Connect with us

CONFERENCE

Instruktur Terbaik dari Pelosok Negeri Akan Bertanding di Kompetisi Level Dewa

Published

on

SAMARINDA – Sebagai lembaga yang memiliki tugas melaksanakan perumusan kebijakan, di bidang instruktur dan tenaga pelatihan, Direktorat Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan (Bina Intala), memiliki fungsi melakukan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria, di bidang instruktur dan tenaga pelatihan, akan menggelar kegiatan Kompetisi Keterampilan Instruktur Indonesia (KKIN) VII Tingkat Nasional Tahun 2019 di Samarinda, Kalimantan Timur.

Direktorat Bina Intala juga memiliki fungsi menyiapkan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta evaluasi dan pelaporan.

Dibawah naungan Direktorat Jendral Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Bina Lattas) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI), kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Bina Intala meliputi Diklat Dasar Instruktur, Upgrading Instruktur, Bimtek Karya Tulis Ilmiah, Diklat Alih Kejuruan, TOT Softskill Instruktur, Bimtek Bimbingan Karir Instruktur, Asistensi Pengembangan SDM Instruktur, Bimtek Penilaian dan Penetapan Angka Kredit Instruktur, Peningkatan Kompetensi Instruktur di Luar Negeri, dan masih banyak lagi.

Salah satu kegiatan besar yang akan dilaksanakan di tingkat Nasional oleh Direktorat Bina Intala adalah KKIN VII Tingkat Nasional Tahun 2019.

Dimana sebelumnya, kegiatan KKIN VII Tingkat Regional juga sudah dilaksanakan di 12 wilayah diantaranya Sumatera Utara (Sumatera Utara dan Aceh), Sumatera Barat (Sumatera Barat, Riau, Bangka, Belitung, dan Jambi), Sumatera Selatan (Sumatera Selatan dan Bengkulu), Banten (Banten, DKI Jakarta, Lampung, Kalimantan Barat), Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur (Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara), Sulawesi Selatan (Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah), Maluku Utara (Maluku Utara, Maluku, Sulawesi Utara, dan Gorontalo), Papua (Papua Barat dan Papua), Nusa Tenggara Barat (NTB, NTT, dan Bali).

Dikatakan Direktur Bina Intala Fauziah, gelaran KKIN VII Tingkat Nasional Tahun 2019 dilaksanakan dengan tujuan untuk memotivasi instruktur, agar bisa meningkatkan kompetensinya, mengukur, dan melakukan pemetaan dalam pemantauan kompetensi, serta menghasilkan para instruktur yang profesional.

“Diharapkan instruktur bisa termotivasi dalam meningkatkan kompetensinya, baik secara individu maupun kedinasan. Sehingga mampu meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja secara Nasional,” ucapnya, Selasa (15/10/2019).

Kegiatan KKIN VII Tingkat Nasional Tahun 2019 rencanaya akan digelar selama enam hari, dari tanggal 20 Oktober hingga 25 Oktober 2019.

Dalam kegiatan tersebut, para instruktur yang telah berhasil menjadi juara 1 ditingkat Regional, akan berkompetisi dalam sembilan bidang kejuruan, yakni bidang Pengelasan (Welding), Otomotif Kendaraan Ringan (Automobile Technology), Instalasi Listrik (Electrical Installation), Tata Busana (Fashion Technology), Pendingin dan Tata Udara (Refrigeration and AC), Elektronika (Electronics), Desain Grafis (Graphic Design Technology), Perancangan Rekayasa Mekanik CAD (Mechanical Engineering Design CAD), dan Solusi Perangkat Lunak Teknologi Informasi untuk Bisnis (IT Software Solution for Business).

Bisa dikatakan, kompetisi ini merupakan kompetisi level dewa karena pesertanya merupakan para instruktur terbaik yang ada di setiap wilayah di Indonesia.

Sementara itu, Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda selaku tuan rumah menyambut baik pelaksanaan KKIN VII Tingkat Nasional Tahun 2019 yang akan dilaksanakan ditempatnya.

“Ini merupakan kegiatan rutin dua tahun sekali yang diselenggarakan oleh Direktorat Bina Intala, dibawah Dirjen Bina Lattas Kemnaker RI. Alhamdulillah tahun ini, Samarinda diberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah tingkat Nasional dan ini bergilir dengan 12 regional lainnya yang ada di seluruh Indonesia. Kami cukup bangga dan antusias terhadap pelaksanaan event ini, dan berharap kegiatan dapat berjalan dengan maksimal dan lancar,” ungkap Kepala BLK Samarinda, Andri Susila.

Pihaknya mengaku, berbagai persiapan dari mulai koordinasi, ketersediaan fasilitas pendukung, hingga hal teknis, juga sudah dilakukan sejak beberapa bulan kemarin, guna kesuksesan event tersebut.

“Persiapan sudah hampir final, tinggal beberapa persen saja untuk bisa mencapai 100 persen,” tutupnya. (*/yogi)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CONFERENCE

Amankan Kunker Menteri Perhubungan, Polda Banten Terjunkan Tim Pengamanan VIP

Published

on

SERANG – Kepolisian daerah (Polda) Banten melaksanakan Pengamanan Kunjungan Kerja ( Kunker) Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi ke Stasiun Kereta Api Serang, Sabtu (18/1/ 2020) siang.

Kapolda Banten Irjen Drs. Pol Agung Sabar Santoso S.H., M.H melalui Kabid humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata, S.I.K, M.H mengatakan Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi beserta rombongan tiba di Stasiun Kereta Api (KA) Indonesia Serang.

“Dalam hal ini, Menteri Perhubungan meninjau lokasi Stasiun KA Serang dan didampingi Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dedi Suryadi S.I.K, Kapolres Serang Kota AKBP Cahyono S.I.K,” katanya.

Lebih lanjut Edy mengatakan, ratusan personel gabungan disiagakan dalam kunjungan Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi.

“Pengamanan VIP pejabat negara yang terdiri dari Satuan Lalu Lintas, Gegana, Sabhara, Ditpamobvit Polda Banten dan Polres Serang Kota di sebar dibeberapa titik lokasi kegiatan,” kata Kombes Pol M. Hidayat.

Edy menjelaskan Kegiatan pengaman kunjungan pejabat negara yakni Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi berlangsung kondusif.

“Dalam segi pengamanan, seluruhnya dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur atau SOP yang ada,” ujar Kombes Pol Edy Sumardi. (*/yogi)

Continue Reading

CONFERENCE

Muslim di Amerika Bantu Penyintas Banjir di Banten

Published

on

JAKARTA – Muslim di Amerika yang tergabung dalam Indonesian Muslim Society in America (IMSA) bekerjasama dengan Harfa Rescue Indonesia salurkan bantuan untuk penyintas banjir di wilayah Banten.Sejak banjir yang menerjang pada awal tahun 2020 lalu, kepedulian masyarakat dari berbagai kalangan turut hadir tanpa terkecuali dari warga Indonesia yang tinggal di Amerika.

Indonesian Muslim Society in America (IMSA) adalah organisasi yang sangat perduli terhadap Indonesia, IMSA telah aktif membantu bencana yang terjadi di negara Indonesia.

“Kami dari IMSA ikut prihatin atas bencana banjir yang melanda diberbagai kota, khususnya di wilayah Banten ini. Semoga sedikit bantuan, bisa meringankan beban bapak/ibu. Semoga banjir segera surut dan keadaan kembali normal. Salam dan do’a dari kami warga Muslim Indonesia di Amerika,” ujar Syafrin Murdas, Presiden IMSA.

Sampai hari ini (5/1/2020), tim Harfa Rescue Indonesia dan IMSA masih terus bergerak membantu penyintas banjir. Dengan medan yang luar biasa terjal dan menguras tenaga, penyaluran sejumlah bantuan pun menjadi sangat tidak mudah. Daerah-daerah terisolir khususnya menjadi titik fokus tim Harfa Rescue Indonesia dan IMSA.Akibat banjir warga banyak yang merasakan berbagai keluhan, seperti mual, masuk angin, mata kunang-kunang, kelelahan, tekanan darah rendah, sakit kepala, kesemutan, dan luka-luka ringan akibat terbentur bebatuan.

“Sejak banjir ini mata saya sering kunang-kunang, lemas dan badan terasa sakit semua. Alhamdulillah ada bantuan layanan kesehatan yang sangat kami butuhkan sekarang,” ujar Sariah, salah satu penyintas.

Selain bantuan pelayanan kesehatan dan logistik di Kampung Somang Desa Sukarame dan Desa Luhur Jaya Kecamatan Cipanas, ada juga penyaluran bantuan dan evakuasi warga Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa makanan siap saji, bantuan pangan, paket sanitarian, air minum, obat-obatan dan kebutuhan lainnya.Indah Prihanande, Direktur LAZ Harapan Dhuafa juga mengungkapkan bahwa Harfa Rescue Indonesia dan IMSA ingin memberikan kontribusi terbaik bagi semua yang tengah berduka tertimpa bencana serta tentunya membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana yang sangat besar ini.

“Kolaborasi ini memberikan kekuatan untuk bisa membantu penyintas banjir dengan cepat dan tepat sasaran,” ujarnya. (*/yogi)

Continue Reading

CONFERENCE

987 Personel Polda Banten Naik Pangkat

Published

on

SERANG – Bertempat di lapangan Apel Mapolda Banten telah dilaksanakan giat Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Polri periode 1 Januari 2020. Selasa (31/12/2019).

Adapun Irup dalam kegiatan Upacara tersebut adalah Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si dan peserta upacara yaitu Pejabat Utama Polda Banten, Para Pamen, Pama, Bintara, PNS, Ketua dan Pengurus Bhayangkari Polda Banten, berikut Personel yang menerima Korps Raport kenaikan pangkat.

Dalam pelaksanaan upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Polri periode 1 Januari 2020 di jajaran Polda Banten sebanyak 987 personel dengan rincian Pamen dan Pama sebanyak 195 personel yang diantaranya 4 (empat) sebagai PJU jajaran Polda Banten yaitu Kabid Propam Polda Banten Kombes Pol. Agus Nurpatria,S.I.K, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi,S.I.K, M.H, Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dedi Suryadi ,S.I.K.dan Ka SPN Polda Banten Kombes Pol Ahmad David, S.I.K, Bintara sebanyak 791 personel kemudian Tamtama sebanyak 1 personel.

Dalam amanatnya Kapolda Banten mengucapkan selamat kepada para Personel yang menerima Korp Raport kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi sekaligus mengatakan bahwa kenaikan pangkat selain sebagai wujud karunia dari Allah SWT juga merupakan manifestasi kepercayaan dan reward dari pimpinan Polri atas pengabdian dan dedikasi dalam pelaksanaan tugas.

“Pencapaian yang saudara raih hari ini, bukanlah sebuah proses yang mudah tetapi merupakan proses yang amat panjang dan penuh pengorbanan,” ujar Kapolda Banten.

Lanjut Kapolda menyampaikan kenaikan pangkat hendaknya dapat disikapi dengan penuh kesadaran bahwa semakin tinggi pangkat dan jabatan maka akan semakin besar pula tanggung jawab dan amanah yang diemban.

“Saya yakin dan percaya, kita dapat menjalankan dua hal yang fundamental ini baik terkait peningkatan kinerja maupun perbaikan kultural untuk mewujudkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” pungkasnya

Setelah upacara selesai, kemudian dilanjutkan dengan ucapan selamat dan jabat tangan dari Kapolda Banten, para PJU dan ketua Bhayangkari kepada seluruh Personel yang naik pangkat yang didampingi oleh bhayangkari masing-masing dan kemudian dilanjutkan dengan acara syukuran di taman I Love You Polda Banten. (*/yogi)

Continue Reading
Advertisement

PERSONA

Trending