Connect with us

EVENT-EXHIBITION

Kapolda Banten Resmikan Beberapa Bangunan Polda & Rusun Polres Kota Tangerang

Published

on

TANGERANG – Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, M.Si secara simbolis meresmikan beberapa sarana bangunan Polda Banten dan Polres jajaran pada hari ini, Jum’at (29/3/2019).

Kapolda Banten, Irjend Pol Drs. Tomsi, Msi mengatakan “Beberapa aspek yang menjadi sasaran Polri melalui Program Promoter adalah peningkatan pelayanan, peningkatan kesejahteraan anggota, tata kelembagaan, serta pemenuhan proporsionlitas anggaran dan kebutuhan minimum sarana dan prasarana (Sarpras).

Selain sebagai pelaksanaan program Kapolri tersebut, Pembangunan dilakukan juga karena masih terdapat sarana dan prasarana perkantoran serta infrastruktur atau rumah dinas yang belum tersedia di lingkungan Polda Banten dan Jajaran. Sebagaimana diketahui, sarana dan prasarana serta infrastruktur dapat menunjang pelaksanaan tugas personel Kepolisian khususnya di wilayah hukum Polda Banten.

Di sela–sela acara peresmian, Karolog Polda Banten Kombes Pol Linggo P, S.H.,S.I.K, menyampaikan laporan pelaksanaan pembangunan gedung Polda Banten.

“Pembangunan fasilitas sarana dan prasarana dilingkungan Polda Banten bersumber dari dana Dipa dan dana Hibah tahun anggaran 2018,” ucap Linggo.

Linggo melanjutkan, adapun pembangunan yang telah rampung pelaksanaannya diantaranya:

Rusun Polres Kota Tangerang, berjarak sekitar 15 KM. Dari kantor Polres Tangerang, Rusun ini dibangun di atas tanah seluas 1.800 Meter persegi dengan format bangunan 3 lantai yang memiliki 30 unit tempat tinggal yang terdiri dari ruang tamu, 1 kamar tidur, dapur dan kamar mandi.

Pembangunan rumah Dinas juga dilaksanakan dilingkungan Polres Serang sebanyak 10 unit serta pembangunan rumah susun di lingkungan Polres Cilegon. Selain rumah dinas dan rumah susun, jajaran Polda Banten juga membangun stasiun pengisian bahan bakar Polri (SPBP) yang terletak di Jl. Syekh Nawawi Albantani No.76 Serang-Banten.

Pembangunan juga menyasar revitalisasi kantor Kepolisian Sektor, kantor Polsek Panongan Polres Kota Tangerang yang di bangun dengan Hibah dari PT. Ciputra Residence. Pada tanggal 9 Mei 2018 telah dilaksanakan groundbreaking pembangunan Polsek Panongan dan pada bulan Maret tahun 2019 pembangunan gedung Polsek Panongan telah rampung, dengan begitu, kegiatan operassional dan pelayanan kepada masyarakat diharapkan bisa lebih optimal.

Sementara itu, dalam sambutannya Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, M.Si, menyampaikan, Pembangunan fasilitas sarana dan prasarana di lingkungan Polda Banten patut diapresiasi karena merupakan bagian dari pencapaian program yang dikerjakan oleh satuan kerja yang mendapat dukungan anggaran pembangunan di Polda Banten. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, tender melalui LPSE, penandatangan kontrak, hingga pelaksanaan pembangunan, dan pengawasan yang merupakan rangkaian kegiatan pengadaan barang dan jasa untuk menghasilkan karya yang dapat dimanfaatkan oleh personel Polri khususnya Polda Banten dalam pengabdiannya kepada Masyarakat sehingga tujuan dari program Kapolri yaitu menciptakan Polisi yang Profesional, Modern dan Terpercaya dapat terwujud.

Turut Hadir dalam acara tersebut Karoops Polda Banten, Kombes Pol, Amiluddin Roemtat, S.I.K, Karolog Polda Banten Kombes Pol Linggo P, S.H.,S.I.K, Dir Binmas Polda Banten Kombes Pol Oki Waskita, S.I.K, Kabidhumas Polda Banten AKBP Edy Sumardi P, S.I.K, Kapolresta Tangerang dan Para Kapolres dan Kapolsek Jajaran Polda Banten, tokoh masyarakat, tokoh agama serta tamu undangan lainnya.

Dalam rangkaian acara peresmian tersebut, nampak pula adanya penandatangan berita acara hibah bangunan Polsek Panongan dari PT. Ciputra Residence kepada Kapolres Tangerang (disaksikan Kapolda dan Karo sarpras) yang dilanjutkan dengan pemutaran video pembangunan gedung Polda Banten, pemberian penghargaan kepada PT. Ciputra Residence oleh Kapolda Banten, penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita dilanjutkan peninjauan bangunan Rusun Balaraja, kemudian acara diakhiri dengan ramah tamah. (*/yogi)

EVENT-EXHIBITION

Kapolda Banten : Selamat dan Sukses Atas Terlaksananya Rakernas SMSI

Published

on

SERANG – Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar mengucapkan selamat dan sukses atas terlaksananya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke 1 Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Hotel Marbella, Anyer, Minggu (27/09/2020).

Saat ditemui, Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar memberikan apresiasi atas terlaksananya Rakernas ke 1 Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

“Saya atas nama Kepala Kepolisian Daerah Banten mengucapkan selamat dan sukses kepada Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) atas terlaksananya Rapat Kerja Nasional yang ke 1, yang dimana Rakernas kali ini Provinsi Banten terpilih menjadi tuan rumahnya,” ujar Fiandar.

“Dan saya mohon maaf tidak bisa hadir di hari yang spesial ini, tapi kami dari Polda Banten siap bersinergi dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI),” lanjutnya.

Fiandar menambahkan bahwa peran media sangat besar dalam menjaga Kambtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polda Banten.

“Menurut saya peran media cukup besar dalam memberikan informasi kepada masyarakat dan juga sangat berperan besar dalam menjaga Kambtibmas di wilayah hukum Polda Banten,” tambah Fiandar.

Masih kata Fiandar, “Dan di tengah pandemi covid-19 ini, saya juga mengajak kepada teman-teman SMSI agar mematuhi protokol kesehatan dimana pun berada. Selalu menggunakan masker saat diluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun atau Handsanitizer dan selalu menerapkan Physical Distancing, supaya kita terhindar dari penularan virus Covid-19 ini,” imbuhnya.

Fiandar berharap dengan dilaksanakannya Rakernas ke 1 SMSI tersebut dapat memberikan manfaat yang terbaik bagi kemajuan organisasi.

“Saya berharap melalui Rakernas ini dapat memberikan ide-ide yang terbaik demi kemajuan organisasi SMSI ini, dan saya juga berharap dengan adanya SMSI di Provinsi Banten dapat berkontribusi dalam kemajuan Provinsi Banten,” harapnya. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

WBP Lapas Serang Ikuti Pembinaan Pramuka

Published

on

SERANG – Gugus Depan Gerakan Pramuka Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Serang melakukan kegiatan Pembinaan kepada Warga Binaan yang bertempat di Lapangan Upacara Lapas Kelas IIA Serang, Sabtu (26/9/2020).

Kasi Binadik Lapas Serang, Rudi menjelaskan bahwa kegiatan Pramuka kepada warga binaan lapas adalah dalam wajud fungsi pembinaan yang efektif, dan juga kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) juga mendapat nilai positif atas pembinaan yang diberikan.

“Kegiatan kepramukaan ini rutin kita lakukan dalam mewujudkan fungsi pembinaan yang efektif untuk para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) selama menjalani masa pidana di dalam Lapas,  baik kegiatan olah raga maupun kepramukaan yang harapannya WBP memiliki perubahan pola pikir yang berkarakter baik dan memiliki rasa cinta tanah air dan memiliki rasa tanggung jawab,” ungkapnya.

Lanjutnya, Rudi menambahkan bahwa Kegiatan Napi pramuka melakukan pelatihan seperti baris berbaris, samapur, dan ada teori di kelas juga.

“Kebetulan diinstrukturi oleh warga binaan yang berpengalaman dalam bidang pramuka dan ada petugas juga yang ikut membina warga binaan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Serang Heri Kusrita menyampaikan bahwa yang ikut pramuka kurang lebih 30 orang dan ada kamar khusus untuk kegiatan pramuka.

“Napi Pramuka di Lapas Serang sebelumnya sudah pernah mengikuti kegiatan jambore kemanusiaan di Garut tentang banjir,” kata Kalapas.

Gerakan pramuka ini untuk membentuk kaum muda beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI serta sekembalinya nanti kepada masyarakat setelah menjalani Pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan, dapat menjadi anggota Masyarakat yang baik, berguna serta yang paling utama mencegah mereka untuk mengulangi tindak pidana. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Lapas Serang Beri Napi Pelatihan Produksi Jahe Merah Instan

Published

on

SERANG – Ditengah pandemi Covid-19, jahe merah menjadi salah satu tanaman rimpang yang dapat menjaga daya tahan tubuh dari virus. Melihat peluang ini, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Serang memberikan pelatihan kepada para warga binaan untuk melakukan produksi jahe merah.

Pada dasarnya, Jahe Merah di Lapas Serang sudah diproduksi sejak lama, dan kali ini dengan memberikan Label JAIL (Jahe merah instan Lapas Serang), para warga binaan memproduksi secara langsung dengan menggunakan alat-alat yang steril.

Kabid Kegiatan Kerja Lapas Kelas IIA Serang, Yossi mengatakan jahe yang diproduksi adalah jahe yang ditanam langsung di lahan pertanian Lapas Serang.

“Saya berharap, produksi jahe merah dapat membawa dampak positif bagi warga binaan,” ujarnya, Sabtu (26/9/2020).

Adapun berbagai bahan untuk membuat Jahe Merah Instan yaitu dengan menggunakan Sereh dengan jahe yang digiling menjadi satu, kemudian takaran air sebanyak 500 Ml, 1 Kg gula pasir, gula aren 1. Sedangkan untuk proses masaknya sekitar 40-45 menit.

Sementara itu, Kepala Lapas Serang Heri Kusrita menambahkan bahwa produksi Jahe Instan di Lapas Serang memiliki 3 kemasan.

“Harganya kisaran 30,35 sampai 50 ribu,” kata Kalapas.

Kalapas juga menjelaskan bahwa pihaknya Sudah melakukan pengajuan ke dinas kesehatan kota serang Dan juga MUI Provinsi Banten terkait sertifikat halal.

“Alhamdulilah, Tiap hari kita memproduksi dan ada beberapa pesenan juga. Karna jahe instan lapas serang dijual keluar juga dan sudah ada pembeli dari luar, dan tidak hanya itu, Jahe Merah instan Lapas Serang juga di jual ke berbagai toko ataupun warung seperti pusat oleh-oleh,” lanjut Kalapas.

Kalapas berharap, jika para napi ini keluar kelak dapat menggunakan keterampilannya menjadi peluang usaha.

Dalam prosesnya, sejumlah napi dibagi tugas. Ada yang menggiling, memasak, membersihkan, menanam hingga menyiram pohon jahe yang sudah dipisahkan ke polybag.

Salah satu warga binaan, mengaku produksi jahe merah cukup mudah dan sangat bermanfaat. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending