Connect with us

EVENT-EXHIBITION

Dilan Care, Layanan Khusus Disabilitas dan Lansia dari Lapas Serang

Published

on

SERABG – Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis di bawah naungan Kemenkumham, khususnya Kanwil Kemenkumham Banten yang memiliki Blok Khusus Lansia, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Serang terus melakukan berbagai rancangan upaya guna memenuhi hak-hak warga binaan, khususnya warga binaan yang sudah lansia.

Kali ini, Lapas Serang meluncurkan Program Layanan Dilan Care, atau layanan peduli Disabilitas dan Lansia yang merupakan layanan untuk menyasar pada pemenuhan kebutuhan khususnya warga binaan penyandang disabilitas dan Lansia dengan mengedepankan aspek penghormatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

Dengan memili Moto JAWAR (jujur,akuntabel, wibawa, aman, religius, Asri), Lapas serang berupaya memberikan kemudahan layanan kepada seluruh warga binaan tanpa diskriminasi.

Sementara itu, Layanan peduli disabilitas dan lansia merupakan layanan khusus yang membantu para penyandang disabilitas dan lansia dalam memelihara kemampuan dan kesehatan fisik, mental dan sosial sehingga para penyandang disabilitas dan lansia dapat menjalani sisa masa pidana dengan baik serta mendapatkan jaminan atas hak-hak nya.

Kasi Binadik Lapas Serang, Rudi menjelaskan bahwa ada beberapa Layanan Dilan Care diantaranya, Lakon Dilan atau Layanan Konseling Disabilitas dan Lansia yang diperuntukan untuk memberikan bantuan dalam hal pengembangan pribadi dalam bentuk konseling secara personal maupun kelompok.

“Kalo konseling manfaat nya untuk mereka menyampaikan keluhan. Kebanyakan lansia ini jarang dibesuk keluarganya. Kita sebagai penyambung bisa menerima keluhan keluhan mereka. Dan kita yang akan menghubungi keluarga untuk menyampaikan keluhan mereka,” ungkapnya.

Lanjutnya, selain Lakon Dilan, ada juga Lapak Dilan yaitu Layanan Pemeriksaan Kesehatan Disabilitas dan Lansia. Layanan ini diberikan dalam rangka penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan terhadap warga binaan disabilitas dan lansia secara aktif.

“Untuk klinik diisi dengan 2 orang perawat dan 1 dokter gigi. Semua napi lansia kita lakukan Cekup, sementara kalau ada yang sakit urgent. Kita pindahkan ke klinik yang lebih luas di dalam,” lanjutnya.

Tidak hanya Lakon Dilan dan Lapak Dilan, Ada juga Saran Dilan yaitu sarana hiburan disabilitas dan lansia, selanjutnya ada Pendiri Dilan, atau Pembinaan Kemandirian disabilitas dan Lansia yang merupakan layanan pembinaan kemandirian.

Sementara itu, untuk Laser Dilan atau Layanan Self Servis disabilitas dan lansia bisa digunakan untuk mengakses kebutuhan informasi tentang data pribadi terkait dengan masa pidana dan layanan program pemasyarakatan.

Untuk Laku Dilan yang merupakan layanan kunjungan disabilitas dan lansia merupakan layanan yang khusus dengan beberapa kemudahan dan fleksibilitas. Dan terakhir yaitu Lapas artinya Layanan Panic Button Disabilitas dan Lansia.

Masih Kata Rudi, pihaknya menjelaskan bahwa sebanyak 23 napi lansia tinggal di dalam 1 klok yang memiliki 5 kamar dengan kapasitas 1 kamar sebanyak 4-5 orang. Dengan memiliki klinik khusus yang mempunyai 2 perawat dan 1 dokter. (yogi)

EVENT-EXHIBITION

TNI dan Polri Semakin Menyatu di TMMD Kodim 0601 Pandeglang

Published

on

PANDEGLANG – Puluhan Personil anggota Polri dari Polres Pandeglang terlibat dalam satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 di Desa Patia Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang. Mereka bersatu padu dengan anggota TNI dari Kodim 0601Pandeglang dan juga dari berbagai kesatuan beserta masyarakat setempat.

“Ada 20 anggota personil Polri yang dilibatkan dari Polres Pandeglang. Kita dilibatkan dalam membangun jalan sepanjang 3,4 Kilometer yang menghubungkan tiga desa yakni Desa Babakan Kesik, Patia dan Pasir Gadung,” kata Perwira Pengendali TMMD ke 109 dari Polres Pandeglang Iptu Sukoyo kepada awak media, Senin (28/9/2020).

Dikatakan Sukoyo, semua personil bergotong royong setiap harinya membuka jalan yang dulu terisolasi. Kata Sukoyo, masing-masing setiap RT di tiga desa setiap harinya dikerahkan untuk membantu pembangunan jalan.

“Kami saling mendukung untuk pembangunan jalan yang menjadi target utama TMMD ke 109 di Patia. Kita sudah seperti keluarga dalam kegiatan TMMD ini,” icap Iptu Sukoyo.

Sementara itu, Sekertaris Desa Patia Didin merasa senang dengan dibangunnya jalan yang dulunya sulit untuk dilalui. Didin membayangkan jalan sebulan yang lalu, jalan penghubung ketiga desa tersebut masih terisolir. Bahkan para petani kesulitan dalam membawa hasil pertanian untuk dijual ke pasar.

“Kalau TMMD ini selesai, jelas bisa membantu perekonomian warga yang ada di tiga desa di Kecamatan Patia. Mayoritas di sini Petani. TNI dan Polri saja semangat, masa kita sebagai warga pribumi malah tidak ikut membantu. Saya bersama warga antusias dalam menyambut TMMD di Patia.”tutur Sekdis Patia.

Masih kata Didin, pihaknya bersama TNI-Polri saling berbagi di berbagai pekerjaan. Mereka setiap harinya langsir material secara merbsama-sama. Begitu juga saat pembangunan fisik.

“Kebersamaan ini akan terus terlihat hingga berakhirnya pelaaksanaan TMMD 21 Oktober 2020,” pungkas Didin. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Kapolda Banten Apresiasi KPU dan Pasangan Calon Pada Tahap Penetapan dan Pengundian Nomor Yang Penuhi Protkes

Published

on

SERANG – Kepala Kepolisian Daerah Banten (Kapolda Banten) Irjen Pol Drs Fiandar mengapresiasi Kinerja KPU Prov, Kabupaten/kota dan juga para pasangan calon di pilkada Kota Cilegon, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang yang telah menciptakan suasana yang kondusif pada tahapan penetapan calon dan pengundian nomor urut beberapa hari yang lalu secara Virtual dan telah Penuhi Protokol kesehatan. Hal ini disampaikan Kapolda pada saat coffee morning dengan para PJU Polda Banten, Senin (28/09/2020).

Kapolda Banten menegaskan bahwa Polda Banten dan polres jajaran juga telah menyiapkan personel yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja dalam rangka Pengamanan Pilkada di wilayah hukum Polda Banten sebagai berikut:
1. Polres jajaran :2.086 personel.
2. BKO Polda : 687 Personel.
3. TNI : 360 Personel.
4.Linmas :13.246 Personel.

Irjen Pol Fiandar menyatakan pada gelaran Pilkada yang sudah memasuki tahapan kampanye dan masih dalam Pandemi Covid-19 menghimbau pada seluruh pasangan calon, tim sukses dan seluruh elemen masyarakat, agar mentaati aturan PKPU No 13/2020 tentang Pelaksanaan Tahapan Pilkada di Masa Pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaan kampanye tetap mematuhi aturan protokol kesehatan dan masyarakat aman dari Covid-19.

Kapolda Banten selalu bekerjasama dengan TNI, pemerintah, pihak penyelenggara Pilkada, Paslon, akademisi, tokoh masyarakat, ulama untuk senantiasa bersinergis dalam memelihara kamtibmas dan bersama-sama mewujudkan Pilkada yang damai dan kondusif serta aman dari Covid-19. (*/yogi)

Continue Reading

EVENT-EXHIBITION

Kapolda Banten : Selamat dan Sukses Atas Terlaksananya Rakernas SMSI

Published

on

SERANG – Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar mengucapkan selamat dan sukses atas terlaksananya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke 1 Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Hotel Marbella, Anyer, Minggu (27/09/2020).

Saat ditemui, Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar memberikan apresiasi atas terlaksananya Rakernas ke 1 Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

“Saya atas nama Kepala Kepolisian Daerah Banten mengucapkan selamat dan sukses kepada Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) atas terlaksananya Rapat Kerja Nasional yang ke 1, yang dimana Rakernas kali ini Provinsi Banten terpilih menjadi tuan rumahnya,” ujar Fiandar.

“Dan saya mohon maaf tidak bisa hadir di hari yang spesial ini, tapi kami dari Polda Banten siap bersinergi dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI),” lanjutnya.

Fiandar menambahkan bahwa peran media sangat besar dalam menjaga Kambtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polda Banten.

“Menurut saya peran media cukup besar dalam memberikan informasi kepada masyarakat dan juga sangat berperan besar dalam menjaga Kambtibmas di wilayah hukum Polda Banten,” tambah Fiandar.

Masih kata Fiandar, “Dan di tengah pandemi covid-19 ini, saya juga mengajak kepada teman-teman SMSI agar mematuhi protokol kesehatan dimana pun berada. Selalu menggunakan masker saat diluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun atau Handsanitizer dan selalu menerapkan Physical Distancing, supaya kita terhindar dari penularan virus Covid-19 ini,” imbuhnya.

Fiandar berharap dengan dilaksanakannya Rakernas ke 1 SMSI tersebut dapat memberikan manfaat yang terbaik bagi kemajuan organisasi.

“Saya berharap melalui Rakernas ini dapat memberikan ide-ide yang terbaik demi kemajuan organisasi SMSI ini, dan saya juga berharap dengan adanya SMSI di Provinsi Banten dapat berkontribusi dalam kemajuan Provinsi Banten,” harapnya. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending