Rp 245 miliar dan diyakini akan tumbuh sejalan dengan pertumbuhan perusahaan. Tob Insurance juga memasang target total aset sebesar Rp 300-350 miliar di tahun ini. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Kabid TIK Polda Banten, Hadiri Acara Pass-Idbyte E-sport 2019

Published

on

TANGERANG – Kepala bidang (Kabid) Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Polda Banten, Kombes Pol Sudarmanto, yang di wakili oleh Komisaris Polisi (Kompol) I Dewa Nyoman Merdawa, sebagai Kasubdit Telekom Bid. TIK, Polda Banten, menghadiri undangan Tournament Pass-Idbyte E-sport 2019 di Gedung (ICE) BSD, Tangerang, Jum’at (13/9/2019).

Acara tersebut dihadiri oleh Sekertaris Jenderal (Sekjen) Menpora, Sandiaga Uno, Bupati Tangerang, Duta Besar Swedia, dan para peserta.

Dalam sambutannya, Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan ekonomi digital melalui dunia games inline dengan series PMP Espot di Era Revolusi Industri Teknologi.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan Ekonomi Indonesia melalui peran digital dunia games online,” katanya.

“Selain membuka acara, ada penyerahan Cendramata juga tadi,” imbuhnya.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata Sik., M.H, menyampaikan bahwa kegiatan yang dihadiri oleh Kabid TIK Polda Banten, merupakan kegiatan yang mewujudkan Sinergitas Kemitraan antara Polda Banten, dengan dinas informatika dan telekomunikasi, yang dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan sangat terkait dengan dengan tugas Polri, dalam pelihara kamtibmasy, khususnya untuk menyediakan sarana prasarana telekomunikasi dan informasi, mulai dari tingkat Polda hingga ke Polres jajaran. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending